Apakah Mazhab Ahlul Bait Itu?

Sarkub Share:
Share

tree_ahlulbaytApa yang dimaksud dengan Madzhab Ahlul Bait ?

 

Madzhab Ahlul Bait adalah nama samaran dari sekian banyak aliran-aliran Syiah. Dimana setiap aliran Syiah mengklaim alirannya sebagai Madzhab Ahlul Bait.

Sebagai contoh, aliran Syiah Zaidiyah mengaku sebagai Madzhab Ahlul Bait. Begitu pula aliran Syiah Ismailiyah, mereka juga mengaku sebagai Madzhab Ahlul Bait. Bahkan aliran Syiah yang paling sesat saat ini, yaitu aliran Syiah Imamiyah Itsna Asyariyah (Ja’fariyah) juga berani mengaku sebagai Madzhab Ahlul Bait.

Penyebab mereka sampai berani menyebut alirannya sebagai Madzhab Ahlul Bait, dikarenakan saat ini masyarakat dunia Islam sudah mengetahui bahwa aliran-aliran Syiah tersebut sesat dan menyesatkan dan ajarannya sangat menyimpang dari ajaran Rasulullah SAW. dan ajaran Ahlul Bait.

Karena itu dalam usahanya menipu dan menyesatkan umat Islam, mereka menggunakan nama samaran sebagai Madzhab Ahlul Bait. Dan ternyata usaha mereka tersebut berhasil, sehingga ada dari umat Islam yang tertipu dan akhirnya terjerumus masuk Syiah.

Oleh karena aliran-aliran Syiah yang mengaku sebagai Madzhab Ahlul Bait tersebut berbeda rukun imannya, maka mereka saling mengkafirkan, Syiah yang satu mengkafirkan Syiah yang lain.

Jika aliran-aliran Syiah yang saling mengkafirkan itu benar-benar sebagai Madzhab Ahlul Bait, berarti hal itu menggambarkan bahwa pendiri madzhab-madzhab tersebut saling mengkafirkan, maka pertanyaan yang timbul adalah; mungkinkah Ahlul Bait yang telah disucikan sesuci-sucinya oleh Allah itu saling mengkafirkan ?.

Jawabnya, pasti tidak mungkin, dan itu hanyalah rekayasa dan tipu daya tokoh-tokoh Syiah yang tidak memikirkan akibatnya.

Dengan demikian yang namanya Madzhab Ahlul Bait itu tidak ada, yang ada adalah Madzhabnya Ahlul Bait, bukan Madzhab Ahlul Bait tapi madzhabnya Ahlul Bait atau akidah-nya Ahlul Bait. Yaitu akidah yang sekarang dikenal dengan nama akidah Ahlus Sunnah Waljamaah. Satu akidah yang berpegang kepada apa-apa yang diyakini

dan dikerjakan oleh Rasulullah SAW, Ahlul Bait dan para sahabatnya.

Jika yang namanya Madzhab Ahlul Bait itu ada dan benar, pasti yang mengikuti madzhab tersebut adalah keturunan Ahlul Bait, yaitu para habaib bukan orang-orang ajam dari Iran.

Tapi kenyataannya para habaib hampir semuanya mengikuti akidah Ahlus Sunnah Waljamaah. Mereka mengikuti akidah itu secara sambung menyambung sampai kedatuk mereka baginda Rasulullah SAW.

Hal ini dapat dibaca dalam kitab Iqdul Yawaqid Aljauhariyyah, karya Al-Allamah al-Habib Edrus bin Umar Al-Habsyi, dan dapat dibaca dalam puluhan, bahkan ratusan kitab-kitab yang ditulis oleh para habaib dzurriyaturrasul.

Jadi yang benar, akidahnya golongan Ahlus Sunnah Waljamaah adalah akidahnya Ahlul Bait atau madzhabnya Ahlul Bait yang sampai sekarang diikuti oleh keturunan Ahlul Bait atau para habaib Al-Alawiyin dzurriyaturrasul.

Apabila dari sekian juta habaib itu ada dua, tiga orang yang menyimpang (syad), maka orang-orang tersebut tidak tergolong sebagai tokoh habaib yang menjadi panutan. Tapi mereka adalah korban-korban yang rusak akidahnya akibat membaca buku-buku yang ditulis oleh orang-orang orientalis dan Zionis Yahudi.

Demikian sedikit mengenai Madzhab Ahlul Bait dan madzhabnya Ahlul Bait. Semoga kita diselamatkan oleh Allah dari tipu daya tokoh-tokoh Syiah yang sering mengaku sebagai pengikut Madzhab Ahlul Bait.

 

Oleh Yayasan Albayyinat

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

16 Responses

  1. Avatar

    Habib syiah08/12/2011 at 16:53Reply

    salam wa rahmah…

    rupanya admin/penulis artikel ttg syiah diatas tidak paham dan sangat kacau serta tidak tahu apa itu MAZHAB SYIAH..utk itu izinkan saya menjelaskan apa, siapa dan bagaiman MAZHAB SYIAH IMAMIYYAH ITSNA ASYARIYAH :
    pertama saya akan jelaskan ttg arti kata SYI”AH.
    Al-Fairuzabadi dalam al-qomus dalm kata Sya’a mengatakan : Syiatur rajul adalah para pengikut atau pembela seseorang dan dlm konteks tertentu berarti kelompok, namun pada umunya kata ini digunakan dalam arti setiap orang yang setia kepada Ali dan Ahlubayt nya. dan kata SYI”AH ALi sudah ada sejak zaman Rasulullah saww.
    ketika turun ayat :”Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh mereka itu sebaik2 mahluk(khoirul bariyyah)”(qs.albayyinah(98).7) lalu Nabi saw bersabda kepada Ali berkenaan ayat ‘khoirul bariyyah, “wahai ali mereka itu adalah engkau dan syiah mu, engkau dan syiahmu akan datang di hari kiamat kelak dlm keadaan ridha dan diridhai. hadis ini diriwayatkan oleh Abu muayyid, mawfiq bin ahmad al-khawarizmi dlm pasal 17 kitab al-manaqib dlm kitab tadhkirah al-khawwash al ummah, riwat hadis diatas jg diriwayat kan oleh seorang ulama besar ahlul sunnah yaitu Jalaluddin al-Suyuthi dl kita Fath al-maqal dlm tafsirnya al-Durr al-mantsur dan banyak lagi.
    -SYIAH IMAMIYYAH meyakini adanya wujud Allah swt yang wajib disembah dan wajib ada-Nya, yang maha Esa dan tunggal, tempat meminta pertolongan dan yang tidak beranak dan diperanakkan.
    -SYIAH IMAMIYYAH meyakini bahwa Allah mengutus seorang utusan-Nya yang terakhir kepada maluk-Nya yang bernama Sayyidil wujud Muhammad al-Musthafa SAWW, dan beliaulah pemuka para Nabi dan penutup mereka sebagai pembawa risalah islam yg lurus, sebagai agama yg diridhai Allah kepada hamba2nya sampai hari kiamat kelak.
    SYIAH IMAMIYYAH meyakini adanya 12 Imam setelah Rasulullah yang berasal dari Ahlul Bayt nya yang dimulai dari Imam Ali kw, Al-Hasan ra, Al-Husain ra sampai Imam al-Mahdi afs.

    admin :”Jika yang namanya Madzhab Ahlul Bait itu ada dan benar, pasti yang mengikuti madzhab tersebut adalah keturunan Ahlul Bait, yaitu para habaib bukan orang-orang ajam dari Iran.”
    –hanya keturunan ahlulbayt yg ada di indonesia yg mayoritas bermazhab syafi’i namun cb kita lihat keturuna ahlulbayt yg ada di timur tengah, madinah, irak, iran, kuwai, riyadh, bahrain, suriah dll mayoritas bermazhab Syi’ah.
    semoga bermanfaat agar tidak terjadi kesalah pahaman terhadap akidah syi’ah yg apabila tanpa konsep Imamah syi’ah akan tampak sama dengan NU.

    • Avatar Author

      Luqman Firmansyah08/12/2011 at 22:04Reply

      ente yang kacau hai syi’ah

    • Avatar

      hadi09/12/2011 at 03:21Reply

      semua habaib bermadzhab Syafi’i baik yang di luar negeri maupun di indonesia, sebagian yg lain bermadzhab maliki, hanafy, dan hanbaly.

    • Avatar

      Munawir. AS06/09/2012 at 00:09Reply

      Salam,

      Betul Bapak Habib Syiah, Kalau admin. bilang habaib di Indonesia semua NU itu salah besar, jangan kuper lah . .

  2. Avatar

    hadi09/12/2011 at 03:22Reply

    sebagian besar habaib bermadzhab Syafi’i baik yang di luar negeri maupun di indonesia, sebagian yg lain bermadzhab maliki, hanafy, dan hanbaly.

  3. Avatar

    Ulama Su'09/12/2011 at 05:37Reply

    MAaf..Indonesia tanah Sunni Syafi’i. Syiah out..!!!!
    Jangan mengacau di negeri kami

    • Avatar Author

      Luqman Firmansyah09/12/2011 at 08:17Reply

      betul sekali!!

    • Avatar

      Munawir. AS06/09/2012 at 00:14Reply

      Salam Ulama Su’

      Kita sama-sama umat Islam ndak usah saling menyalahkan , saya mohon pelajari lagi dari referensi Syiah, jangan pendapat ulama lain . .

  4. Avatar

    wong islam21/04/2012 at 01:46Reply

    Dari kecil sy beribadah menurut tata cara imam Syafii. saya juga mengikuti thariqat menurut salah satu Syaikh yg sy yakini.
    sudah sering banget sy diklaim pengikut aliran sesat, dicap kafir, bid’ah dll cap serta stempel yg gk enak didengar berkaitan sy mempelajari ilmu tasawuf, padahal saya tidak merubah apa2 juga tidak menambah apa2 serta tidak penah mengklaim buruk siapapun (pengikut thariqot pasti faham) tentu sy jadi bingung, bagian tubuh sy sebelah mana yg sesat ?????
    nah, sy juga dengar bahwa mazhab syiah dianggap sesat, kafir dll, namun sy tidak berani memfonis demikian sebelum benar2 faham dan mengetahui kesesatannya secara jelas, sy takut jika sy keliru memfonis sesat seseorang sebagaimana orang lain telah memfonis sesat kepada saya, maka dalam beberapa bulan terakhir ini selain saya tetap konsen dengan thoriqoh sy, sy belajar tentang syiah, baik dari buku, website, blog, serta ketemu dengan pengamalnya langsung dengan metode kroscek, jadi saya berusaha melihat dari 2 sudut yang berbeda baik dari yg suka mauun yg benci syiah, contoh aja di internet sy rajin membaca (tepatnya mengkaji, membaca, menganalisa, memahami dng teliti ) web anti syiah, banyak sekali contohnya ; eramuslim, syiahindonesia dll, sy juga rajin mempelajari artikel yg pro syiah, banyak juga contohnya; syiahali.wordpress.com dll. kesimpulan saya sampai saat ini justru saya tidak bisa melihat kesesatan syiah, jadi sampai saat ini saya belum berani mengkafirkannya, apalagi menghalalkan darahnya, yg ada hanyalah perbedaan tata cara ibadah, sebagaimana berbedanya cara ibadah saya dengan pengikut mazab hanafi atau maliki atau hambali. itu saja

  5. Avatar

    Maul20/06/2012 at 15:11Reply

    ini mah sama aja mendengarkan pendapat orang amerika tentang agama islam, so pasti jawaban nya melenceng gak sesuai dengan ajarannya alias di jelek2in atau di hujat.
    kalo mau tau syiah itu gimana, ya langsung ke sumbernya ulama2 syiah dong

  6. Avatar

    Ahlusunnah Guardian01/07/2012 at 14:36Reply

    apakah Imam Ja’far itu syiah?

    setahu saya beliau tidak pernahmengakui dirinya syiah..

    beliau hidupsemasa dgn imam abu hanifah ..

    wallahua’lam

  7. Avatar

    Munawir. AS05/09/2012 at 23:55Reply

    Salam Wa Rahmah

    Maaf Bapak-bapak yang berilmu tinggi tolong ndak usah saling menyalahkan satu dengan lainnya, pelajari aja kitab yang ada di Mazhab Syiah Imamiah, jangan referensi dari buku karangan non Syiah. Dan setahu saya di Pekalongan banyak Habib / Sayyid yang syiah. siapa bilang habaib di Indonesia Ahlussunnah semua. Tolong ndak usah saling menyalahkan. Belum tentu yang kita salahkan lebih jelek / salah dari kita.
    Salam

  8. Avatar

    nur bahasyim24/10/2012 at 10:40Reply

    ana mau berpendapat…d kutip dari ceramahnya habib novel bin jindan,,,bahwasanya apabila ada habaib yang mengaku syiah dan tidak menjalankan ahlusunnah wal jamaah ,,,maaf dia bukan habaib,,, yang ngomong ini langsung dari leluluhur nya ba’alawy. sukron ,,, al affu

    • Avatar Author

      Tim Sarkub24/10/2012 at 13:03Reply

      benar.Aqidah Alawiyyin sejak dahulu sampai sekarang aqidah yang diikuti adalah Aqidah Ahlussunnah Waljamaah. Satu aqidah yang berpegang kepada apa-apa yang dikerjakan oleh Rasulullah bersama sahabat-sahabatnya. Mereka menerima aqidah Ahlussunnah tersebut secara sambung menyambung sampai kedatuk mereka baginda Rasulullah saw.

  9. Avatar

    Abu Nawfal19/07/2013 at 22:55Reply

    SYIAH BUKAN ISLAM.

    Jika mereka kuat, mereka akan membantai ahlus sunnah.

  10. Avatar

    Ramadhan Natsir07/05/2014 at 22:47Reply

    syi’ah laknatullah bukanlah Islam, karena memiliki aqidah yang menyimpang dari ajaran Islam yang benar, dengan kata lain syi’ah adalah golongan aliran sesat krn telah melecehkan umat islam dg aqidahnya, seharusnya syi’ah membuat agama baru saja, jangan memakai islam sbgai kedok..

Leave a Reply