9:51 pm - Wednesday September 3, 2014

10 Pertanyaan Untuk MTA

Berikut ini kami sampaikan pertanyaan-pertanyaan untuk MTA (Majelis Tafsir Al-Qur’an), antara lain:

Soal 1

Dalam buku edaran brosur MTA, Ahmad Sukino menulis zakat boleh diberikan kepada orang kafir apabila diharapkan kaumnya masuk Islam (Muallafatu qulubuhum)? Bukankah itu bertentangan dengan hadits Rasulullah yang shahih riwayat Bukhari:

انّ الله افترض عليهم صدقة في أموالهم تؤخذ من أغنيائهم وتردّ على فقرائهم

“Allah mewajibkan umat Islam menzakatkan hartanya, diambil dari umat Islam yang kaya dan diberikan kepada umat Islam yang miskin.”

Berarti jelas, Ahmad Sukino bertentangan dengan ajaran Nabi Muhammad.

Soal 2

Kami mengikuti Imam Syafi’i yang disepakati alim dan pintarnya oleh ulama dan anda mengikuti Ahmad Sukino yang tidak jantan ketika diajak berdialog atau berdebat. Kami tanya, pintar mana Ahmad Sukino, imam anda atau Imam Syafi’i, imam kami? Jawaban anda menentukan siapa yang bodoh dan sesat!

Soal 3

Ahmad Sukino sering mengkritik budaya NU, tetapi ketika diajak berdialog dia selalu mengatakan agama tidak perlu didebatkan. Jika tidak perlu didebatkan, maka kenapa anda selalu mendebat dan menghina kami lewat pidato busuk anda? Anda banci yang takut kalah atau jangan-jangan pengecut tapi sok jago? Kami selalu siap berdebat dangan Ahmad Sukino di manapun dan kapanpun. Dan sudah berkali-kali Ahmad Sukino yang pengecut diajak berdialog dan selalu tidak berani dengan alasan yang dibuat-buat.

Soal 4

Anda mengharamkan adzan dan iqamah di telinga bayi saat dilahirkan. Padahal pendapat anda bertentangan dengan mayoritas ulama Islam. Pertanyaannya, yang benar adalah Ahmad Sukino dan kroni-kroni MTA-nya atau ulama-ulama yang mengatakan sunah? Jawaban anda menentukan mana yang sesat, kami atau MTA! Jika anda mengatakan haditsnya dhaif, maka kami semakin yakin jika anda kelasnya adalah cah angon yang sok pintar!

Soal 5

Jika kami katakan, bahwa orang MTA tidak ada yang pintar agama Islam, maka apakah anda keberatan? Jika keberatan maka kami ingin bukti dengan berdialog. Jika tidak berani, maka pantaskah anda menghina kami sementara perilaku anda adalah pengecut!?

Soal 6

Anda kami pastikan tidak mengakui madzhab, baik Hanafi, Syafi’i, Maliki, dan Hanbali. Akan tetapi kami bertanya, yang katanya anda hanya mau mengambil hukum langsung dari Al-Qur’an dan hadits saja, Imam al-Bukhari bermadzhab atau tidak? Jika anda bilang tidak, maka tunjukkan kitab sejarah yang menunjukannya. Karena kami dapat pastikan beiiau adalah pengikut madzhab Syafi’I, Imam Nasai, Imam Baihaqi, Imam Ibnu Hajar al-Asqalani penulis kitab hadits Bulughul Maram dan lain-lain semuanya adalah pengikut madzhab Syafi’i. Maka, jawablah kenapa anda tidak mau seperti mereka? Apakah anda merasa lebih baik dari pada Imam Bukhari?

Soal 7

Anda bilang, anda belajar langsung dari Qur’an dan hadits. Ingat dalam Al-Qur’an terdapat ilmu tata cara mengambil hukum dari AI Qur’an maupun hadits, maka terangkan kepada kami, apa itu nasaikh mansukh, hadits ahad, hadits mutawatir, dan istilah-istilah lain. Jika tidak bisa berarti anda termasuk dari orang yang diancam oleh Rasulullah & masuk neraka!

Barang siapa yang berbicara tentang (tafsir / ta’wil) Al-Qur’an dengan tanpa ilmu, maka silahkan mengambil tempatnya di neraka (HR: Tirmidzi, Ahmad bin Hanbal dan Baihaqi)”

 

Soal 8

Anda mengklaim diri mampu menafsirkan Al-Qur’an. Pertanyaan kami, untuk berkemampuan menafsirkan Al-Qur’an, anda harus memenuhi syarat-syarat sebagai mufassir, maka sebutkan syarat-syarat tersebut agar kami tahu apakah Ahmad Sukino memang benar-benar telah mampu dan mempunyai kapasitas menafsirkan Al-Qur’an? Jika tidak mampu, sebaiknya kalian diam dan belajar kembali di hadapan para ulama yang shalih!

Soal 9

Jika kami katakan anda sebagai ahli bid’ah yang muncul baru-baru ini, maka apa jawaban anda? Jika tidak terima dengan tuduhan kami, apa sebaiknya kita bertemu dalam meja dialog agar kami dapat bertabayun dan berdialog secara ilmiah dengan anda?.

Soal 10

Setiap sesuatu yang tidak diajarkan Rasulullah adalah bid’ah, maka kami bertanya anda harus ngaji khusus di hari Minggu dalilnya apa? Padahal anda sangat memusuhi warga NU yang membaca Yasin di hari Jum’at. Bukankah budaya anda yang hanya mau ngaji di hari Minggu sama dengan orang kafir?

Benteng Ahlussunnah Wal Jama’ah

(Nur Hidayat Muhammad)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Filed in: Bantahan, Dialog, KAJIAN ASWAJA

188 Responses to “10 Pertanyaan Untuk MTA”

  1. Bubun Supiana
    24/10/2012 at 16:03 #

    Asslaamu’alaikum…Wr.Wb.
    Salam kenal dan Salam Silaturahim…

  2. kusmanta
    24/10/2012 at 20:51 #

    Wah MANTAB, ayo kita tunggu jawabannya

  3. 24/10/2012 at 22:21 #

    Berjuang kadang memang sulit….bila mnghadapi orang yang tidak bisa tetapi mengaku pintar….
    Ayo….ngaji…kepada Ulama yang jelas Nasab , silsilah dan sanadnya….biar mendapatkan ilmu yang sebenarnya…dan sebenar-benarnya ilmu….

  4. Manusia lemah
    25/10/2012 at 14:00 #

    Untuk admin tolong anda tabayun, jika memang ada pertanyaan atau ketidak sepahaman tolong datang langsung ke Kantor Pusat MTA atau jika anda malas silahkan kirim aja lewat surat secara resmi, pasti dijawab kok. Ingat surga itu bukan hanya untuk anda, anda selalu bicara wahabi…wahabi..wahabi… (asal tidak sepaham anda cap wahabi). Memang anda sudah yakin ya cuma golongan anda yg berhak masuk surga, sedangkan yg anda cap wahabi tidak ada tempat di surga. Heeemmm…

    Dulu juga anda juga menulis artikel tentang penyerangan MTA di Blora, jika anda dan orang2 yg sepaham dengan kelompok anda sudah yakin pasti masuk surga dan yg lain termasuk MTA mengapa repot2 pengajian dibubarkan… http://sosbud.kompasiana.com/2012/07/19/nama-baik-nu-tercoreng-tragedi-blora/

    • 26/10/2012 at 15:46 #

      gak usah pake surat2an segala. lha wong diajak debat terbuka saja gak mau kok.
      dan juga tidak pernah ada dari kelompokk kami yg yakin pasti masuk surga. itu hanya bualan kosongmu belaka.
      terimakasih.

      • abu hamzah
        29/10/2012 at 09:35 #

        Tim sarkub ini hatinya sudah diliputi kedengkian yang kronis. Awas cepet mati lho. Orang nantang debat kok dibloge dewe, lalu dijawab dewe “nggak mau”. Yo wis nggak usah debat-debatan surgane nggonono dewe.
        Ingat sabda Nabi :
        مَنْ قَالَ هَلَكَ النَّاسُ فَهُوَ اَهْلَكَهُمْ

        • ayik
          29/10/2012 at 11:52 #

          mas abu hamzah…sempen mikir e piye…coba klo ulama’, imam kamu..dianggap sesat,kafir,ahli bid’ah..tetep diam…
          kita bukan dengki..tapi bela diri…
          ngerti ngak…
          klo ada yang ngatain imam,ulama kamu kafir..gimana…masa kamu diam..

          • abu hamzah
            30/10/2012 at 08:47 #

            Kalau gitu sama dong

          • budi
            21/05/2013 at 14:15 #

            setahu saya tidak pernah mta menganggap ulama A, B, ormas A , B sbg pelaku bid’ah…Tp yg disampaikan adalah bahwa perilaku seperti ini , itu adalah bid’ah…berdasarkan yg dipahami mta ..
            kalau dr sarkub ndak sepaham ya silahkan…..kenapa harus repot…kalau mau tahlilan nggihh monggo…ndak ada yg melarang..
            wong mta juga ndak pernah memaksa orang utk mengikuti pemahamannya..
            Masalah ibadah nanti yg menilai hanya Allah swt…sebagai manusia kita hanya berusaha.

        • 29/10/2012 at 14:40 #

          barangkali anda bisa menjawab. gitu aja kok repot?

      • ain
        21/02/2014 at 14:28 #

        emang “cara” kamu ngajak debat itu pake surat atau bertemu langsung?? apa jangan2 cuma koar2 di media internet??

    • Mbah Manten MTA
      30/11/2013 at 08:58 #

      MTA berani debat terbuka pa tidak, kalau berani MTA itu berarti ajarannya betul. Tunggu jawabannya

  5. Manusia lemah
    25/10/2012 at 14:03 #

    Apa hanya NU dan sarkub yg berhak masuk surga, sedang yg lain seperti MTA pasti dicap wahabi tidak berhak masuk surga??? heeemmmmm (guling2 garuk2)

    • 26/10/2012 at 15:44 #

      apakah kami pernah mengatakan seperti itu??? hmmmm. kami juga garuk2, guling2, bilang WOW sambil koprol-koprol.

      • 10/09/2013 at 09:21 #

        sarkub penuh kebencian…..sadarlah….kalau anda benar2 mengaku muslim..

    • Rosyid
      26/09/2013 at 05:43 #

      manusia lemah,..pernyataan Anda tebalik,justru kelompok Anda lah yg setiap hari menyerang amalan dan mengatakan bahwa amalan orang2 di luar mta semua bid,ah,mulai dari soal”nawaitu,Usholli,Tahlil,yasinan,manakib,dll.semua dianggap sesat dan bid,ah,semua bid,ah adalah sesat dankesesatan adalah masuk neraka.Kelompok Anda berpendapat itu semua tdk.ada tuntunannya.Kesimpulannya,justru kelompok Anda lah yg merasa paling berhak masuk surga..

  6. nandliyin klaten
    25/10/2012 at 16:20 #

    Mantab pertanyaannya …mereka mengatakan perlu tabayun, tapi setiap kita ajak tabayun tidak mau ketemu….memang Menungso Tatanane Angel….

    • 10/09/2013 at 09:24 #

      tempatnya kan jelas to mas di depan mangkunegaran solo….kenapa tidak pergi ke sana untuk tabayu…

  7. udinLG
    26/10/2012 at 06:49 #

    Barang siapa mempelajari ilmu agama tanpa Guru maka Gurunya adalah SYETAN, jadilah ia Sesat dan menyesatkan….

    • 26/10/2012 at 15:36 #

      benar! ya seperti MTA itulah

    • bukan NU
      29/10/2013 at 11:12 #

      “Artinya : Wahai orang-orang yang beriman, jika seorang fasik datang kepada kalian membawa berita, hendaklah kalian teliti” [Al-Hujurat : 6]

      Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam juga bersabda,
      كَفَى بِالْمَرْءِ كَذِبًا أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ
      ”Cukuplah seseorang dikatakan berdusta, jika ia menceritakan setiap yang dia dengar.”
      (HR. Muslim).

    • ain
      21/02/2014 at 14:58 #

      itu kan menurutmu

  8. 26/10/2012 at 18:28 #

    Subhanalloh….seperti inilah namanya Benteng Ahlussunnah Wal Jama’ah, penasaran sekali rupanya anda..wk..wk,wah kalao tak beri tahu yg lain anda makin gusar ya..selain apa yg anda 10 tanyakan, saya tambah lagi ya amalan yg benar menurut tuntunan Rasulullah…..(1).waktu shalat pd tahiyat awal ada bacaan shalawat nabi, baca yg lengkap namanya shalawat sampai FIL’AALAMIINA INNAKA HAMIIDUM-MAJIID. (2) pada tahiyat akhir sebelum salam jangan lupa baca doa ALLOHUMMA INNII A’UUDZUBIKA MIN ‘ADZAABIL QOBRI WAMIN ‘ADZAABIN NAAR,WAMIN FITNATIL MAHYAA WAL MAMAAT,WA MINFITNATIL MASIIHID DAJJAAL(Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur,dari siksa neraka, dari fitnah hidup dan mati dan dari itnah masihid dajjaal(perusak yg menghabiskan kebaikan). itu dulu tambahan dari saya ya…saudara sesama muslim…

    • 27/10/2012 at 05:12 #

      Benteng Ahlussunnah Wal Jama’ah adalah membentengi diri dari faham2 menyimpang seperti Wahabi, MTA dan varian wahabi lainnya, HTI, Syi’ah.

      • 10/09/2013 at 09:26 #

        anda membentengi diri dari kebenaran dan hidayah…..

  9. 26/10/2012 at 19:50 #

    Ahmad sukina,MTA pernah mengatakan lebih kurang: itu kan kebiasaan Ustman (ra),(masalah tongkat waktu khatib sdg khutbah Jum’at)bagaimana pendapat anda:

    1.apakah ini ajaranya MTA?
    2.Tanyakan itu mengapa Ahmad sukina memimpin MTA
    yg menurut kami MTA(Majelis tafsir Asal2an)?
    3.Bagaimana jawaban manusia yg waras bila dihadapkan
    dua pilihan memilih sukina apa Ustman bin affan?

    4.Mengapa Ahmad sukina pengecut tdk berani datang ber-
    dialog, apakah takut Majelis Tafsir Asal2an nya
    terbongkar?
    5.Mengapa sukina selalu mencela mulimin selainya, apa
    sukina lebih memilih cara2 yahudi daripada cara2
    ulama’ yg menjauhi mulut kotor?

    • 10/09/2013 at 09:32 #

      jawab :
      1. MTA tidak punya ajaran….hanya belajar qur’an dan hadist shokih..
      2. karena setiap muslim berjamaah harus ada pemimpin
      3. tidak ada 2 pilihan yang ada hanyalah mengikuti dua perkara yang ditinggalkan Rasululloh…Al Qur’an dan hadist shokih..
      4. bukankah majelis MTA di solo terbuka untuk siapa saja yang mau bertabayun…datang saja…
      5. MTA menerangkan ilmu , bukan mencela…tolong kalau mendengarkan hatinya jangan kotor dan dicermati..

      • Rosyid
        26/09/2013 at 05:55 #

        klo sekarang mungkin cangkeme wong mta wis agak hati2 karena sudah sering mendapat kritikan dan belajar dari orang2 yg mengkritiknya.Pada awal2nya dulu,saya juga dengerin radio mta,..isinya tiap hari menghujat ,membid,ahkan,dan mengkafirkan muslim di luar mta.

      • Khasan
        30/11/2013 at 08:46 #

        Ngapaian ikutan ngaji di Solo, Ustadznya saja baca Al-qur’an tidak fasih apalagi suruh baca Buchori Muslim gundulan tambah mumet. Perlu diketahui disini coba perhatikan saudara-saudara warga MTA Ustadz kalian waktu pengajian yang membaca Al-qur’an orang lain tidak Ustadz Ahmad Sukino itu beliau ketakutan dan malu disebabkan tidak fasih membaca Al-qur’an. Untuk selanjutnya semua pertanyaan dan brosur sudah disiapkan sebelumnya, jadi beliau dengan mudah untuk menjawabnya. Bertobatlah………dan kembali ke ajaran yang benar yaitu ASWAJA

  10. 26/10/2012 at 19:57 #

    Sekarang Dengerin Radio MTA Streaming ayo berani ga…dengerin sekarang !

  11. 26/10/2012 at 20:09 #

    Kami pernah dengar diradionya MTA Ahmad Sukina mengucapkan hadist yg diantara maksudnya bla..bla.. bacaanya hanya sampai tenggorokan bla..blaa blaa.

    yg kami tanyakan:
    1. yg membaca alqura’an sebatas tenggorokan itu Ulama’ NU apa Sukina sendiri?
    2. apakah tanda2 munafiq itu pengecut?
    3. berani berbicara didepan orang bodoh tetapi tdk berani berbicara didepan ‘alim apakah ini pengecut?

    AYO BUKTIKAN BAHWA MTA ITU (MAJELIS TAFSIR ALQURAN)
    KALAU TDK BISA BUKTIKAN BERATI MTA itu (MAJELIS TAFSIR ASAL2AN)apakah kalian setuju?

  12. ayik
    27/10/2012 at 20:59 #

    MTA mana jawaban mu….langsung jawab aja..gak usah mubeng2..pake suruh dengerin radio segala (iya klo jawab pertanyaan diatas)..ada yang nyuruh bikin surat ke kantor pusat (iya klo dijawab)..gak usah mubeng2..tinggal tulis jawabanya di coment ini…gitu aja kok repot..

  13. gata
    28/10/2012 at 09:18 #

    wah bagus skali website sarkub….. aq senang mantap.
    aq membaca qs al an’am 116 :
    “jangan ikuti kebanyakan manusia di bumi ini niscaya akan menyesatkanmu”
    dan ajaran sarkub ini bagus skali….. sesuai dengan gusdur dan ulama umumnya….mantap.
    hidup gusdur….. sakti mandra guna sekelas nabi.

    • 29/10/2012 at 00:09 #

      Ahlu Sunnah wal Jama’ah adalah kaum muslimin yang mengikuti sunnah Nabi SAW dan Jama’ah. Mereka adalah orang-orang yang menjadikan Sunnah Nabi SAW dan Jama’ah sebagai tiang utama bangunan ke-Islaman mereka. Hilang salah satu dari keduanya, bangunan Islamnya akan goyah, bahkan bisa jadi akan hancur. Dengan kata lain, orang yang tidak mengikuti Jama’ah, atau keluar dari Jama’ah, pada hakekatnya dia bukan bagian dari Ahlu Sunnah wal Jama’ah.

      Read more: http://www.sarkub.com/2011/ikutilah-al-jamaah-kelompok-yang-selamat/

  14. kusmanta
    28/10/2012 at 09:30 #

    Samapi saat ini,belum ada jawaban yang saya tunggu tunggu, sudah 5 hari lho mas MTA . . .,biar masyarakat luas yang menilai, mana yang benar, mana yang belum benar, mari kita sesama muslim, saling mengingatkan, janganlah mudah mengataka : musrik, bid’ah,tachayul,churrofat,gak ada tuntunanya.

  15. Manusia Lemah
    28/10/2012 at 09:59 #

    Sayangnya saya hanyalah pendengar setia Radio MTA, saya masih fakir dalam hal agama. Pertanyaan Anda point 1-10 sebenarnya selalu anda ulang2. Anda selalu ingin dialog. Silahkan datang ke MTA Pusat. Disana anda akan diterima dengan tangan terbuka. MTA selalu menerima tamu-tamunya dg baik, jika mau berdialog juga akan dilayani. Ketua2 MUI saja sering ke MTA. Dan setiap bulan hampir ada pembukaan cabang2 baru MTA seluruh Indonesia dan yg meresmikan adalah Ketua MUI Pusat. Jika MTA sesat berarti MUI juga sesat ya nggak ya nggak…??? bahkan baru saja Minggu lalu Wakil Ketua KPK juga mengisi tuh acara Jihad Pagi di MTA Pusat. (sesat juga tuh Pak Busro Muqodas heee.hee..)

    Sekarang silahkan datang aja ke MTA, jika MTA sesat dan terbukti SESAT. Gampang kan…. ada MUI, minta aja MUI pusat untuk membuat fatwa bahwa MTA sesat sekalian bubarkan sampai akar2nya. Oke pak sarkub yang mulia…

    • ayik
      28/10/2012 at 11:22 #

      mas MANUSIA LEMAH…mas MTA yg lucu…klo cman Ktua MUI dan pajabat KPK datang ke MTA..menjadi argumen kebnaran MTA…klo mereka juga menghadiri acara YASIN TAHLIL & MAULID..apa anda juga punya anggapan YASIN TAHLIL & MAULID anda benarkan…
      Kita2 cuman butuh jawaban aja..KETIK DI KOMENT INI..gak perlu jauh2 datang ke kantor pusat…
      meski pertanyaan point 1-10 sudah diulang ulang…tapi tetep gak dijawab…

      • Manusia Lemah
        28/10/2012 at 13:23 #

        Dijawab apa tidak itu bukan urusan saya, urusan saya mau coment ya coment aja. Kalau anda butuh jawaban ya silahkan datang sendiri kesana (kalau mau) kalau ngk ya udah. Gitu aja kok repot… bertanya kok di blog sendiri. Yo jawab2en dewe.. :P

        • ayik
          28/10/2012 at 18:46 #

          ooohh…klo bukan urusan anda…ya g papa…coment e njenengan gak lebih dari cerita lucu…sbener e anda mikir apa??? kok coment kaya gitu (tentang ketua MUI & pejabat KPK)…lucu banget Looo..mas MTA…He he he 2012X..
          Katanya kebenaran merujuk pada quran & hadis…Tapi kali ini merujuk pada Ketua MUI & pejabat KPK…haha haha…

      • kasim
        19/11/2013 at 00:44 #

        disini tempatnya kroco-kroco termasuk saya sama2 kroco ojo ngaku penter ojo ngaku kendel gak ada gunanya kak ada jalan keluar disini bisa-bisa disini hanya sebagai ajang pemecah belah yang bener kalau memang penter lan bener datang aja pintu terbuka setiap hari ada pesertanya 7000 orang,kalau menurut saya sebagai kroco apapun bunyinya ilmu yang hak itu harus disampaikan walaupun pait jadi siapa yang terganggu dengan disampaikanya ilmu dari qur’an dan sunnah tabayun aja katakan apa tujuan anda, atau katan ayat ini hadist ini bukan begitu maknanya yang pas begini

    • Hasan
      12/11/2013 at 09:37 #

      MTA senangnya minta perlindungan MUI

  16. gata
    28/10/2012 at 10:34 #

    Dulu aq senang kelinik sering juga ke kyai kyai minta doanya, tp tidak pernah ngaji, dalamnya al quran.
    dulu saya senang melakukan ritual ritual klinik misalnya percaya hari baik, jimat, keris,dan aq pernah ke kyai diberi garam campur pasir dan suruh bakar menyan dengan membaca solawatan…. aq kira dulu itu ajaran nabi muhammad saw.
    setelah aq membuka website sarkub ngaji, aq jadi bertobat bahwa itu tidak sesuai dngan ajaran nabi kita.
    SETELAH NGAJI DI SARKUB…
    Aq selalu berhati hati sekarang…
    aq pernah buka al quran surat al baqoroh 170 dan tafsirnya:”ikutlah apa yang diturunkan Allah mereka menjawab tidak kami hanya mengikuti apa yang telah kami dapati dari nenek moyang ( tradisi ) walaupun nenek moyang mereka tidak mengetahui apapun”
    JADI TIDAK BOLEH IKUTI TRADISI YANG TIDAK ADA DASARNYA DARI ALLAH DAN ROSULNYA.
    ALHAMDULILLAH ….. DENGAN NGAJI DISARKUB AQ JADI TAHU…… BAHWA RITUAL RITUAL TERSEBUT ROSUL TIDAK PERNAH MENUNTUNNYA perlu kita hindari jauh jauh.
    SUKSES SARKUB DAKWAH TERUS…..SESUAI DENGAN AL QURAN AS SUNNAH.
    dengan ngaji disargub aq jadi tahu …. info tentang islam murni. bahwa apa yang aq lakukan dulu itu bersumber dari weda yg dicampurkan dalam tradisi jawa….. terimakasih sargub memberiku penerang menuju jalan Allah.
    Dengan ngaji di sargub….. aq kenal Allah dan rosulNYA. disargub ini tidak pernah ditutupi semua terbuka sesuai dengan islam. dengan sarkub ini aq tahu dan mendengar mualaf hindu bercerita,ustd abdul aziz. TERIMAKSIH SARGUB SANTUN DALAM BERDAKWAH DAN TIDAK PERNAH MENCELA….. TERUSKAN PERJUANGANMU.

    • 28/10/2012 at 23:26 #

      - Dulu aq senang kelinik sering juga ke kyai kyai minta doanya

      perlu diketahui bahwa ke klinik atau puskesmas atau rumah sakit itu tidak dilarang, tidak syirik. juga ke kyai utk minta do’a itu maksudnya minta di do’akan oleh kyai, tentunya karna kyai itu alim sehingga ada hubungan “kedekatan” dengan gusti Allah dan kyai tsb juga mintanya pada gusti Allah, jadi tidak dilarang dan tidak syirik.

      -aq pernah ke kyai diberi garam campur pasir
      anda itu gimana? dikasih garam kok gak mau? ya diterima saja siapa tau istri anda mau masak tapi kurang asin kan bisa ditambahkan garam. kalo pasir juga gapapa, diterima saja dan belikan semen utk nambal lobang2 di tembok yg dilubangi semut. jadi tidaklah syirik

      -dan suruh bakar menyan dengan membaca solawatan…. aq kira dulu itu ajaran nabi muhammad saw.
      bahkan Allah yg menciptakan kita pun menyuruh kita bersholawat pada nabi kok anda malah gak mau?
      untuk masalah menyan, itu anggap saja seperti parfum atau wewangian. rasul saw suka yg wangi-wangi. baca ini http://www.sarkub.com/2011/bau-kemenyan-disukai-oleh-nabi/

      - JADI TIDAK BOLEH IKUTI TRADISI YANG TIDAK ADA DASARNYA DARI ALLAH DAN ROSULNYA.
      ALHAMDULILLAH ….. DENGAN NGAJI DISARKUB AQ JADI TAHU…… BAHWA RITUAL RITUAL TERSEBUT ROSUL TIDAK PERNAH MENUNTUNNYA perlu kita hindari jauh jauh.

      justeru anda yg mengikuti kakek moyang anda yaitu muhammad bin abdul wahhab. hal itu tidak ada dasarnya dari Allah dan rasulnya!!

      • ayik
        29/10/2012 at 11:44 #

        mas sarkub…mas gata katanya udah ngerti islam yang murni…kra2 dia dan oarng2 WC dlu khitan pake apa ya…klo pake gunting kan berarti bi’ah..gak di contohkan sama nabi…klo khitan e bid’ah..berarti tu burung..burung bid’ah…klo punya anak…berarti anak bid’ah…klo semua bid’ah adalah sesat..brarti burung n anak e sesat…hahahaha

        • gembong NU
          02/11/2012 at 21:30 #

          opo ra mutu babar blas

      • Fatimahumar
        03/11/2012 at 05:34 #

        Skak Mat hm..hm….

  17. kusmanta
    28/10/2012 at 18:27 #

    Sama dengan tidak berani menjawab to mas Manusia Lemah,saya juga sering dengerin radio MTA, kebanyakan isi nya ya begitu, waton suloyo

    • abu hamzah
      29/10/2012 at 09:01 #

      Berarti kupingmu wis suloyo

  18. Ganjur
    29/10/2012 at 06:24 #

    Sepertinya pertanyaan Tim Sarkub terlalu sulit dan berat untuk dijawab Tim MTA, lha wong Tim MTA diminta menjelaskan mengenai sanad dan nasab tentang keilmuan beliau Ustadz Sukina saja tidak bisa, pada hal itu kan pertanyaan yang ringan dan gampang.

  19. 29/10/2012 at 06:44 #

    Blog yang aneh, bertanya di blog sendiri disuruh jawab yang orang lain. Astaghfirulahal’adhiim. Pengelolanya juga tidak mencerminkan islami, kalau membalas koment justru bikin gak nyaman ke hati. Naudzubillahi min dzalik !!!

    • 29/10/2012 at 14:36 #

      adanya kamu gak nyaman itu berarti pertanda anda mesti tobat dari ajaran MTA atau wahhabi.

    • kasim
      19/11/2013 at 00:48 #

      betul cak kayak propokator

  20. 29/10/2012 at 18:49 #

    Nafsiri Al-quran sekena nya
    Nyunah tidak boleh sekena nya
    Pengekornya menjawab sekena nya
    dinanti2 jawaban ust.sukina

  21. Tri Malaysiana
    29/10/2012 at 21:31 #

    Aduh…Tim Sarkub Komen2 dan dakwahnya mulai gak bermutu..ngajak orang bertengkar aja, menambah suasana negeriku semakin panas aja, tolonglah jadi penyejuk hati, butuh damai..dan ketenteraman….

    • 30/10/2012 at 16:37 #

      Negerimu malaysia bukan? kamu panas kenapa? kebakaran jenggot yah?

      • Tri
        31/10/2012 at 06:02 #

        Benar2 tukang ngajak gelut,kayak syetan, Tim Sarkub kii……kamu bukan bangsa Indonesia,gak punya rasa persatuan , kelompok seperti Andalah yg suka ngobrak ngabrik suasana, dasaar gak pernah di didik!walaupun wong Malaysia punya jiwa persatuan sama2 ciptaan ALLAH,ngapain ngerasa, kebakaran jenggot wong mulus,sorry kalau membuat Tim mu jadi bernafsu u / komen2 kyk gitu, jadi gua nich…yg buat Lu…geregetan ..bye…

  22. vebro
    29/10/2012 at 23:58 #

    dakwah yang kaga mutu itu ya MTA, SUDAH JELAS BIKIN KERUH SUASANA ,malah balik koar koar nyalahin yg coba tenangkan suasana, koplak kuadrat :D

  23. vebro
    30/10/2012 at 00:01 #

    Tetangga gua jadi Aneh sekaligus nganeh anehi setelah sekian lama ngedengerin radio MTA, sungguh gua dukung 1000 persen adanya sarkub !

  24. Tri Malaysiana
    30/10/2012 at 04:43 #

    Malah kebetulan jadi aneh kan bro..? yg penting dia gak ganggu dan merugikan sampean, apa sampean sangat dirugikan dgn keanehannya? atau samnpean jadi merasa kehilangan dia krn tetangga itu ga nuruti karepmu…jd geregetan ? Waduh…saudaraku..seiman sebangsa dan setanah air kayak ibu2 yg kurang kerjaan saling sindir dan plerak plerok…hii…hi…malah …menggelikan…tetanggaku ada yg LDII,NU,trus yg pake cadar,alhamdulillah kami baik…dan saling gotong royong

    • aku pinter sitik timbang kowe
      19/10/2013 at 23:15 #

      ini orang gak pernah makan bangku sekolah, ketoro tenan.

