Memakai Cincin Non Emas

Sarkub Share:
Share

Jari Yang Disematkan Cincin

Imam Nawawi meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW memakai cincin di jari tangan kanan dan jari tangan kiri beliau, namun bagi Imam Nawawi dan pengikutnya, memakai cincin di jari tangan kanan lebih utama. Ibnu Hajar berkata riwayat bahwa Rasulullah SAW memakai cincin di tangan kanan berdasarkan riwayat Ibnu Umar dalam riwayat Bukhari dan hadits dari Anas r.a. dalam riwayat Muslim dan Ibnu Umar dalam riwayat Abu Dawud. Ada juga riwayat dhaif mengatakan bahwa Rasulullah SAW mulanya mengenakan cincin di tangan kanan, lalu memindahkannya ke tangan kiri. Ini diriwayatkan oleh Adiy dari Ibnu Umar. Riwayat ini dipakai Baghowi dalam kitab Syarh Sunnah. Ibnu Abi Hatim berkata, “Aku bertanya kepada Abu Zurah tentang riwayat beragam tentang cara bercincin Rasulullah SAW, beliau menjawab bahwa riwayat tangan kiri tidak pasti sedangkan riwayat tangan kanan lebih banyak,” (al-Hawi 108).

Selanjutnya pada jari mana Rasulullah SAW memakai cincin? Para ulama mengatakan bahwa bagi perempuan bebas memakai cincin pada jari mana saja. Adapun lelaki, sunnahnya memakai cincin pada kelingking sesuai hadist shahih riwayat Muslim dari Anas r.a. yang mengatakan “Cincin Rasulullah dipakai di sini,” Beliau menunjukkan kelingking kiri.

Imam Nawawi mengatakan bahwa ulama sepakat bahwa yang disunnahkan bagi lelaki adalah memakai cincin di kelingking dan tidak dianjurkan memakai cincin di jari lain seperti jari telunjuk dan jari tengah. Untuk perempuan diperbolehkan pada jari mana saja. Dalilnya hadits riwayat Muslim dari Ali r.a. berkata “Aku dilarang Rasulullah SAW memakai cincin pada jari ini dan ini,” . Beliau menunjukkan jari tengah dan sampingnya. Adapun memakai cincin pada ibu jari, sebagian ulama menganggap itu makruh.

Wallahua’lam

Sumber : Ustadz Muhammad Niam

(Visited 72 times, 1 visits today)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan