Pendeteksi Tanda Ikhlasnya Seseorang

Sarkub Share:
Share

Adapun Delapan Tanda-Tanda Keikhlasan Yang biasa dideteksi, apakah amal perbuatan kita sesuai dengan kedua kriteria di atas, yaitu :

  1. Takut Dengan Popularitas ; Syech Fudhail bin Iyad berkata, “Jika anda mampu untuk tidak dikenal oleh orang lain, maka laksanakanlah. Anda tidak merugi sekiranya anda tidak terkenal. Anda tidak merugi sekiranya anda tidak disanjung orang lain. Demikian pula sebaliknya bila anda tercela di mata manusia, tetapi menjadi terpuji dan terhormat di sisi Allah SWT. Nah apabila anda tidak gusar dengan melaksanakan amal dipuji dan tidak dipuji orang lain tidak mempengaruhi amalan sholehnya, maka anda termasuk dalam kategori Ikhlas.
  2. Mengakui Banyak Kekurangan dan Merasa tidak berarti Apa-apa; Orang yang menjalankan kewajiban kepada Allah selalu merasa banyak kekurangan dan belum maksimal. Tidak pernah merasa ujub dengan setiap kebaikan yang dikerjakannya, bahkan ia selalu merasa cemas, apabila amalan yang dikerjakan tidak diterima oleh Allah SWT, di setiap tengah malam pasti kerap menangis karena merasa menjad hamba yang penuh dengan dosa dan merasa bodoh di hadapan Allah SWT.
  3. Menyembunyikan Amal ; Pada suatu hari Umar bin Khattab ra mendapati sahabat Muadz sedang menangis di dekat makam Rasulullah SAW yang katanya beliau telah mendengar hadist, Rasulullah bersabda : “Riya walaupun sedikit, ia termasuk syirik”
  4. Jabatan Pemimpin atau prajurit Tidak Mempengaruhi amalannya ; seperti yang terjadi pada sahabat Khalid bin Walid tidak kecewa apalagi sakit hati ketika Khalifah Umar bin Khattab memberhentikannya dari jabatan panglima perang. Sahabat Khalid berjuang bukan untuk seseorang atau mencari muka sahabat Umar, perjuangannya hanya untuk mendapat Ridho Allah SWT
  5. Mengutamakan Ridlo_Nya Allah SWt daripada Ridlo-Nya manusia; seperti peristiwa Masyithoh si tukang sisir anak Fir’aun yang lebih mendahulukan keridloan Allah SWT daripada menyembah Fir’aun. Banyaka di jaman sekarang ini orang memakai kekuasaannya untuk memaksa kita bermaksiat kepada Allah SWT.
  6. Cinta Dan Benci karena Allah SWT; Bila kita sebagai suami atau istri bila hak-hak Allah dilanggar kita harus cepat bereaksi membela Allah SWT misalnya mendapati suami/istrinya tidak sholat/puasa. Dan apabila hak-hak diri pribadinya dilanggar tidak serta merta marah karena dorongan hawa nafsunya sendiri.
  7. Melakukan amal sholeh dengan penuh kesabaran terhadap lamanya masa; Seperti yang dilakukan oleh Nabi Nuh AS yang berdakwah selama 950 tahun, anak dan istrinya sendiri tidak mengikuti dakwahnya, bahkan muridnya terbilang sangat sedikit.Keikhlasan anda akan diuji oleh waktu, sepanjang hidup anda adalah ujian, Hanya orang-orang yang mengharap ridlo Allah saja yang bisa tegar menempuh jalan panjang
  1. Merasa sangat bahagia bila orang lain mendapat nikmat; hanya orang yang yang mempunyai sifat ikhlas saja yang memberi kesempatan kepada orang yang mempunyai kemampuan yang memadai untuk mengambil bagian tanggung jawab yang dipikulnya, tak ada iri dan tak ada dendam

Demikianlah yang bisa kami sampaikan mengenai delapan tanda keikhlasan sebagi alat pendeteksi hati apakah amalan kita sudah benar-benar ikhlas. Untuk menjadi orang ikhlas diperlukan latihan terus menerus dan menempa hati kita dengan banyak bergaul dengan orang-orang Ahli Ikhlas agar kita bisa meniru dan mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua aamiin Yaa Mujibassailiin..

Sumber : Pengajian ibu-ibu Majlis Ta’lim asuhan Kyai Munawir Muslih

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan