Semarak Maulid di Benua Amerika

Sarkub Share:
Share

Kanada adalah satu-satunya negara di benua Amerika, di mana peringatan Maulid Nabi Muhammad dirayakan. Bahkan masyarakat Muslim Kanada memiliki istilah lokal Maulud Nabi dengan ‘Idul Milad un Nabi’.

REPUBLIKA.CO.ID, CALGARY – Muslim Calgary, Kanada bersiap mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan Masjid dan pusat kegiatan Islam baru di pusat kota. Al Madinah Calgary Islamic Centre, yang sebelumnya berada timur laut Falconridge, akan menempati lokasi barunya di 421 Ave Riverfront. S.E.

Pendiri Islamic Supreme Council of Canada (ISCC), Iman Syed Soharwardy, mengatakan pembukaan akan berlangsung 27 Januari mendatang, sekaligus merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Jumat kemarin (20/1) keharmonisan tampak di Al Madinah Calgary Islamic Centre, bersama komunitas Muslim dan non muslim. Masyarakat meresmikan tempat ini, dan diiringi doa serta makan siang bersama.

“Kami telah mencoba selama beberapa waktu untuk hadir dan memiliki tempat kegiatan dan ibadah di pusat kota,” kata Soharwardy. Islamic Centre ini, lanjutnya, adalah bangunan besar, dengan luas 3000 meter persegi.

Al Madinah Calgary Islamic Centre akan menjadi pusat aktivitas Muslim Calgary. Selain tempat beribadah shalat lima waktu, fasilitas ini akan melaksanakn sholat Jumat, ibadah dan perayaan hari besar Islam lain. Kegiatan pemuda muslim dan kelas Al-Qur’an dan studi Islam bagi anak dan dewasa, program pemberdayaan muslimah, dialog antar agama dan berbagai aktivitas sosial lainnya juga masuk dalam daftar.

“Banyak Muslim bekerja di pusat kota dan keberadaan Islamic Centre ini akan membantu Muslim untuk datang beribadah,”kata Soharwardy. Ia berencana mengembangkan komunitas Muslim untuk membangun sebuah sekolah dan masjid di wilayah timur laut dari Ridge Saddle. Proyek yang sedang menunggu persetujuan izin dari Pemerintah kota Cagliary.

Kanada adalah satu-satunya negara di benua Amerika, di mana peringatan Maulid Nabi Muhammad dirayakan. Bahkan masyarakat Muslim Kanada memiliki istilah lokal Maulud Nabi dengan ‘Idul Milad un Nabi’.

Perayaan Maulud ini dilaksanakan selama lebih dari tiga bulan. Mulai 24 Januari sampai 6 Mei di Kanada, berbagai Dewan Tertinggi Islam Kanada, perusahaan afiliasi masjid serta organisasi Muslim mengadakan ‘Idul Milad un Nabi’. “kita bersyukur kepada Allah atas kehormatan ini dengan Kanada. Pada akhir pekan ini, Muslim Kanada akan mengadakan secara serempak ‘Idul Milad un Nabi’ di Kanada,” ujarnya.

(Sumber: http://www.republika.co.id/)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply