Qosidah Munfarijah Sughro, PDF dan Terjemah

Sarkub Share:
Share

Dikarang seorang waliyullah: Syech Yusuf Bin Muhamad Bin Yusuf AtTauzari AtTilmasi. Lahir di Tozeur Tunisia, tahun 433 H/1041 M. Wafat tahun 513 H / 1119 M. Beliau dikenal dengan Abul Fadhl atau Ibn Nahwi. Seorang alim, sholeh yg bermadzhab maliki, doa-doanya terkabul dan hatinya yang menyelam ke dlm samudera ilahi. Dikenal juga membela kitab ihya’ ulumiddin, karya Imam Ghozali.

Hidup di tengah lingkungan yg memiliki syekh – syekh besar seperti Syech Abdullah bin Muhammad as-Syaqrothisi, pakar dalam bidang hadits, bahasa, fikih & sastra. Ibn Nahwi berguru langsung padanya. Belajar hadits bukhari dari al-Lakhmi. Dan ulama – ulama lainnya.

Setelah berkelana mencari ilmu, kemudian kembali ke kampung halamannya, Tozeur. Namun, disana penguasanya dholim menindas rakyatnya, tak terkecuali kepada Abul Fadhl.

Beliau melarikan diri dari kampung halamannya, karena ditindas penguasa dan apa yang dimiliki juga dirampas. Abul Fadhl kemudian berpindah ke Aljazair, bertempat di masjid Bani Hammad. Sebagian warganya mengadu kepadanya karena ditekan penguasa dholim tersebut. Mereka minta supaya beliau melapor kepada penguasa lalim agar mereka diizinkan kembali ke kampung halamannya. Kemudian beliau melagukan sebuah syair yang dikarang imam As-Syirazi

لبست ثوب الرّجا والناس قد رقدوا……وقمت أشكوالى مولاي ما أجــــدُ
وقلت يا ســـــــيدي يا منتهى أملي……يا من عليه بكشف الضّـــرّ أعتمدُ
أشكو اليك أمورا أنـــــــت تعلمها……مالي على حمـــلها صبرٌ ولا جلَدُ
وقد مددتُ يدي للضّـــــــرّ مشتكيا……الـــــــيك يا خير من مُدّت اليـه يدُ

Ya Tuhanku, pada saat aku terlelap, orang-orang memintaku bantuan. Mana aku bisa Hai Tuhanku, hai zat yang menjadi akhir harapanku, wahai zat yang bisa melebur kesulitan. Aku bergantung dan mengadu akan suatu masalah yang engkau paling tahu. Aku sendiri tak mampu bersabar. Aku menjulurkan tangaku seraya berdoa agar Engkau menghilangkan mara bahaya dariku. Wahai zat yang bisa diandalkan ketika kami berdoa.

(Visited 93 times, 1 visits today)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan