Yuuk Siap-siap Menyambut Bulan Ramadhan (Pendahuluan)

Sarkub Share:
Share

Doa-Niat-Puasa-RamadhanTinggal menghitung hari kaum muslimin akan menyambut tamu yang senantiasa kita harapkan kedatangannya, tamu tersebut adalah satu bulan yg penuh keberkahan dan memiliki banyak keutamaan,yaitu BULAN RAMADHAN.
Pada umumnya manusia akan melaksanakan suatu hal dengan baik jika dia telah mempersiapkan diri dengan baik sebelumnya. Begitu juga supaya kita mampu melaksanakan berbagai amal di bulan ramadhan dengan baik.

Rosulullah SAW dan para sahabat Ra. sangan bersemangat menyambut datangnya bulan ramadhan. Mereka sangat serius mempersiapkan diri agar bisa melakukan segala amalan dengn penuh keimanan, giat & tidak merasakannya sebagai beban.

Ada berbagai macam hal yang berkaitan dengan ramadhan

PERSIAPAN DIRI

1.Gembira & bahagia dengan datangnya bulan ramadhan.
Rosulullah SAW bersabda; " telah datang kepadamu bulan ramadhan, bulan keberkahan, Allah mengunjungimu pada bulan ini dengan menurunkan rahmat, menghapus dosa-dosa dan mengabulkan doa; Allah melihat berlomba-lombanya kamu pada bulan ini dan membanggakanmu kepada para malaikat-Nya. karena orang yang sengsara ialah orang yang tidak mendapatkan rahmat pada bulan ini" (HR. At_thabrani)

2. Memahami ilmu, hukum,dan beberapa hal lain yang berkaitan dengan shoum ramadhan.
Perbanyak pemahaman kita tentang ramadan dengan cara menuntut ilmu, utamanya dengan belajar langsung pada para ahli ilmu (ulama\ustadz\ustadzah) di majlis ilmu mereka. ingatlah bahwa amalan yang di lakukan tanpa pemahaman bisa menjadi hal yang sia-sia dan dan tidak mengandung arti perbaikan jiwa\ruhaniyah.

3. Persiapan fisik dan ruhaniah\jiwa.
Untuk ruhaniah kita tingkatkan kualitas dan kuantitas ibadah, misalnya membaca dan mengkaji al-quran, shoum sunnah, infaq, qiyamul lail, berdoa (termasuk supaya dipertemukan dengan bulan ramadhan) dan lain-lain. supaya pada bulan ramadhan yang akan kita lakukan bisa menjadi lebih maksimal dan lebih baik.

 

KEUTAMAAN DAN KEISTIMEWAAN SHOUM DAN SHOUM RAMADHAN

1.Balasan shoum akan di balas langsung oleh allah SWT.
Rosulullah SAW bersabda; Allah berfirman, 'setiap amal anak adam adalah untuk dirinya sendiri kecuali shoum, karena sesungguhnya shoum itu untuk-KU dan AKU yang akan membalasnya'. (HR. bukhori 1904, muslim,ahmad,dan an-nasa'i)

2. Menghapus Dosa
Rosulullah SAW bersabda; "barangsiapa yang shoum di bualan ramadhan dengan iman dan mangharap ridho dari allah semata, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan di ampuni.." (HR. bukhori *2014* dari abu hurairah).

3. Pada bulan ramadhan pintu " syurga di buka sedangkan pintu' neraka di tutup, dan syetan" terbelenggu.
Rosululloh SAW bersabda; "jika ramadhan telah tiba, pintu-pintu neraka jahannam tertutup , dan para syetan terbelenggu". (HR. bukhori, muslim)

 

PENTINGNYA SHOUM RAMADHAN
Berikut ini beberapa hal yang periu diketahui tentang pentingnya shoum ramadhan.

1. shoum seumur hidup tidak akan bisa menggantikan shoum sehari pada bulan ramadhan yang dibatalkan dengan sengaja tanpa uzur syar'i.
Rasululloh SAW bersabda; "man afthoro yauman min romadhon min ghoiri 'udzrin walaa maroodhin lam yaqdhi shiamuddahri wain_shomah"
Barangsiapa yang berbuka satu hari di bulan ramadhan tanpa uzur\halangan (syar'i) dan tidak pula sakit, maka shoum sehari itu tidak dapat diganti dengan puasa setahun. (bukhori)

2. Orang yg benar-benar tidak beruntung adalah orang yg mengabaikan berkah bulan romadhon.
Rasululloh SAW bersabda; "bulan ini (ramadhan) telah datang kepadamu , di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barang siapa mengabaikannya,maka ia mengabaikan seluruh kebaikan, tidak ada yang mengabaikannya kecuali orang yang tidak beruntung" (Riwayat ibnu majah)

Akhir kalimat, mari kita sama-sama memperbanyak berdoa kepada ALLaH supaya kita berjumpa kembali dengan bulan ramadhan, sebab betapa banyak yang menantinya, akan tetapi ajalnya sebelum kedatangannya.
"wallohu a'lam bisshadila Izzannisatul matien El-Rienarya AffetivaAfiith AiDyAri Fitriah"

Sumber : Mata Kuliah Fiqih, "Puasa Ramadhan" oleh Dr Sulaiman Pengembara, Mkub

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

2 Responses

  1. Avatar

    Muhammad Ridwan Adi Perdana03/06/2016 at 03:34Reply

    Artikel yang sangat menarik. Terima kasih informasi yang sudah diberikan.
    Saya juga mempunyai link berita terkini yang mungkin bermanfaat.
    Silahkan kunjungi http://wartawarga.gunadarma.ac.id

Leave a Reply