Hikmah Isra’ Mi’raj

Sarkub Share:
Share

Hikmah dari peristiwa Isra’ Mi’raj yang terbesar adalah turun perintah sholat lima waktu. Dalam riwayat Mbah Imam Ahmad disebut Nabi menerima perintah sholat di Shidratul Muntaha. Lalu diperkuat oleh hikmah yang terkandung dalam surat Al Isra’. Dibuktikan oleh Mufassir Mbah Imam Abdullah Sirajuddin Al Husaini.

Kita lihat dawuh Gusti Allah dalam surat Al Isra ayat 1 :

ِسُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Lalu kita lihat dawuh Gusti Allah dalam akhir surat Al Isra, yaitu ayat 111 :

وَقُلِ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي لَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًا وَلَمْ يَكُنْ لَهُ شَرِيكٌ فِي الْمُلْكِ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ وَلِيٌّ مِنَ الذُّلِّ ۖ وَكَبِّرْهُ تَكْبِيرًا

Di awal surat Al Isra disebutkan Tasbih, lalu di akhir surat disebutkan Tahmid dan Takbir. Hal ini memberi isyarat bahwa peristiwa Isra’ Mi’raj ini terjadi karena tiga hal :

1. Ke-Maha Sucian Gusti Allah
2. Ke-Maha Terpujian Gusti Allah
3. Ke-Maha Besaran Gusti Allah

Dan kalimat tasbih, tahmid dan takbir itu merupakan kalimat yang selalu diucapkan di dalam sholat. Sehingga peristiwa luar biasa dalam Isra’ Mi’raj ini hikmah terbesarnya adalah sholat 5 waktu. Bukan suatu kebetulan bila memang semua hal itu datang dari Gusti Allah, ya kan?

Jadi, kita patut bersyukur dengan adanya peristiwa Isra’ Mi’raj ini. Kita menjadi semakin mengerti rahasia-rahasia yang ada di alam ini, mengapa kita harus bangga menjadi umat Nabi Muhammad SAW dan sepenting apakah sholat itu. Semoga kita selalu dilimpahi ilmu dan amal yang mampu menuntun ruh kita mi’raj dan bertemu Gusti Allah di akhir nanti.

Aamiin.

(Tim Sarkub : Fahmi Ali N H)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply