Kata Salafi, Bumi itu Datar berdsarkan Alquran, Benarkah???

Kata Salafi, Bumi itu Datar berdsarkan Alquran, Benarkah???Reviewed by Official Sarkubon.This Is Article AboutKata Salafi, Bumi itu Datar berdsarkan Alquran, Benarkah???Bumi itu Bulat, Bukan Datar ! Akhir-akhir ini ada segelintir umat Islam yang berpegang kepada teks Al-Qur’an yang tertulis secara zahirnya saja (tekstual), dan mengklaim bahwa bumi ini datar. Lebih dari itu, tidak tanggung-tanggung, mereka malah berani mengkafirkan orang-orang yang berkeyakinan bahwa bumi ini bulat adanya. Kata mereka orang yang tidak percaya bahwa bumi ini […]
images
Sarkub Share:
Share

Bumi itu Bulat, Bukan Datar !

Akhir-akhir ini ada segelintir umat Islam yang berpegang kepada teks Al-Qur’an yang tertulis secara zahirnya saja (tekstual), dan mengklaim bahwa bumi ini datar. Lebih dari itu, tidak tanggung-tanggung, mereka malah berani mengkafirkan orang-orang yang berkeyakinan bahwa bumi ini bulat adanya. Kata mereka orang yang tidak percaya bahwa bumi ini datar melawan ayat-ayat Al-Qur’an yang telah menjelaskan dengan nyata bahwa bumi ini datar! Persoalan ini menjadi masalah yang sangat serius, karena menyebabkan terjadinya benturan antara percaya kepada science modern atau percaya kepada Al-Qur’an suci yang agung.

Sebagian orang awam lalu mengambil jalan pintas dengan mengikuti segelintir umat yang berfaham bumi itu datar, karena takut terjatuh ke dalam kemurtadan, alias menjadi kafir. Mereka takut dengan ancaman kelompok ini. Apalagi selama ini, sudah terkenal bahwa kelompok ini sangat rajin dan lantang menyerang orang yang tidak sefaham dengan mereka dengan ancaman kafir, murtad, bid’ah dan lain sebagainya, seraya memakai ayat-ayat Al-Quran segala.

Timbul pertanyaan kemudian, benarkah Al-Qur’an bertentangan dengan ilmu science modern ? Jawabnya tegas, tidak mungkin ada pertentangan antara ayat-ayat suci Al-Qur’an dengan ilmu science. Jika pun terjadi pertentangan maka itu terjadi karena dua hal saja. Pertama; ilmu sciencenya yang tidak atau belum mampu mendefinisikan secara tepat, atau kedua; ayat Al-Qur’annya yang difahamkan secara keliru, melenceng, alias tidak tepat!

Selama ini ada beberapa ayat yang oleh para PENGANUT FAHAM BUMI DATAR pakai untuk mendukung argumentasi atas faham mereka, antara lain;

DALIL PERTAMA,

firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam Al-Qur’an surat Al-Hijr: 19, Dan Kami (Allah) telah menghamparkan bumi .”. Nah lihatlah, kata mereka, bukankah ayat ini dengan gamblang telah menjelaskan bahwa bumi itu terhampar, dan tidak dikatakan bulat ! Kemudian mereka pun dengan enteng mengkafirkan semua orang yang berseberangan faham dengan mereka.

DALIL KEDUA,

adalah firman Allah pada surat Al-Baqarah: 22, “Dialah (Allah) yang telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan (firasy) bagimu.”

Memang secara tekstual, bunyi ayat-ayat di atas mengatakan bahwa bumi ini terhampar, seumpama firasy, karpet, atau tempat tidur. Namun, apakah sesederhana itu sajakah memahamkan ayat Al-Qur’an.? Apakah memahamkan al-Qur’an yang agung cukup secara tekstual saja, kemudian mengabaikan arti kontekstualnya ? Kalau demikian, yakni Al-Qur’an hanya difahamkan secara tekstual saja, maka pasti akan hilanglah kehebatan dan keagungan Al-Qur’an itu. Padahal ada banyak ayat suci Al-Qur’an dan hadis yang mendudukkan derajat orang-orang berpengetahuan berada beberapa tingkat di atas orang awam. Dalam hal ini, pemahaman kontekstual jelas memerlukan daya nalar yang lebih tinggi dibandingkan sekedar pemahaman tekstual saja. Dengan demikian, pantaslah kiranya jika Allah dalam Al-Qur’an dan Nabi dalam banyak hadis beliau, memuji dan menyatakan bahwa orang yang berilmu pengetahuan, yang memakai akal dan nalar, memiliki derajat yang tinggi jauh berbeda dengan orang awam.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

89 Responses

  1. Sitiwati28/08/2015 at 00:41Reply

    Assalamualaikum…
    Apa yang membuat Anda begitu yakin bahwa bumi itu bulat dan Al Qur’an tidak bs dipahami secara harafiah ketika menjelaskan bhw bumi itu terhampar datar?
    Apa karena Anda terbiasa melihat foto2 bumi itu bulat yg konon katanya diambil oleh NASA? Kenapa Anda lbh percaya dgn mrk para negara non muslim yg konon mengaku pernah ke ruang angkasa ketimbang mencoba utk memahami kaum muslim yg meyakini bhw bumi itu datar. Sudah byk kajian ilmiah belakangan ini marak dilakukan yg membuktikan bumi itu datar. Lagipula bagaimana Anda bs jelaskan cerita Nabi SAW ttg Baitul Makmur tempat para malaikat sembahyang di langit ke tujuh yg tepat berada di atas Kaabah di Makkah jika bumi itu bulat dan terus berotasi? Islam itu agama yang kaya logika dan akal sehat. Cobalah pahami secara kritis. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua. Wassalam

  2. Alexander Ishak05/11/2015 at 15:02Reply

    Terlalu dipaksain bos artinya/tafsiranya, mana yang lebih paham masalah tafsir alquran nabi dan para salafush shalih atau kita-kita manusia jahil(bodoh)??
    Coba tanya para pelaut dan pilot pesawat terbang, apakah mereka bisa mengelilingi bumi?? Tentu Tidak!! Dan mereka pergi ke suatu tempat akan kembali lagi mengikuti jalur awalnya.. Alhamdulillaah saya membuktikanya, alhamdulillaah saya pelaut.. Tapi jujur aja, saya juga masih syubhat(abu-abu) dengan masalah ini dikarenakan ilmu saya yang masih sedikit.. Tapi saya lebih yakin kepada firman Allaah Ta’ala dan para nabi&rasullnya serta para pengikutnya yang setia.. Wallaahu’alam bish-shawab.. Dan kita harus paham dengan arti kata SALAFI, nabi pernah berkata kepada anaknya Fatimah, sesungguhnya sebaik-baik SALAF bagimu adalah AKU(Rasulullaah),, hati-hati bos maknai arti kata SALAF dan Tuduhanya..

    • Ali02/08/2016 at 10:43Reply

      Terus terang saya tidak percaya bahwa Anda adalahseorang pelaut.

  3. Diaz Kurniawan24/12/2015 at 15:03Reply

    saya seorang muslim
    saya tidak sependapat kalau bumi itu bulat
    bumi itu sebenarnya datar
    ayat2 Allah bukan hanya Al Qur'an , alam pun ayat2 Allah
    lihat lah di ujung lautan , pernah kah anda melihat lengkungan bumi ?

    • Ali02/08/2016 at 10:49Reply

      Anda benar, peristiwa alam juga ayat-ayat (tanda-tanda) Allaah. Jika kita amati perahu layar besar yang mendekat ke pantai, maka yang terlihat pertama adalah ujung atas tiang layar, dan berangsur terlihat bagian bawahnya, jadi tubuh perahu layar tersebut tidak langsung terlihat secara keseluruhan. Inilah yang disebut ayat kauniyah yang menunjukkan bumi bulat.

  4. 'devHyn ELpasha'22/02/2016 at 20:50Reply

    Anda skolah di skolah kristen . . ? Wajar anda percaya bahwa bumi datar. . .
    Coba anda buka youtube. . . banyak percobaaan memasang camera pada roket2 . . .dan terlihat jelas saat roket sampai di atas, hendak jatuh kebawah, , bahwa bumi iti bulat

    • You know who04/07/2016 at 22:26Reply

      Jangan hanya melihat video youtube yg video itu menanyangkan kalau bumi itu bulat dilihat dari roket yg diluncurkan tanpa ada bukti2 dan fakta2 yg akurat, yg mana itu tdak bisa d sangkak lagi, seperti riset dr para ilmuwan, video itu bisa saja editan, saya sarankan pada anda untuk search d youtube dg kata kunci FLAT EARTH 01 sampe FLAT EARTH 06

    • uzumaki25/07/2016 at 08:50Reply

      Kameranya dipasang dengan lensa fish eye jadi objek yang ditangkap seolah-olah terlihat melengkung. dan memang kamera fish eye digunakan untuk mendapatkan wide anggle. jadi kalo bumi yang sebenarnya datar itu terlihat melengkung dengan efek kamera yang dipasang fish eye.

  5. Heri Bayu Sukma26/02/2016 at 00:47Reply

    bumi datar lah bro.. lu percaya qur'an atau ilmu science modern yg di buat2 oleh orang barat yg lu blm cek keabsahannya. lu percaya dia apa qur'an. qur'an selalu benar. dia bisa aja bodohin lu, bohong lu, dan media. emg lu kenal dia..

  6. Heri Bayu Sukma26/02/2016 at 00:51Reply

    'devHyn ELpasha' bener ga tuh bro videonya atau cuma rekayasa org2 yg berduit yg ingin rakyat jd bodoh.. jgn asal komen.. teleti dulu.. dibodohin mau aja lu.. apalagi di bodohinnya cuma lewat video.. hahaha

  7. Diaz Kurniawan26/02/2016 at 01:59Reply

    saya sekolah di MI , MTs , MAN
    apa karena nasa menyatakan bahwa " benar apa yg di katakan Al Qur'an bahwa bumi itu bulat " lantas semua harus percaya gitu .
    ini akhir zaman , banyak kebohongan2 yg di buat menjadi benar , dan sebaliknya , banyak kebenaran2 di buat se olah2 kebohongan yg nyata

  8. Diaz Kurniawan26/02/2016 at 02:52Reply

    kamera yg di di pakai buat percobaan itu kamera fish eye lens ,

    • Enda firmansyah03/03/2016 at 08:45Reply

      mana ayat al qur’an yg menjelaskan bahwa bumi itu bulat

  9. Dicky Dik04/03/2016 at 23:28Reply

    Memahami al Qur'an hanya sebatas dhahirnya saja akan berakibat bertentangan dengan kebenaran ilmu pengetahuan. pemahaman bumi datar sama dengan pemahaman agama nasrani, ketika ditanya apa yang akan terjadi jika seorang berjalan (ke arah timur) sampai batas akhir bumi? gereja menjawab ia akan jatuh ke dalam jurang yang tak terbatas.
    pemahaman bumi ini bulat (sesuai ilmu pengetahuan) berdasar al quran secara implisit.

  10. Dicky Dik04/03/2016 at 23:50Reply

    kalo sekolah hanya di MI Mts MAN itu jangan ikut main di ilmu pengetahuan apalagi di alquran, terlalu rendah bekalnya terlalu tinggi pembahasannya dan dijamin gak nyambung

  11. Fadhil Muhammad Antra10/03/2016 at 02:23Reply

    Subhanallah, alquran adalah mukjizat yang diturunkan kepada nabi muhammad saw untuk seluruh umat dimuka bumi yang keasliannya telah dijamin oleh allah terjaga hingga akhir zaman. Untuk memahami isi alquran pun tidak hanya secara mentah2 yang terdapat di dalam alquran, sesungguhnya untuk penafsiran alquran dibutuhkan ilmu yang mumpuni secara bahasa arab sendiri, memahami asbabun nuzul, dan ga semua orang punya kemampuan seperti itu. Sungguh, allah mahasuci atas apa yang telah kau perbuat.

  12. Zeto Penzom10/03/2016 at 14:00Reply

    Al Quran tuh untuk seluruh umat di Bumi. Kalo berdasarkan argumen Anda, berarti Al Quran gabisa dibaca dan dimengerti sepenuhnya oleh orang yang kurang pintar dong? Sebenarnya Al Quran itu menyampaikan semuanya secara simple dan bisa dimengerti oleh semua manusia, jadi jangan melebih-lebihkan makna ayat Al Quran karena itu sudah diungkapkan secara simple dan konkrit. Sekarang tinggal kita yang mencari ilmu untuk membuktikan bahwa bumi itu datar.

  13. Heri Bayu Sukma11/03/2016 at 12:02Reply

    wah polos banget anda bro kaya yg nulis artikel.. gini ya.. untuk semua ni.. hampir semua ilmu pengetahuan yg beredar mulai dr manusia purba lah.. bumi bulat lah.. gedung wtc lah.. dll.. semua itu hanya rekayasa yg dibuat2 oleh orang2 atau para elit yg ga ingin rakyat jd pinter.. kalo sm antek2 dajjal aja udh ketipu apalagi sama dajjalnya..

  14. Tofa15/06/2016 at 05:04Reply

    entah bumi bulat, datar, lingkarat, kerucut, trapesium, segitiga sembarang, piramid, dsb. sebenarnya bukan menjadi maslah utama. yang terpenting bagi kita sesama muslim adalah selalu meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT. apapun bentuk bumi ini, semua hanya sementara dan akan hancur pada waktunya.

  15. Saya Avenue29/06/2016 at 19:12Reply

    Keluar dri bumi bisa dilakukan dengn cara membuat "lubang" di permukaan bumi jika bumi itu datar.
    Gali deh tu daratan sampek ketemu luar angkasa..dah gtu terjun lu lu pada ke lubang itu pakek baju astronout/cosmonout.

    Slese sudah….
    Sulit buat lubang sedalam dalamny?
    Ya itu urusan lu,gw sih gk peduli lu sanggup ato gk.

  16. Jingga30/06/2016 at 02:14Reply

    Saya Avenue
    Keluar dri bumi bisa dilakukan dengn cara membuat “lubang” di permukaan bumi jika bumi itu datar.
    Gali deh tu daratan sampek ketemu luar angkasa..dah gtu terjun lu lu pada ke lubang itu pakek baju astronout/cosmonout.

    Slese sudah….
    Sulit buat lubang sedalam dalamny?
    Ya itu urusan lu,gw sih gk peduli lu sanggup ato gk.

  17. Muhamad Eko Saputra01/07/2016 at 12:58Reply

    Bumi datar https://goo.gl/YNdNDb

  18. Aswien Oktavian Perdana02/07/2016 at 06:17Reply

    sama aja klo lu mau ke negara lain, klo emang bumi bulat coba bikin lubang di permukaan bumi sampe nembus ke amrika sono hehe…

  19. Anton02/07/2016 at 19:46Reply

    ane justru mulai percaya jika bumi itu datar…why? dari foto2 yang dirilis NASA dan badan astronomi lainya aja bohong…masa bisa poto bentuk galaxy dan dengan jelas letak bumi dimana posisinya…??

    bumi aja yang seuprit aja sampe sekarang masih penuh misteri ini udah ngekplore galaxy bima sakti…bisa dijelaskan?

  20. Chahliansyah03/07/2016 at 13:08Reply

    Dalam quran ayat yg menyatakan secara tegas bahwa bentuk bumi bola tdk ada, justru yg banyak adalah ayat yg menyebut ttg bagaimana bumi dihamparkan dan dibentangka,, perlu penafsiran ulang ttg bumi bola kenyataannya teori bumi bola adalah konspirasi dan pembohongan sains modern demi menguasai dunia, bbrp ulama saudi ada yg tegas2 menyatakan bumi bentuk datar dan bumi sebagai pusat alam semesta, teori bumi boleh terbantahkan secara ilmiah, bisa di lihat di https://youtu.be/asYzxCritAI, https://youtu.be/E9tL-lPsDZM

  21. Abdul Kurniadi04/07/2016 at 01:52Reply

    Terus… apa ada ayat yang secara tegas bilang bumi itu DATAR bro..??? apa menurut ente "dihamparkan" itu berarti "DATAR"..??? saya rasa kalo dari dulu ditafsirkan seperti itu, berarti orang2 dulu bisa dibilang "TOLOL" bro…. masak mereka percaya kalo bumi itu DATAR…??? padahal jelas mereka itu melihat GOA, GUNUNG, JURANG…. yang jelas2 bukan DATAR….. Aneh lo bro…. sekali sekali carter pesawat JET bro… dan suruh jalan LURUS aja terus-menerus, kalo bumi gak bulat, lo pasti dah nyampe ke planet laen….

    • Aura26/07/2016 at 12:02Reply

      Lo naik helikopter aja..mlayang aja diudara..klo bumi bulat berputar pd porosnya…lo tunggu aja putarannya ntar sampai tujuan…ati2 jg naek pswat jet…krn bumi bulat ntar pas sampai lgkungan arah pesawat keluar angkasa

  22. Abdul Kurniadi04/07/2016 at 02:04Reply

    Wadohh….. terlalu NAIF lah jika ada yang menerjemahkan ayat "bumi itu dihamparkan" berarti "BUMI itu DATAR"… dah jelas dibumi itu ada gunung dan jurang, apakah gunung dan jurang itu DATAR..??? itulah makanya bahasa Quran “Dialah (Allah) yang telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan (firasy) bagimu.” Jika ada penjelasan dalam kalimat yang juga menyertakan kata "KARPET" atau "tempat tidur atau tilam", apakah karpet atau tilam itu "DATAR"..? pernahkah anda menggulung karpet.. atau tilam??? atau adakah bahasa lain yang layak menggantikan "HAMPARAN" dalam ayat ini…??? coba bayangkan kalo bahasa Quran itu seperti ini “Dialah (Allah) yang telah menjadikan bumi itu BULAT bagimu.” atau “Dialah (Allah) yang telah menjadikan bumi itu DATAR bagimu.” Saya yakin jika seperti itu bahasanya sudah jelas SALAH, Lagian apa yang terjadi saat Quran diturunkan jika bahasanya seperti itu dimana manusia masih BODOH…??? Itulah bijaknya bahasa Quran. Jadi jika anda menerjemahkan "HAMPARAN" persis dengan "DATAR", itu justru menunjukkan "KEBODOHAN" anda…. karena berarti anda mengatakan kalo Jurang dan Gunung itu juga DATAR…. logika PARAH….

    Nah kalo anda mau membuktikan bahwa BUMI ITU seperti BOLA, coba deh kumpulin duit dan sewa jet biar anda bisa jalan lurus terus mengitari Bumi, nah…. kalo bumi gak bulat, ente pasti nyampe ke Planet LAIN…. GAMPANG TOH….???? makanya KUMPULIN DUIT, JANGAN KUMPULIN OPINI bro……

  23. Abdul Kurniadi04/07/2016 at 02:07Reply

    kalo anda mau membuktikan bahwa BUMI ITU BULAT seperti BOLA, coba deh kumpulin duit dan sewa jet biar anda bisa jalan lurus terus mengitari Bumi, nah…. kalo bumi gak bulat, ente pasti nyampe ke Planet LAIN…. GAMPANG TOH….???? makanya KUMPULIN DUIT, JANGAN KUMPULIN OPINI bro……

  24. Indra nur muhammad04/07/2016 at 09:39Reply

    Yang dibahas bukan bulat
    tapi bola!
    Belajar lagi ruang bangun!
    Kalo bulat itu lingkaran yang datar, itu yang dimaksud!
    tidak berbentuk bola itu yang dimaksud!

    Hanya orang-orang yang berakal tinggi yang bisa membahas ini!
    Karena kamu harus banyak belajar ilmu dari berbagai referensi termasuk ilmu filsafat, seni (visual) dll.
    Kalo ingin membuktikan melalui kendaraan, itu dijaga ketat karena mungkin saja suatu daerah yang kita jangan ketahui terdapat pertambangan, & sumber alam lainnya

  25. Indra Nur Muhammad04/07/2016 at 02:49Reply

    Abdul Kurniadi pemikiran rendah! Alquran gak menuliskan secara detil, yg ada sekarang aja tebal
    Apa kamu mau kalo tebalnya berlipat2 secara detil dibaca ??

  26. Egi Fachrezy04/07/2016 at 05:05Reply

    Abdul Kurniadi datar bukan brarti rata dengan tanah ^^

  27. Cahli04/07/2016 at 12:44Reply

    quran kebenarannya mutlak, kedudukan sains menguatkan kebenaran quran tapi jgn dibalik kaidahnya bahwa quran yg hrs dicocok2an dg sains krn sains msh bisa di perdebatan kecuali yg sdh benar2 menjadi fakta yg telah diuji kebenarannya krn itu quran mustahil bertentangan dg fakta sains, teori bumi datar adalah bantahan thd teori bumi bola, manakah dari kedua teori itu yg sejalan dg quran maka kita tentu akan membenarkannya, teori bumi datar menempatkan bumi sbg pusat alam semesta, menurut teori itu bumi sendiri bentuknya seperti cakram bukan bulat atau telur, matahari bulan dan Planet berputar mengelilingi bumi, sedangkan teori bumi bola menempatkan bumi hanya salah satu Planet kecil, pusat tatasurya adalah matahari dan jutaan bintang lain yg menempatkan bumi seperti satu titik kecil tak berarti, setelah di uji kebenaran dg standar ilmiah justru teori bumi datar yg lebih mendekati kebenaran, dan itu menguatkan kebenaran quran yg menempatkan bumi pada kedudukan yg utama dialam semesta, banyak ayat yg menyandingkan penyebutan penciptaan langit dan bumi sering bersamaan, luasx surga seluas langit dan bumi, kepunyaan Allah apa yg ada di langit dan bumi, simak videox insyallah kita akan tercerahkan, https://youtu.be/asYzxCritAI wallahu a’lam bisshowab

  28. Donny Sadono04/07/2016 at 05:54Reply

    Coba cek http://www.youtube.com/watch?v=E9tL-lPsDZM&list=PLe9AesU9vkROul7AqtDUahX7iD7N5gXAq

    Dan video2 selanjutnya bro… Opininya luar biasa… Bumi itu datar..

  29. Kiblat Ahmad04/07/2016 at 15:18Reply

    Hey abdul kurniadi, mungkin video ini bisa menjawab pertanyaan mu selama ini, bahwa apa yg ada di ujung bumi, kalau emg bumi itu datar, apakah sampe ke planet lain atau nggak,, ini dia video nya https://m.youtube.com/watch?v=8UKLHNs5WT8

    Di harapkan untuk menonton dulu baru nanti kasih pendapat sepuasnya, dan klok emg abdul beranggapan bahwa bumi itu bulat, maka kami minta pada abdul untuk memberikan bukti dan fakta yg akurat

    Di sarankan untuk search di youtube "Flat Earth 01 sampe Flat Earth 06"

    Thanks

  30. Kiblat Ahmad04/07/2016 at 21:03Reply

    Siapa bilang Al Qur'an tidak mengatakan bahwa "bumi itu datar"

    Coba cek (QS : Al kahfi (18) – 47) d katakan bahwasannya
    "Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung[2] dan engkau akan melihat Bumi itu Datar dan Kami kumpulkan mereka (seluruh manusia), dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka."

    Masih ada yg perlu d ragukan kah????

  31. Tedy Sanjaya05/07/2016 at 04:18Reply

    Abdul Kurniadi ada mas, silakan buka Surah Al-Kahfi ayat 47.

  32. Abdul Kurniadi05/07/2016 at 11:09Reply

    Kiblat Ahmad, Mungkin ini pertanyaan konyol buat anda, tapi mohon dijawab dengan logika… jika menurut anda bumi itu datar, dan jika ada sumber cahaya di atas dataran tersebut, menurut anda cahayanya dapat menerangi seluruh dataran itu atau tidak…???

  33. Abdul Kurniadi05/07/2016 at 11:11Reply

    Donny Sadono, itu cuma opini…. coba deh jawab pertanyaan konyol ini… jika menurut anda bumi itu datar, dan jika ada sumber cahaya di atas dataran tersebut, menurut anda cahayanya dapat menerangi seluruh dataran itu atau tidak…???

  34. Alkar Bee Milalka05/07/2016 at 15:00Reply

    Abdul Kurniadi : klo di lihat semua komenmu, saya kira anda yg kurang berpikir.

  35. Abdul Kurniadi05/07/2016 at 18:15Reply

    Egi Fachrezy, berarti kalo hamparan bukan berarti flat dunk..?? dan kenapa pula tidak menggunakan kalimat seperti di surat Al-Kahfi ayat 47 yang kebetulan di kasi tau ama om Tedy Sanjaya… Maaf om.. surat Al-Kahfi yang om maksud itu menurut saya bahwa Allah akan menghilangkan gunung2 sehingga bumi terlihat rata oleh kita (bumi bagaikan padang yang luas) dalam konteks ini saya menggunakan kata rata bukan datar karena kalau saya gunakan kata datar katanya bukan berarti rata dengan tanah… 🙂

    Trus… jika saudara2 mengatakan bumi itu datar (flat), pertanyaan saya, jika ada sumber cahaya berada diatas benda yang flat, bagaimana cahaya tersebut seharusnya menyebar..??? bisakah sebgaian permukaan yang hanya menerima cahaya tersebut..???

  36. Abdul Kurniadi05/07/2016 at 18:24Reply

    Maaf om.. surat Al-Kahfi yang om maksud itu menurut saya bahwa Allah akan menghilangkan gunung2 sehingga bumi terlihat rata oleh kita (bumi bagaikan padang yang luas) dalam konteks ini "penglihatan" kita yang akan melihat bumi tersebut rata… sama halnya jika om melihat rel kereta api dari kejauhan yang terlihat seakan2 satu… kemudian, mengapa ayat yang menyatakan "bumi itu dihamparkan" pada surah Al-Baqarah tidak menggunakan kalimat / kata yang sama pada surah Al-Kahfi untuk menyatakan bumi itu datar…??

    Saya belum percaya jika bumi ini datar kecuali jika om bisa menjelaskan dengan saya bagaimana bisa cahaya matahari yang berada diatas permukaan yang datar tapi tidak menerangi bumi sekali gus…???

  37. Abdul Kurniadi05/07/2016 at 19:24Reply

    Alkar Bee Milalka ya mungkin… tapi apakah anda sudah lebih berpikir ketimbang saya..??? coba saja jawab pertanyaan saya diatas dan coba anda jelaskan mengapa matahari tidak dapat dilihat menggunakan teleskop di malam hari, padahal matahari sumber cahaya lo… Coba anda amati pesawat yg terbang pada malam hari, berapa ketinggiannya dan coba anda ukur lumen cahaya blitznya saat pesawat tersebut mendarat, kemudian anda ukur lumen cahaya matahari disiang hari, trus lu bandingin dan pake rumus anda kira2 berapa watt sumber energi matahari sehingga dia malu memberikan cahayanya kesebagian bumi jika menurut anda bumi itu datar…???

    Yah… Quran menyuruh kita berfikir, bahkan kata-kata disuruh berfikir didalam Quran itu lebih banyak ketimbang disuruh ibadah… jadi seharusnya jika anda merasa sudah lebih banyak berfikir, anda seharusnya bisa menjawabnya pertanyaan saya dengan gampang dan logika, bukannya memberi jawaban seperti orang yang gak bisa berpikir dong…

  38. EWo Yeokuze08/07/2016 at 01:58Reply

    Abdul Kurniadi
    Matahari itu lbih kcil dr bumi..jadi modelny kaya lampu mercusuar..ada yg trkena terang ada yg tidak..
    Buktiny klo naik pesawat saat malam hari..matahari selalu klihatan.walau cahayany tdk trlalu terang karna faktor jarak

  39. EWo Yeokuze08/07/2016 at 01:58Reply

    Abdul Kurniadi
    Matahari itu lbih kcil dr bumi..jadi modelny kaya lampu mercusuar..ada yg trkena terang ada yg tidak..
    Buktiny klo naik pesawat saat malam hari..matahari selalu klihatan.walau cahayany tdk trlalu terang karna faktor jarak

  40. Vidd Kuswara08/07/2016 at 04:58Reply

    Bumi itu datar brad dalam Al Quran juga sudah di paparkan,…

  41. Kiblat Ahmad08/07/2016 at 09:00Reply

    Abdul Kurniadi lebih baik anda banyak baca dan banyak mencari referensi, apakah anda belum pernah mencari terlebih dahulu sebelum bertanya, biasakan mencari terlebih dahulu sebelum bertanya,, apakah anda sudah melihat video ny, saya yakin anda belum, lebih baik anda tonton dulu video ny,, setelah itu anda momen sepuas2nya,, dan satu lgi, klok emg anda yakin klau bumi itu bulat, sebutkan satu bukti klau bumi itu bulat berdasarkan ayat alquran, fakta sains d alam semesta, serta video yg menyatakan kalau bumi bulat,, utk ayat alquran bukan berupa bentuk penafsiran beberapa ulama, karena penafsiran tdak bisa d jadikan landasan berargumen,, tlg d jawab tantangan nya

  42. Kiblat Ahmad08/07/2016 at 09:10Reply

    Abdul Kurniadi tidak, bukan begitu, kau salah mengartikan, d ayat tersebut tdak d sebutkan kalau itu terlihat, terlihat artinya "kelihatannya", yg artinya "sebenarnya tdak kelihatannya begitu",, d ayat tesebut d katakan "dan engkau AKAN MELIHAT Bumi itu Datar",, Akan Melihat d sini artinya, PASTI MELIHAT bahwa Bumi itu Datar, sekalipun gunung dan yg lainnya sudah d ratakan ke tanah,, bukankah akan lebih mudah melihat bahwa bumi itu datar setelah d ratakan ny gunung2 ke tanah d banding sebelum d ratakan???

    Maka dri itu, kita tdak akan bisa menggunakan tafsir/pendapat suatu ayat sebagai landasan berargumen, karena tafsir itu pasti berbeda satu sama lain, seperti punya mu dan punya ku, kita mempunyai perbedaan penafsiran karen sudut pandang kita berbeda, maka dri itu, coba kamu berikan saya satu ayat alquran saja yg menyatakan bahwa bumi itu Bulat, bukan dri penafsiran, tpi dr ayat ny, bisa kah kau membuktikannya???

  43. Kiblat Ahmad08/07/2016 at 09:14Reply

    Abdul Kurniadi video ini akan menjawab pertanyaan mu

    https://flatearth101.wordpress.com/portfolio/episode-04-gerhana-dan-horison/

    Simak dengan baik, thanks

  44. Kiblat Ahmad08/07/2016 at 09:18Reply

    Abdul Kurniadi kalau anda tidak bisa membuktikannya berdasarkan ayat alquran, bisakah anda membuktikanny berdasarkan fakta sains dan video yg memperkuat pembuktian anda???

  45. Ams Knalpot10/07/2016 at 06:13Reply

    nasa itu pembohong nasa itu tidak pernah keluarangkasa semua foto itu palsu.jika kamu tidak percaya bukalah youtube konspirasi bumi datar kalian akan percaya dengan alquran yg menyebutkan bumi itu datar

  46. Ams Knalpot10/07/2016 at 06:17Reply

    knp peta jaman dulu datar dari pelajaran sd peta itu datar.satelit itu tidak ada. kalo ada kenapa saya lihat dari teleskop satelit tidak terlihat sama sekali katanya satelit ada 3000 knp tidak terlihat sama sekali.sinyal itu karena adanya tower. jika satelit ada knp dipuncak gunung kita yg tinggi tidak ada sinyal pikir dengam logika. sekolah dong jangan buat pacran doang.

    • Bango14/07/2016 at 16:48Reply

      sinyal untuk tranmisi satelit berbeda dengan sinyal transmisi tower di bumi, mungkin yang Anda maksud gadget Anda tidak dapat menerima sinyal di puncak gunung ? Kalo memang iya, memang benar gagdet kita hanya dapat menerima sinyal GSM yaitu kisaran 800 Mhz sampai 2300 Mhz. Nah sedangkan untuk komunkikasi transmisi satelit menggunakan frekuensi sekitaran 3 – 2000 Ghz.

  47. Abdul Kurniadi10/07/2016 at 17:25Reply

    Kiblat Ahmad, saya juga tidak mendapatkan ayat di Quran yang jelas2 menyatakan bumi itu datar, tapi kalianlah yang menafsirkan bumi itu datar tanpa memikirkannya dengan benar, padahal quran menyuruh kita untuk berfikir, dan justru setelah melihat video tersebutlah saya menjadi makin yakin bahwa pemikiran kalian hanya berusaha membenarkan apa yang kalian pikirkan, dan bukan mencari kebenaran sesungguhnya dari ayat2 Quran, lihat saja matahari diibaratkan dengan lampu jalan buatan manusia yang menggunakan kap, namun jika pun demikian cobalah gunakan akal dan hitung perbandingan lumennya, dengan begitu harusnya kalian bisa tau berapa ketinggian matahari sehingga cahayanya tidak mencairkan kutub utara sebagai pusat bumi dan kutub selatan sebagai batas luar bumi jika bumi itu datar… sedangkan ayat2 yang kalian berikan sebagai dalil bumi itu datar juga tidaklah absolut karena memang ayat Quran itu akan bermakna bagi orang2 yang berfikir, dan itu merupakan penafsiran kalian. Untuk ayat di surat Al-Kahfi, itu sesuai dengan yang digambarkan oleh Rasul dimana kondisi pada saat hari kiamat matahari akan menyinari seluruh dataran bumi dan panasnya bagaikan matahari berjarak hanya sejengkal diatas kepala, bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi…??? Kalau pendapat saya pada saat itulah kita melihat bumi seakan datar atau mungkin menjadi datar dengan kuasa Allah dimana gunung2 dibuatnya berjalan dalam prosesnya, es mencair sehingga bumi menjadi lautan dan dataran akan menjadi sedikit atau hanya menjadi satu pulau dimana semua orang dikumpulkan disitu dan bumi berhenti berputar… itulah mungkin yang membedakan HARI AKHIR… ini hanyalah penafsiran saya, dan saya juga akan menerima jika ada yang bisa memberikan penafsirannya berdasarkan pemikirannya yang bisa diterima akal, karena Allah memerintahkan kita untuk menggunakan akal kita untuk berfikir… jadi mulailah memberikan jawaban atas pemikiran2 anda mengenai tafsiran Quran tersebut sehingga kita tidak terjebak dengan mengabaikan ayat2 lainnya.

  48. Phaul11/07/2016 at 08:43Reply

    surah yasin 38-40… dan matahar yang berjalan di peredarannya… dst…

    di ayat ini nyata mengatakan matahari yang mengitari bumi

    konsep ini sama dgn yg di jelaskan oleh kelompok yang mengatakan bumi ini datar….

    apakah sang penulis mau membenarkan klo bumi yang mengitari matahari???

  49. Phaul11/07/2016 at 08:56Reply

    terkadang kita melihat bumi di dasarkan pada apa yg telah kita ketahui/ di peroleh. ketika yang kita dapat tentang bumi hanya terdiri dari 7 benua, maka yang akan tertanam di kepala kita, bumi hanya terdiri 7 benua saja.

    tapi pernahkah kita mencoba beraumsi kemudian mencoba meneliti sendiri??

    para pemikiran kelompok analis yang mengatakan bumi itu datar menjelaskan bahwa, tidak menutup kemungkinan selain benua yang telah ada ( asia, amerika, afrika, australia,eropa, kutub utara dan selatan), masih ada lagi benua/ pulau2 di luar dari yang kita ketahui saat ini. mereka berpendapat bahwa, di balik tebing ( kutub) atlantik selatan masih ada benua/pulau yang layak untuk di huni. tapi sayang hal ini tidak dapat di tindak lanjuti ( di riset) di karenakan di halang-halangi oleh negara adi daya….

    artinya bisa jadi jika benar bumi itu datar, besar kemungkinan, bumi tak sekecil yang kita kira…..

  50. Phaul11/07/2016 at 08:59Reply

    Abdul Kurniadi : matahari tidak sebesar yang kau bayangkan
    , sebaiknya di tonton aja dulu vidio analisisnya mereka bayak di youtobe, cari aja yang bahasa indonesia… semua pertanyaanmu akan terjawab….

  51. Metana Handayanto11/07/2016 at 10:38Reply

    Lupakah anda dengan TV parabola jaman dulu ??? adakah antena parabola yang mengarah horizontal/ kearah tower??
    gelombang yang dipakai antena parabola merupakan gelombang UHF yang tidak bisa dipantulkan oleh atmosfir.

  52. Metana Handayanto11/07/2016 at 10:49Reply

    Tentu saja yang paling kebakaran jenggotnya ya orang-orang saudi. jika ternyata bumi memang bulat artinya kenyataan ini tidak sesuai dengan alqur'an, maka manusia akan menganggap alqur'an bukan dari Tuhan, jika sudah begitu tentu saja yang dikawatirkan akan banyak yang tidak lagi percaya dengan islam dan akibatnya pengurangan secara drastis orang melakukan haji, ini akan sangat mengancam perekonomian arab saudi. Jika hanya dari minyak saja tentu arab saudi tidak akan semakmur sekarang.

  53. Markus Piter Yesaya12/07/2016 at 10:29Reply

    Bro Abdul Kurniadi , mungkin selama ini anda berpikir bahwa Mathari jauh lebih besar daripada Bumi. Dan jarak Matahari 93 jt mil dari bumi sehingga dengan jarak dan ukuran besarnya matahari tsb ketika bumi datar maka bumi akan terang terus menerus tanpa ada malam hari.
    Tapi teori konspirasi bumi datar itu menjelaskan secara detail bagaimana bentuk matahari, jarak matahari, bagaiman anda bisa balik lagi ke tempat semula ketika anda berjalan secara kontinyu. Masih bnyk lagi kawan.
    Semuanya jelas termasuk pembantahan teori gravitasi selama ini yg kita anut.
    Mungkin bisa di tonton videonya seperti yang di sarankan teman2.

  54. Markus Piter Yesaya12/07/2016 at 10:30Reply

    Abdul Kurniadi dengan itu sy percaya bahwa bumi itu datar

  55. Virga Pramudya12/07/2016 at 13:57Reply

    Bumi Datar tdk bertentangan dengan Al Quran

    Coba diliat dulu sampai habis playlistnya dan jangan Skeptis ya..

    • sony17/07/2016 at 23:14Reply

      Haha termakan dengan video flat earth.. Padahal Kalian sndiri ga tau FLAT EARTH SOCIETY didirikan sama siapa, dan kalian sndiri gak lihat apa tujuan Pembuatan video tsb.. Saran saya jgn langsung percaya, apalagi videonya menampilkan animasi2 gitu wkwk
      Nih bantahan nya http://www.mystupidtheory.com/ baca aja bantahan tuh 1-7 ..

  56. Donny Sadono12/07/2016 at 23:45Reply

    Udah liat video2 diatas belum bung @abdulkurniadi , pertanyaan konyolnya dijawab sama opini mereka.. Kita tidak boleh jg ambil kesimpulan bumi itu datar, krn itu cuma opini… Hehe.. Piss mas bro..

  57. Abdul Kurniadi13/07/2016 at 02:39Reply

    Markus Piter Yesaya, itulah makanya saya pengen membahas berapa jarak, diameter dan daya atau lumen cahaya matahari secara science jika menurut anda bumi itu datar, bukan penjelasan secara imajinasi yang saya kira tidak dapat dipertanggungjawabkan. Cahaya lampu mobil saja dapat anda lihat dengan mata telanjang dari kejauhan sekitar 50Km lebih, apalagi jika disekitar tempat anda melihatnya tidak ada cahaya atau gelap, bahkan jika anda naik pesawat dimalam hari, anda dapat melihat cahaya lampu yang intensitasnya hanya beberapa ribu lumen saja hingga ratusan kilometer… so, menurut anda gimana dengan matahari..?? berapa lumen intensitas cahayanya, berapa jaraknya dari bumi, dan berapa besar diameternya…?? kalau bumi itu datar harusnya gak sulit menghitungnya, karena anda tau berapa luas permukaan bumi yang terkena sinar matahari pada satu saat. Oh iya, satu lagi berapa pula jarak antara matahari terhadap bulan dan bulan terhadap bumi, dimana pantulan cahaya matahari saja mampu membuat kita melihat bulan dengan jelas, mohon penjelasannya, terimakasih.

  58. Taufik Hidayatullah13/07/2016 at 18:36Reply

    Abdul Kurniadi kita bisa buktikan lewat balon terbang buat ultah itu loh, siap kan balon panjang memanjang dari barat ke timur, taro balon di kotak kaca panjang tanpa ada angin, diamkan selama sehari. jika balon nya bergerak ke timur, saya akan percaya bahwa bumi berotasi dan bulat.
    saya sudah tes hasil nya.. coba lah anda coba sendiri. untuk pembuktian apakah bumi berotasi..
    gampang kan.

  59. Kamsiri Sobirin13/07/2016 at 22:38Reply

    dengan kalimat Allohua'lam bishshowab, menandakan bahwa bumi itu datar atau bulat, membuktikan bahwa dirinya mengaku bodoh semua di hadapan Alloh sebhanahuwata'ala.

  60. Abdullah17/07/2016 at 20:19Reply

    Ilmuan Eropa, Galileo Galilei (1546-1642) mengatakan dengan tegas bahwa bumi berbentuk bulat. Pernyataannya ini oleh otoritas Gereja dianggap menyimpang sehingga dia harus dihadapkan pada hukuman mati.

    Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebenaran pernyataan Galileo tersebut pun semakin jelas. Belakangan, tak sedikit orang yang beranggapan bahwa dialah orang pertama yang menemukan teori bulatnya bumi.

    Bagaimana Pendapat Ulama Islam?
    Sebenarnya jauh-jauh sebelum Galileo, sudah banyak ulama dan ilmuan yang mengatakan bahwa pelanet bumi ini berbentuk bulat.

    Lebih jelasnya mari kita lihat beberapa perkataan ulama Islam berikut ini:
    Ilmuan Islam, Ibnu Khaldun (1332 – 1406 M / 732H – 808 H): “Ketahuilah, sudah jelas di kitab-kitab para ilmuan dan peneliti tentang alam bahwa bumi berbentuk bumi….” (Muqaddimah Ibnu Khaldun, Kairo).

    Ulama Islam, Ibnu Taimiyah (1263-1328 M): “Ketahuilah, bahwa mereka (para ulama) sepakat bahwa bumi berbentuk bulat. Yang ada di bawah bumi hanyalah tengah. Dan paling bawahnya adalah pusat….” (Al-Jawab Ash-Shahih li Man Baddala Din Al-Masih).
    Bagi Qazuaini (seorang ilmuan), salah satu bukti bumi berbentuk bulat adalah bintang-bintang dan planet-planet yang berbentuk bulat (Atsar Al-Bilad wa Akhbar Al-Bilad).

    Selain mereka, masih banyak ilmuan dan ulama Islam klasik yang menyebutkan di dalam bukunya bahwa bumi berbentuk bulat. Di antara buku tersebut adalah:
    1. Muruj Al-Dzahab wa Ma’adin Al-Jauhar, oleh Mas’udi Ali Husain Ali bin Husain (w. 346 H).
    2. Ahsan Taqasim fi Ma’rifah Al-Aqalim, oleh Al-Maqdisi (w. 375 H)
    3. Kitab Shurah Al-Ardh, oleh Ibnu Hauqal
    4. Al-Masalik wa Al-Mamalik, oleh Al-Ishthikhry
    5. Ruh Al-Ma’ani, oleh Imam Al-Alusi (ulama tafsir Al-Qur’an)
    6. Mafatih Al-Ghaib, oleh Fakhru Ar-Razi (ulama tafsir Al-Qur’an)
    Dan lain-lain.

    Apakah Pendapat Mereka Bertentangan dengan Al-Qur’an?
    Tentu saja tidak. Justru Dr. Hadi bin Mar’i dalam bukunya “Mausu’ah Al-Ilmiyah fi I’jaz Al-Qur’anul Karim” (Penerbit Attawfiqiah, Kairo) mengambil dalil bumi berbentuk bulat dari isyarat Al-Qur’an. Demikian juga para ahli tafsir lainnya. Salah satu isyarat tersebut terdapat dalam QS. Az-Zumar ayat 5:

    خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِالْحَقِّ يُكَوِّرُ اللَّيْلَ عَلَى النَّهَارِ وَيُكَوِّرُ النَّهَارَ عَلَى اللَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ يَجْرِي لِأَجَلٍ مُسَمًّى أَلَا هُوَ الْعَزِيزُ الْغَفَّارُ

    “Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar. Dia memasukkan malam atas siang dan memasukkan siang atas malam dan menundukan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah! Dialah Yang Mahamulia, Maha Pengampun.” (Al-Qur’an terjemahan Pena Pundi Aksara).

    Bagaimana dengan QS. Qaf: 7, QS. Nuh: 19-20, dan QS. Az-Zukhruf: 10? Beberapa kalangan awam yang hanya berpatokan pada Al-Qur’an terjemahan, ayat-ayat tersebut sering disalahpahami dan dijadikan dalil bahwa bumi di dalam Al-Qur’an berbentuk datar ibarat meja. Sementara para ahli tafsir yang notabenenya lebih paham dengan makna dan isyarat-isyarat bahasa Arab tidak mengatakan seperti itu. Bagi mereka ayat-ayat tersebut lebih menunjukkan bahwa Allah SWT menciptakan bumi sebagai tempat kehidupan yang sesuai; manusia bisa berjalan di atasnya dengan seimbang, bercocok tanam, beternak, melakukan aktivitas dan lain sebagainya.
    Wallahu a’lam….

  61. Abdullah17/07/2016 at 20:29Reply

    Saya baca pendapat ulama wahabi kok beda ya ?? Monggo di simak dan di loloskan komentar ini..
    —————
    https://muslim.or.id/28368-apakah-bumi-bulat-bola-atau-datar-menurut-pandangan-syariat.html

  62. Ibadzig19/07/2016 at 10:19Reply

    Waktu haman nabi . Semua orang berpndapat bahwa bumi datar … lalu bagaimana jika tuhan menurunkan ayat dengan gabkang bahwa bumi bulat …. apa orang orang pada waktu itu akan mengikuti ajaran nabi ???? Lagi pula bulat atau datarnya bumi tidak berpengaruh dengan amal dan bekal menuju kampung akhirat nanti ???? Mari bersama dalam islam ….

  63. Ahmad21/07/2016 at 18:42Reply

    saya setuju dengan yang menyatakan bahwa ini bukan masalah aqidah, sehingga tidak harus saling manganggap kafir (naudzubillah) satu sama lain.
    saya sendiri ikut pendapat bahwa bumi bulat dengan alasan: “ilmu falak untuk perhitungan (hisab) waktu sholat, arah kiblat dan datangnya awal bulan hijriah dilakukan dengan pedoman bumi, bulan dan matahari bulat dengan rotasi dan evolusinya masing2, dan sejauh ini akurasinya cukup bisa dipercaya”. wallahu a’lam….

  64. krisby22/07/2016 at 09:35Reply

    Masya Allah ternyata masih banyak orang bodoh di indonesia

  65. krisby27/07/2016 at 07:56Reply

    Abdul kurniadi itu non Muslim jangan Berdebat Dengan Non Muslim

  66. Tim Sarkub

    Tim Sarkub27/07/2016 at 12:27Reply

    Uhui test link Klik ya

  67. Tim Sarkub

    Tim Sarkub27/07/2016 at 12:30Reply

    Uhui test link lagi non NU Test link non NU

  68. agra30/07/2016 at 09:37Reply

    yg jelas, alquran tidak mungkin salah. pengetahuan manusia hanya setetes air di tengah lautan

  69. Sumitro tegela30/07/2016 at 14:46Reply

    Al quran benar bahwa bumi di hamparkan..!..bumi terasa bulat karena rotasi matahari dan bulan mengelilingi bumi..bumi adalah pusat tata surya! Otak kita di bohongi oleh konspirasi barat..silahkan anda buktikan sendiri…! Sungguh manusia tidak dapat menembus penjuru langit dan bumi melainkan dengan kekuatan..tapi sayang manusia lemah..luas langit sperti halnya luas bumi..jika manusia mengelilingi hamparan bumi mengikuti putaran matahari manusia akan mendapatkan kehidupan..tapi jika manusia melawan arah rotasi matahari mengelilingi bumi jangan harap akan kembali pasti akan tersesat untuk selamanya…bumi yang di huni manusia di gambarkan seperti putaran ka bah…sama halnya tata surya berputar mengelilingi bumi..karena kelak di hari kiamat nanti bintang bintang akan berjatuhan (jatuh di bumi)..bumi itu luas seperti halnya luasnya langit…dan tidak bulat..subhanallah…

  70. ahmad04/08/2016 at 12:57Reply

    kalau bumi memang datar, berarti konsep ilmu falak selama ini salah? formula ilmu falak untuk mengetahui jam2 waktu sholat, arah kiblat dan datang nya bulan hijriah harus dirombak kah?

  71. Apple12308/08/2016 at 11:25Reply

    Klu di bagavat gita dan bagavat purana dijelaskan ada ribuan alam semesta dan di setiap alam semesta ada milyaran planet, dan palnet2 itu bagaikan manik2 atau bulat,

  72. Eko santoso12/08/2016 at 14:26Reply

    yang bilang bumi datar baca ini dulu http://www.mystupidtheory.com/2016/07/teori-bumi-datar-apa-yang-dilakukan.html

  73. dani20/08/2016 at 15:14Reply

    fitnah sekali, di alquran menjelaskan bahwa bumi itu bulan… “dihamparkan bagimu” disini konteksnya serasa datar

  74. Ghina25/08/2016 at 11:52Reply

    Sy lagi dimadinah sedang menjalankan ibadah 2016, disamping masjid Nabawi ada pameran Asmaul Husnah, disitu ada video yg menggambarkan ttg planet, galaxi termasuk bumi. Semua digambarkan dg sangat jelas bentuknya yaitu bulat, bagimana beredarnya seluruh planet. Ternyata bumi sangat kecil dibandingkan yg lain. Allahuakbar Allah Maha besar, baru tersadar bhw bumi sangat kecil, apalagi kita.

  75. Kroos25/08/2016 at 20:07Reply

    bagaimana jika bumi ini benar benar datar. Apakah para ulama yang menentang bumi datar dan selalu ngotot kalau kata Al-Quran bumi itu bulat akan merasa malu karena telah jatuh pada tipu daya sains modern ? Kebanyakan Ilmuwan sains modern adalah atheis, dia menganggap ilmu pengetahuan lah Tuhan mereka. Jadi apakah masih ingin mengikuti sains modern yang notabene para Ilmuwan nya atheis, bahkan menurut sains modern peristiwa Big Bang bisa terjadi tanpa adanya Tuhan. Ilmuwan muslim Ibn Sina juga mengatakan bahwa bumi itu solid but transparent sphere. Bumi itu berbentuk datar dan ditutup oleh langit berbentuk celestial (kubah). Soal horison, misal kapal berada di laut saat mendekati tepian yang terlihat oleh kita adalah bagian atasnya dahulu kemudian berangsur angsur bagian bawah kapal terlihat yang menunjukkan bukti bahwa bumi itu melengkung itu adalah salah. Horison tercipta karena perspektif pandangan kita, coba anda lihat dengan kamera berlensa ‘wow’ yang bisa memperbesar gambar hingga puluhan kilo jauhnya, kapal akan terlihat seutuhnya. Kapal terlihat bagian atasnya di horison hanya karena perspektif pandangan kita, pandangan kita terbatas tidak bisa melihat sampai sejauh itu. Soal foto yang bumi itu melengkung waktu diambil dari atas itu karena menggunakan fish eye lens.

  76. Armadhani Rizky Sofwandhi04/09/2016 at 14:26Reply

    Mungkin bisa sedikit membantu abdul kurniadi…… Saya seorang muslim tapi saya akan kasih praktikum yang anda minta…… Coba ajak teman anda (2 orang) pergi ke tempat yang sangat gelap dan tidak ada sumber cahaya lain (di luar ruangan mungkin bisa ke padang rumput di malam hari, suruh teman anda membawa bola lampu tanpa penutup apapun…… Saat bola lampu itu menyala suruh teman anda menjauhkan lampu itu dari anda paling jauh 1km, setelah itu apa yang anda lihat ? Apakah cahaya itu dapat menyinari anda ? Atau melihat seperti bintang ? Ini masalah prespektif dan kapasitas mata kita yang diciptakan alloh secara terbatas….. Jangan berfikir jika bumi datar itu sempit, coba saja hitung keliling equator lalu cari jari2ny trus kali 2 d cari lagi keliling yang kedua, anda akan tahu seberapa jauh matahari di seberang utara kita…… Apa anda bisa melihatnya atau nampak seperti bintang ?

    Teruma kasih atas waktunya, sodara abdul kurniadi jika anda bisa melakukan percobaan saya tadi, syukur alhamdulillah…… Tapi jika anda membantah dengan emosi, berarti banyak2lah berdoa agar dijauhkan dari syetan sang penfgoda ulung

    • Abdul Kurniadi21/10/2016 at 00:06Reply

      Maaf ya mas, sudahkah percobaan itu mas lakukan…?? jika sudah, maka pertanyaannya, sudahkah anda ukur besar lumen cahaya dari bola lampu tersebut dengan jarak 1 meter? kalau sudah berapa lumennya?, kemudian sudahkah diukur lumennya pada jarak 50 meter dan berapa lumennya?, kemudian sudahkah diukur lumennya pada jarak 100 meter dan berapa lumennya?, selanjutnya anda bisa menghitungnya berapa jauh jangkauan cahaya tersebut, jadi gak perlu sampe 1 km mas. Kalau perlu tambahkan lagi beberapa sample… kemudian esok siangnya silahkan ukur besar lumen cahaya matahari, biala perlu saat mendung saja, dimana cahaya matahari berarti terhalang oleh awan, kemudian hitung dengan menggunakan perbandingan percobaan tadi, berapa jarak matahari berdasarkan perhitungan tersebut…??? silahkan mas dibuat percobaannya dan jabarkan dengan angka-angka… terimakasih…

  77. Ruhban12/09/2016 at 01:08Reply

    Alquran bukan untuk orang pintar atau bodoh, alquran untuk orang yang beriman. Jangan menganggap diri anda pintar dan punya derajat, dengan memberikan tafsir tersendiri.

  78. bagir alkaff05/10/2016 at 11:39Reply

    https://www.youtube.com/shared?ci=bRLDMomG7HU

  79. bumi memang bulat30/10/2016 at 23:27Reply

    Berkata Imam Ibnu Hazm : Kita katakan kepada orang yang tidak memahami masalah ini : Bukankah Allah mewajikan kepada kita untuk shalat Dzuhur apabila matahari telah bergeser ke arah barat (zawal)? Pasti dia akan menjawab : Ya. Lalu tanyakan kepadanya tentang makna bergesernya matahari ke arah barat, pasti jawabannya adalah bahwa matahari telah berpindah dari tempat pertengahan jarak antara waktu terbitnya dengan waktu tenggelamnya, dan ini terjadi di semua waktu dan semua tempat. Maka orang yang mengatakan bahwa bumi itu datar dan tidak bulat dia harus mengatakan bahwa orang yang tinggal di daerah bumi paling timur harus shalat Dhuhur saat matahari barusan terbit, juga orang yang tinggal di daerah paling barat tidak menjalankan shalat Dhuhur kecuali di pengunjung siang dan ini adalah sesuatu yang sudah keluar dari ketetapan syariat Islam [Lihat Al-Fishal 2/87 dengan diringkas)

    Adapun firman Allah. Artinya : Dan bumi bagaimana dihamparkan? {Al-Ghasyiyah [88] : 20] Ayat ini sama sekali tidak menunjukkan bahwa bumi itu datar, karena sebuah benda yang bulat kalau semakin besar, maka akan semakin tidak kelihatan bulatnya dan akan nampak seperti datar. [Lihat Hidayatul Hairan Fi Masalatid Daurah oleh Syaikh Abdul karim Al-Humaid hal. 56]

    BUMI ITU BULAT HANYA ORANG BODOH YG MENGANGGAP BUMI ITU DATAR BAKAL KEMBALI KE ZAMAN KEGELAPAN

  80. Brainisflat20/02/2017 at 22:36Reply

    Hamparan itu universal, mencakup semua bidang, kl divonis flat & harus flat & pokoknya flat…flat pokoknya & ga bs ditawar2 lg krn ga blh ditawar2 & dipaksakan begitu yg di sebabkan adanya motif tertentu, itu namanya idiot. Jagat raya alam semesta ini merupakan hamparan yg di hamparkan allah, jd alam semesta itu flat gan?. Benda2 langit dihamparkan allah di ruang angkasa, jd benda2 langit itu flat gan?. Intelligence/kecerdasan terhampar, menghampar, dihamparkan allah pd otak mahluknya, jd kecerdasan itu flat gan?. Kentut terhampar di ruangan, menghampar di udara, di hamparkan oleh pantat, “kentut yg dihamparkan”, jd kentut itu flat gan?, dll. Menafsirkan dr terjemahan tanpa tau bentuk bahasa aslinya tdk bs dibenarkan, apalagi sudahlah menafsirkan dr terjemahan.. tafsirannya abal2 pula(maksa). Apa agan tau ilmu bahasa arab dlm arti bkn hanya sekedar bs berbicara bahasa arab?. Apa agan jg belajar ilmu tafsir bahasa arab?. Copy paste ayat alquran untuk FE trus dikomentari dgn awam/dangkal?, serius gan?. Maaf apabila ada kata yg tdk berkenan gan krn otak sy ini flat.

Leave a Reply