Meresahkan, Warga Blora Tolak MTA

Sarkub Share:
Share

 “Kami hanya ingin pengajian dibubarkan saat ini juga, kami yang punya tempat harusnya meminta izin terlebih dahulu,” ungkap Sarno (53) salah seorang warga.

Ratusan warga Kamolan, Blora, Jawa Tengah, terlibat kericuhan dengan jamaah Majelis Tafsir Alquran (MTA). Kericuhan dipicu penolakan warga terhadap pengajian yang akan dilangsungkan jamaah MTA, Sabtu (14/7/2012), karena dianggap tidak sesuai dengan ajaran agama Islam yang diyakini warga.

Sementara mayoritas warga Desa Kamolan menilai bahwa ajaran MTA tidak sesuai dengan ajaran agama Islam, sebagaimana yang diyakini warga. Penolakan warga Desa Kamolan, didasari ketidaksepahaman mereka terhadap ajaran MTA yang tidak membenarkan adanya tahlil dan ziarah kubur. Warga setempat yang sudah kental dengan tradisi tahlil dan ziarah kubur menganggap ajaran MTA sesat.

Menurut salah seorang warga Blora, Edi Wotoyo. Sebenarnya jama’ah MTA telah diperingatkan oleh sejumlah warga agar tidak melaksanakan pengajian tersebut. Namun mereka tetap ngotot menyelenggarakan pengajian tersebut. Tepatnya di kawasan lapangan Desa Kamolan, Blora.

Karena ngotot tetap menyelengarakan pengajian tersebut, warga marah besar. Sejumlah warga menggeruduk kerumunan jama’ah MTA di lokasi kejadian. Ratusan jamaah MTA langsung dihadang ratusan warga Kamolan, Blora, Jawa Tengah, setibanya di Desa Kamolan. Warga menolak kedatangan jemaah MTA yang rencananya akan mengikuti pengajian akbar di desa tersebut Namun para jamaah MTA tetap memaksa masuk ke lokasi pengajian di lapangan desa setempat.

Rencana Majelis Tafsir Alquran (MTA) menggelar pengajian akbar di Desa Kamolan, Kecamatan Blora, Blora, Sabtu (14/7/2012) akhirnya gagal digelar. Pasalnya puluhan warga desa setempat dan sekitar menolak pelaksanaan pengajian tersebut.

Panitia Pengajian memang mengerahkan ratusan satgasnya untuk berjaga-jaga di sekitar lokasi, dengan membuat barikade barisan melingkari lokasi pengajian, sementara ribuan warga terus berteriak dan merangsek ke depan.

“Kami hanya ingin pengajian dibubarkan saat ini juga, kami yang punya tempat harusnya meminta izin terlebih dahulu,” ungkap Sarno (53) salah seorang warga.

Melihat kejadian itu Aparat dan panitia akhirnya menarik seluruh panitia dengan mobil polisi. Baru kemudian aksi warga mulai mereda, karena panitia pengajian MTA sudah meninggalkan lokasi.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

68 Responses

  1. Avatar

    bowtjah kerehoree14/07/2012 at 16:38Reply

    HANCURKAN MTA DAN ANTEK2NYA!!!

    • Avatar

      kang pur14/07/2012 at 19:34Reply

      tidak sepantasnya sesama muslim mengatakan hancurkan, sedangkan dengan agama lain saja bermanis-manis, malahan dengan sesama saudaranya bilang begitu. mari introspeksi mana yang lebih mengamalkan syariah agamanya.

      • Avatar

        Ahmad Dika19/07/2012 at 06:32Reply

        MTA ITU sekumpulan orang bodoh yang merasa paling benar dalam menjalankan agama Islam……

        mereka menghalalkan daging anjing

        ASUKINO itu orangnya g bisa baca QUR’AN, GAYANYA UDAH SEPERTI IMAM MUJTAHID MUTLAK

        PERUSUH MASYARAKAT

        • Avatar

          Fauzi24/07/2012 at 20:46Reply

          ahmad dika. dari ucapan anda saya yakin kamu bukan orang islam yang baik.pertama kamu tidak bisa berkata baik sebgmana hadist nabi:barang siapa yang beriman kepada ALLAH dan hari akhir hendaklah ia berkata baik/diam.kedua kamu melanggar alquran s.alhujurat ayat 11 baca saja terjemahnya punya belum nek belum memalukan.ketiga kamu meyebar fitnah kepada MTA kalau itu tidak benar.kalau benar yang kamu katakan kamu termasuk melakukan ghibah ibarat makan bangkai saudaramu sendiri.mari kita terima perbedaan karena semua yang menilai Allah.

        • Avatar

          hamdan29/08/2012 at 23:35Reply

          islam mengajarkan berkata baik, mari kita ngaca bareng2

    • Avatar

      abuhamzah17/07/2012 at 11:15Reply

      orang asal njeplak

    • Avatar

      Ahmad Dika19/07/2012 at 06:30Reply

      INTROPEKSI MANA YANG PALING BENAR, KAMU UDAH DEKAT SAMA ALLAH ya ??

      HANYA ORANG BODOH YANG MERASA PALING DEKAT SAMA TUHANNYA

      • Avatar

        abdullah22/07/2012 at 23:20Reply

        Semoga Pak Ahmad dikemudian hari bisa menjujung tinggi namanya yang mulia “ahmad” yg artinya terpuji, bukan bekomentar asal-asalan ya….. Sadar ya Pak Ahmad atas komentar bapak…..malu kan dengan nama bapak yg mulia itu????

    • Avatar

      lala rahman13/09/2012 at 17:08Reply

      AKU SEMAKIN MANTAB DENGAN ISLAM ( AL QUR`AN DAN SUNAH ) BACA QS. ANISA 61 MAS ! JANGAN2 ORANG INI YANG DITERANGKAN ALLAH DALAM AYAT INI :
      ” Apabila dikatakan kepada mereka: “Marilah kamu (tunduk) kepada hukum yang Allah telah turunkan dan kepada hukum Rasul”, niscaya kamu lihat orang-orang munafik menghalangi (manusia) dengan sekuat-kuatnya dari (mendekati) kamu.”
      MAKSUD JHUKUM ALLAH ADALAH AL QUR`AN DAN HUKUM RASUL ADALAH HADIST. RENUNGKAN MAS !!!!!!!!!!!

  2. Avatar

    huda15/07/2012 at 21:24Reply

    Orang yang mengaku Islam, kadang aneh-aneh.
    Ada orang mau ngaji malahan dihalangi.
    Tapi orang yang mabuk, maling dibiarin aja.

  3. Avatar

    santosa16/07/2012 at 11:28Reply

    Buat Saudara-2ku yang merasa beradu jotos dengan Satgas MTA semoga merenungkan perbuatan yang dilakukan, apakah pantas orang yang tidak membalas tatkala anda satroni itu, adalah orang salah, coba tanyakan pada nurani anda …

    • Avatar

      h4ri17/07/2012 at 08:15Reply

      Apakah pantas seorang tamu sak karepe dewe / ora dewo sopan di daerah orang lain tanpa me orangkan tuan rumah seharusnya sebagai tamu harus bisa instropeksi diri sehingga ora sak karepe dewe di daerah orang lain. tentunya kamu sendiri tidak mau kalau ada tamu tapi kamu sebagai tuan rumah tidak di orangkan atau tidak di hormati.

  4. Avatar

    dodik17/07/2012 at 00:29Reply

    heem…..MTA lagi…..

  5. Avatar

    Ahmad Machmudi17/07/2012 at 07:06Reply

    Islam Mengajarkan persaudaraan, tapi jikalau ada yang merongrong Islam dari dalam itulah musuh yang harus didahulukan untuk dibasmi, Musuh dalam selimut lebih berbahaya dari musuh yang terang**an memusuhi kita,,,,,,,, Ingat memerangi orang** munafiq adalah menjadi perioritas sahabat, setelah kepergiaan Nabi dari pada memerangi orang** kafir yang jelas** memusuhi Islam.

    • Avatar

      h4ri17/07/2012 at 09:08Reply

      Ahmad Machmudi : yang kamu magsud mana yang memusuhi islam

  6. Avatar

    hari17/07/2012 at 07:55Reply

    Memang bener MANUNGSO TATANANE ANGEL podo karo MANUNGSO ORA DUWE SOPAN sebab tidak mengenal silaturahmi, sekali bertamu tidak menghargai tuan rumah (Sak Karepe dewe) seperti kejadi di Blora emangnya yang punya blora hanya aparat saja sehingga masyarakat blora tidak di orangkan. Jangan menyalahkan masyarakat blora sebagai tuan rumah seharusnya sebagai tamu harus bisa instropeksi diri sehingga ora sak karepe dewe di daerah orang lain.
    Jangan mengatas namakan islam di dalam pengajian untuk mencarai masa, orang punya keyakinan sendiri-sendiri dan jangan pernah mengkafirkan sesamamu sesungguhnya orang yang mengkafirkan sesamanya orang sendiri itulhan yang sesungguhnya kafir dan jangan merasa benar sesungguhnya orang yang merasa benar belum tentu benar dan orang yang kau anggap salah belum tentu salah

  7. Avatar

    Abu hafidz18/07/2012 at 14:41Reply

    Astaghfirulloh, sesama muslim itu haram darahnya…,,, Yang perlu kita waspadai adalah.., kita telah di adu domba oleh orang2 kafir dan nasrani yang sebenarnya.,untuk saling bermusuhan satu sama lain agar islam tidak berjaya di dunia ini..,,

  8. Avatar

    Vant Ceket Cjdw18/07/2012 at 20:56Reply

    SAMPEYAN MUSLIM TOWHHHH…….
    kalau mendengar suatu berita TABAYUN DULU….
    JANGAN ASAL NGOCEH
    saya gak yakin MTA seperti itu…

    • Avatar Author

      Wong Tegal19/07/2012 at 06:03Reply

      kalo gak yakin ya harus yaakin

      • Avatar

        tsabit21/07/2012 at 12:05Reply

        kenapa harus yakin.,.
        omongan anda belum bisa di percaya.,.

    • Avatar

      leo efendi26/07/2012 at 04:33Reply

      IYA…KARENA ANDA JUGA TERMASUK GOLONGAN ORANG YANG ” KURANG “

  9. Avatar

    asep19/07/2012 at 03:21Reply

    susah memberikan pemahaman kepada orang yang ngotot…memahami al qur’an itu bukan perkara yang mudah…al qur’an itu multi tafsir karena keindahan balaghoh yang ada dalam tekstual nash al qur’an sampai orang arab pun tidak akan berani menafsiri alqur’an tanpa pegangan ilmu alat dan ilmu pendukung lainnya seperti tafsir, balaghah, ushul fiqh, mustolah hadits, ilmu kalam, dsb…nah coba yang dipelajari MTA atau silahkan anda2 yang merasa dirinya MTA qur’an dalam tekstual arab ataukah sebatas qur’an dengan terjemahan KEMENAG? kalau memang itu qur’an dengan terjemahan KEMENAG anda menggunakan dalil dengan memahami terjemahannya ataukah tekstual arabnya?
    brosur yang ada di MTA itupun dari terjemahan KEMENAG. dan tiap ayat yang turun kepada nabi Muhammad pasti punya asbabun nuzul, begitu juga hadits nabi pasti ada asbabul wurudnya…
    dalil yang dikemukakan oleh MTA selalu meloncat-loncat sehingga tidak pas untuk dijadikan sebagai pedoman sebuah perkara.
    brosur itu juga buatan dari petinggi MTA….bukanlah itu analogi juga dari kitab kuning (salafiyah) yang dibuat oleh para imam mujtahid,ulama atau kyai…nah para ulama, habaib,imam mujtahid dan kyai saja anda katakan tidak usah ikut kyai yang harus diikuti adalah al qur’an dan assunnah lantas anda mengikuti petunjuk brosur yang didapat ketika ahad pagi itu namanya apa?
    sy sudajh berkeliling di Cilacap, purworejo, solo, klaten, boyolali, sragen, blora, kudus, jepara, nganjuk, dst untuk mencari bukti tentang tuduhan pembid’ahan MTA terhadap amaliyah ahlusunnah wal jama’ah.
    sy punya 12 GB bukti pengajian MTA yang mengkafirkan banyak perkara, termasuk istighfar lebih dari 3 x haram.tahlilan haram, dsb.
    dan demi Allah jika bukti ini sy ungkapkan dalam media maya yang ada pasti anda yang sudah kedarung ngotot akan mengatakan ini palsu. dan demi Allah bahwa bukti rekaman dan dokumen yang saya dapat adalah Asli.demi Allah jika saya berbohong Allah akan memberikan adzab pedih bagi sy

    • Avatar Author

      Wong Tegal19/07/2012 at 05:50Reply

      benar sekali. terimakasih.

    • Avatar

      bowo19/07/2012 at 11:51Reply

      kalau punya bukti boleh berbagi biar kesan asal menjelekan hilang oke mas brow

    • Avatar

      abuhamzah26/07/2012 at 09:23Reply

      astaghfirullah. Anda telah memninta laknat. Apapun alasannya tidak baik. Karena anda telah mengucapkannya dengan demi Allah anda harus membayar kafaroh. Tahu kan kafarohnya. Karena anda ini nampaknya berilmu tinggi tentu saya tidak usah ngajari. Lagian kayaknya kok saya pingin dikirimi bukti “kesesatan” MTA. Tolong ya mas asep kirim ke sabuhamzah@ymail.com. jazakalloh. Dan semoga mas asep selalu dalam ampunan Allah.

  10. Avatar

    Ahmad Dika19/07/2012 at 06:33Reply

    orang2 disini SOK ISLAMI SEMUA YANG KOMENTAR, merasa PALING DEKAT SAMA TUHANNNYA

    ISLAM YANG JUMUD, KAKU, KASAR, KERING

    CUIH

    • Avatar

      leo efendi26/07/2012 at 04:27Reply

      TERMASUK KOWE BARANG TO MBUL……MAKANE NEK NGOMONG KI DI PIKIR……..WES KETULARAN ASUKINO WE KI…NDANG CEPET2 TAMBAKNO.SAK DURUNGE NEMEN.

  11. Avatar

    Ahmad Dika19/07/2012 at 06:41Reply

    Dulu sempat disentil Kyaiku

    begini

    “hanya orang yang buta mata hatinya, yang masih bodoh, yang merasa paling dekat sama TuhanNYA sehingga menganggap yang lain itu tidak merasa berhak dekat denganNYA, tidak berhak menyandang status Iman dalam hatinya…”

    • Avatar

      agus leo31/07/2012 at 11:05Reply

      kyaimu ki sopo…..paling ASUKINO…….emange ASUKINO ki kyai ta…??????????siapa yg ngasih gelar KYAI pada ASUKINO…………..pasti orang kurang waras……..

  12. Avatar

    hery19/07/2012 at 17:56Reply

    AJARAN MTA SELALU DAN SELALU MENJELEKKAN AMALAN SESAMA MUSLIM, LEBIH BAIK DIBUBARKAN SAJA KARENA BIKIN PERPECAHAN UMAT ISLAM.

  13. Avatar

    Pembrontak19/07/2012 at 20:57Reply

    yang penting pihak dari mta ada yang mati 3
    1. dulu elo hina gw lewat radio,,, katanya ANJING ITU NGGA HARAM, cz di al quran ngga ada, bearti elu gw bunuh trus gw makan halal donk
    2. ziarah kubur n tahlilan elu haramin
    #plis belajar agama itu jangan setengah2 dechh…

  14. Avatar

    sensor19/07/2012 at 21:03Reply

    to pemberontak : jangan gitu, dia juga saudara kita lhoo, meskipun udah ngehina, aku sedih banget kenapa dia kok gitu,,,
    # masalah yg mati,,,
    ▬▬ kemaren ada gerombolan santri dari tebu ireng yg belom turun tangan, kalau udah turun tangan pasti banyak yang mati dah

  15. Avatar

    jefriship20/07/2012 at 22:24Reply

    lebih baik bikin MTA tandingan,biar seru.

  16. Avatar

    tau gelap22/07/2012 at 22:22Reply

    Aku yakin MTA, buktine org yg ngaji di MTA Kok ga angel di toto? coba sampeyan kabeh lihat apa ada asap rokok kemebul? Ustadz melarang warga MTA merokok bahkan yg mracang yg fahum kajiannya tdk jualan rokok padahal untungnya banyk! org Zinah di boikot ? org ngemplang kakean utang suruh berpikir lagi bila ikut kajian? apa itu bukan kajian yg serius sampe pd hal pengaturan kehidupan diajari jujur,apik,beramal sholeh, itu krn hasil kajian alQur’an dan assunnah masih buanyak….

  17. Avatar

    fauzi24/07/2012 at 21:58Reply

    sy punya 12 GB bukti pengajian MTA yang mengkafirkan banyak perkara, termasuk istighfar lebih dari 3 x haram.tahlilan haram, dsb.
    dan demi Allah jika bukti ini sy ungkapkan dalam media maya yang ada pasti anda yang sudah kedarung ngotot akan mengatakan ini palsu. dan demi Allah bahwa bukti rekaman dan dokumen yang saya dapat adalah Asli.demi Allah jika saya berbohong Allah akan memberikan adzab pedih bagi sy
    BETUL NGGAK KANG ASEP? APA YANG KITA LAKUKAN AKAN DIMINTAI PERTANGGUJAWABAN OLEH ALLAH lho.KALAU REKAMAN MENJELEKKAN MTA SUDAH BANYAK TAPI ITU SEMUA JADI IKLAN GRATIS BAGI MTA.TERNYATA BANYAK MASYARAKAT YANG AKHIRYA TABAYUN KE MTA DI SOLO.APA ANDA SUDAH SIAP KALAU BUKTIMU NANTI MEMBUAT MASYARAKAT JADI PENASARAN DAN INGIN KENAL DGN MATA?YA SILAHKAN SAJA DIPOSTING KALAU BENAR2 PUNYA BUKTI

    • Avatar

      leo efendi26/07/2012 at 04:23Reply

      EMANGE asukino LAN PENGIKUTE PO YO NJOOOOOWOOOOOO……………..ASUKINO KI WONG GOBLOK SING NGAKU PINTER.

      • Avatar

        Mas Soes26/07/2012 at 06:27Reply

        Walah..kalem Mas..
        Ndak prlu purik,ndak baik itu. Biarin aja mreka bgitu,ingat pepatah,mulutmu harimaumu. Jgn kbawa stetmen mreka,toh yg baik akan terlihat baik,meski ada yg bilang buruk.
        Salam ukhuwah..

      • Avatar

        me26/07/2012 at 21:54Reply

        kalo ust sukino goblok pasti kamu lebih bodoh lagi….jahiliyah

    • Avatar

      bowo26/07/2012 at 09:35Reply

      kirim ke email s006ew@yahoo.com saya sudah cari2 bukti yang katanya ustd.sukina bilang daging anjing halal gag ketemu

  18. Avatar

    leo efendi26/07/2012 at 02:00Reply

    kang pur@tapi ajaran MTA jelas udah melenceng dari ajaran…..makanya ini yg di ktakan merusak agama islam dr dalam….ini yg perlu kita khawatirkan.bukan agama lain…tau sampean…

    abdullah@ lebih malu menyandang nama sampean…..yg ikut membenarkan ajaran MTA..dan penafsiran ASUKINO.bukan tafsir alquran yg udah mateng…tapi itu hny sebuah pemikiran ASUKINO semata.

    hari n fauzi@ orang seperti sampean ini yg di sebut orang belum tentu pinter malah malah termasuk orang gak NGERTI….MAKANYA JGN KALIAN GAMPANG DI BODOHI SAMA ASUKINO…….

    ABU HAFIDZ@MEMANG BENAR DARAH SESAMA MUSLIM ITU HARAM…..TAPI HALAL BAGI ORANG YANG MENGHALALKAN DAGING ANJING CONTOHNYA ASUKINO…..DARAH DAN DAGINGNYA HALALAN TOYIBAN KARENA ASUKINO TERMASUK ASYUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU…..

    TAU GELAP@ KARENA SAMPEAN GAK TAU APA2…..PEAN ORG GELAP…..DI KASIH PENCERAHAN KAYA APAPUN TETAP AJA GELAP………..GOBLOKKKKKKKKKKKK

    • Avatar

      abu salamah27/07/2012 at 09:23Reply

      MAS LEO. INGAT KAMU INI SEDANG KOMEN DI SARKUB.COM LHO. KATANYA SANTUN BERDAKWAH SEJUK BERIBADAH. KOK UCAPAN ANDA TIDAK SANTUN BLAS. EMANGNYA KAMU YANG PALING BENAR. BACA ISTIGHFAR YO MAS. NDAK USAH SAYA AJARI YO MAS. WONG KAMU MEMANG ORANG PINTER NGAPAIN HARUS DIAJARI

  19. Avatar

    MINTA PETUNJUK26/07/2012 at 10:03Reply

    leoefendi pantas jadi presiden, krn orang yang paling pinter di sini , semua “bodoh” (saya haluskan) kecuali dia, padahal ada langit diatas langit, kedengkian pasti ada balasannya

  20. Avatar

    Tri Malaysiana26/07/2012 at 20:33Reply

    Subhanalloh..’audzubillahiminasyaithonirrojiim…lindungi kami anak cucu keturunan kami dari org yg dholim spt
    leo efendi, yg telah mengambil alih tugas setan untuk menghancurkan segala kebaikan umat yg tlh kau beri pembeda (Qur’an)

  21. Avatar

    Tri Malaysiana26/07/2012 at 21:21Reply

    Apabila dikatakan kepada mereka”Marilah kamu(tunduk) kpd hukum yang Allah telah turunkan dan kpd hukum rasul’,niscaya kamu lihat orang-orang munafik menghalangi (manusia)dgn sekuat-kuatnya darimendekatikamu.(QS AN-NISA’:61)

    Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan,sebagian dengan sebagian yang lain adalah sama, mereka menyuruh berbuat yg mungkar dan melarang berbuat yg makruf dan mereka menggenggamkan tangannya.Mereka telah lupa kpd Allah, maka Allah melupakan mereka. Sesungguhnya orang-orang munafik itulah orang-orang
    yg fasik (QS 9:67)
    Orang Kafir wajar menolak Al-Qur’an di pelajari,difahami,ataupun diamalkan,tapi…yg ngaku Islam sampe ada yg menolak saudaranya berdakwah mengaajak mengamalkan, mengkaji ataupun untuk memahami, itu yg dikatakan ALLAH, dan orang fasik adalah orang yg sengaja menolak kebenaran, ayo…saudaraku…sama-sama mencari Islam yg sesungguhnya…tdk u/nggurui /keminter..berhenti saling menghujat ya….wassalam..

  22. Avatar

    jefriship26/07/2012 at 21:58Reply

    tri malaysiana = TRIYONO ?

  23. Avatar

    fitrah hamdani29/07/2012 at 00:36Reply

    “Sementara mayoritas warga Desa Kamolan menilai bahwa ajaran MTA tidak sesuai dengan ajaran agama Islam, sebagaimana yang diyakini warga. Penolakan warga Desa Kamolan, didasari ketidaksepahaman mereka terhadap ajaran MTA yang tidak membenarkan adanya tahlil dan ziarah kubur. Warga setempat yang sudah kental dengan tradisi tahlil dan ziarah kubur menganggap ajaran MTA sesat.”
    kok media ngomongnya begitu sih? ntar malah bisa mengadu domba lho….

  24. Avatar

    bowtjah kerehoree30/07/2012 at 21:33Reply

    Dari comment2 diatas rasanya lbh sulit memberitahu orang yang tidak mau tahu (MTA),daripada memberitahu orang yang belum tahu.ribuan dalil aqli & naqli dikeluarkanpun rasanya tetap mentah di lidah Asyukino wa ashabihi.dulur2…sebnrnya permintaan kami sederhana…biarkan tradisi yang sudah ada di indonesia (yasinan,tahlilan,tawassul,tabarruk,maulid,sholawatan dll) tetap berjalan dan jgn sekali2 mempengaruhi orang2 untuk mengikuti jalanmu yg terkutuk itu,toh kami juga tdk pernah memaksa antum untuk ikut tahlilan,yasinan dll kan???justru kalian lah yang menghalang2i kami melakukan itu semua melalui dakwah bubrah dan tindakan yang krg etis spt kejadian di mantingan dan malang yang menghadang orang setelah slametan dan membuang berkatnya.PODO AE NGEDEKNE GENDERO PERANG NGONO IKU PAKDE!!!!kuncinya adalah hancurkan MTA sampai ke akar2nya insyaAllah Indonesia aman tentram,gemah ripah loh jinawi..wassalam….

  25. Avatar

    Taufik02/08/2012 at 04:24Reply

    Sebenarnya tidak ada yg melarang tradisi Yasinan, tahlillan dll. (tidak ada yg pernah membubarkan dan menghalangi), silahkan lakukan keyakinan itu. Sebaliknya yg didak melakukan jangan dipaksa untuk melakukan, saling menghormati dan masing-masing menyampaikan pemahamannya.
    Sedangkan tradisi yg tidak diajarkan Islam atau yg bertentangan dg Islam wajib ditinggalkan, seperti peringatan hari kematian, memelihara jimat, sesajen, sedekah bumi, maksiat (Mo 5), dll.

  26. Avatar

    prytell28/05/2013 at 02:14Reply

    HAY DULUR2 SEMUANYA………TANPA KITA NI MENGEDEPANKAN EMOSI, SEJENAK KITA KOREKSI DIRI KITA MASING2.,,,,OKE BROW?? SBG UMAT MUSLIM YANG TUHANNYA HANYA ALLOH SEMATA,MAKA ALLOH SENDIRI TELAH MENURUNKAN PEDOMAN BUAT SELURUH UMAT DI JAGAT RAYA INI YAITU AL-QURAN dan SUNAH NABI. LALU APAKAH AMALAN2 KITA SUDAH BETUL2 SESUAI DGN SYARIAH ISLAM??????TANYALAH PD HATI KITA MAS BROW……..
    ISLAM TU AGAMA MULIA,,,,JANGAN DIKOTORI DENGAN KATA2 KOTOR,MENGHINA,APALAGI MEMFITNAH….BEDA FAHAM TU BIASA MARI KITA KERJAKAN YG SEFAHAM,KITA JALANI MASING2 YG BERBEDA YG MENURUT KITA BENAR…

Leave a Reply