  25. vebro
    30/10/2012 at 09:40 #

    lha nganeh anehinya tuch si tetangga jadi gemar teriak lantang Tahlilan yasinan bid’ah, padahal masyarakat disekelilingnya semuanya menjalankan ritual tersebut, apa yang kaya ginian kaga bikin muak ? memancing kegaduhan yang sebenarnya jelas kaga perlu terjadi di dusun kami yang damai, dan ketahuilah di tempat kami bukan cuma LDII,orang non muslimpun banyak tapi kami bisa saling menghormati dan saling mengerti kaga kaya MTA yang sengaja menutup mata dan menutup telinga demi menyebarkan pahamnya yang dianggap paling benar, hoook yaaaa !!! ngibing dalam damai…

  26. kusmanta
    30/10/2012 at 11:43 #

    Ngaji seminggu skali, blum juga 1 tahun, eeeeh udah berni dakawah, ini nggak ada tuntunannya, itu bid’ah, itu musrik,

  27. riyanto
    31/10/2012 at 13:39 #

    MTA..itu ajaran seperti apa ya..aku dah denger sih..kayaknya di tempatku belum ada….adanya radio roja punya salafi…..mohon masukannya terkait MTA..suwun

    • Fatimahumar
      03/11/2012 at 05:57 #

      Dengerin aja radionya jam 6 pagi,2 siang,8 malam lewat streaming internet

  28. siti
    02/11/2012 at 05:43 #

    mta koplak di gagas tambah koplak

  29. siti
    02/11/2012 at 05:50 #

    Ngrungokne pengajian mbah yai MARZUKI
    mbahas MTA
    ustadz Asukino
    jan ketok jek GOBLOK,e
    hehehehehehe

  30. 02/11/2012 at 07:28 #

    MTA tidak mau di bilang mentafsiri ALQUR’AN sendri.tapi mereka mempunyai pendapat tentang aqidah dan hukum sendiri yang mereka anggap semua itu bersumber dari Alqur’an dan hadist shoheh.

  31. 02/11/2012 at 07:31 #

    roto roto pengikut MTA cilikane durung tau ngaji dan masih buta dalam hal agama,barang wes gerang pengen iso ngaji tapi salah jalur……ngesakkno rekkkk…

    • Fatimahumar
      03/11/2012 at 05:07 #

      Justru itulah yang disebut Hidayah,lahir ceprot sebagai Islam tapi gak ngerti Islam itu spt yg mana ?sampai tua ya..Islam spt kalau ada kematian baru ngumpul diadakan kirim doa baca Yasin, kalau waktu ngumpul ngaji yg dibaca ya Yasin lagi kalau gak ya Diba’an hanya sekitar itu aja, gak pernah bahas artinya yasin,sampai hafal,trus kpn tahunya perintah,larangan, berita lainnya dari Ayat AlQur’an yg lain,sementara ada cara menerangkan Islam yg benar dikatakn ajaran baru,memang benar baru mengenal Islam setelah mengupas AlQur’an,lewat dakwah2 spt MTA,PKS,Muhammadiyah,kalau dakwah model mbah Marzuki malah suatu kemunduran bagi umat,jelas ngajak masuk jurang lagi,sdh naik jurang,kebeglong lagi…kenapa sih pada berat meninggalkan ajaran yg mencampur adukkan antara Haq dan Batil, mumpung Allah masih memberi kesempatan mempelajari ayatNya, kajilah dan pahami maka benar kita akan terbelalak..Subhanalloh..Maha suci Engkau Ya Allah…dulu belum tahu skg oo…inilah yg disembunyikan ulama2 kita selama ini pada ga berani menjelaskan Islam yg murni, bagi saudaraku yg masih degang kuat dg dakwah Aswaja ya ga apa2 yg penting jg sampai ada rasa iri dengki sehingga selalu mengolok2 spt kebakaran jenggotlah,bla…bla..itu akan membakar amal kebaikan kita bersama,jgn mengikuti org2 yg suka mencela org lain, coba semua pada yg obyektif dan teliti …siapa sih yg suka ngolok2 ?sampai nyebut namanya segala gak takut ancama Allah, spt pd QS 49 ayat 11,12 dst,buka sendiri ya pd punya AlQur’an terjemahan ka…wassalam

      • ayik
        04/11/2012 at 12:43 #

        mas fatimahumar…ulama2 NU bukan g berani menjelaskan islam yang murni…anda jangan menuduh seperti itu..coba anda klarifikasi langsung ke ulama NU…
        saya pernah melihat kurang lebih 2th lalu..ada orang MTA,ada yg MUHAMMADIYAH,ada yang PKS..yang satu ngaku SALAFI…mereka dialog..mereka saling membid’ah kan..
        bahkan ada anak laki2 ditolak lamarannya karna dia PKS..gak sesuai dengan golongan keluarga si perempuan…
        seperti inikah kemajuan yang anda bicarakan…

      • ita
        07/05/2013 at 23:06 #

        sungguh halus tipu daya setan,,menyusup ke relung hati anda (MTA),,,begitu kuat menanamkan keyakinan yg melenceng,,halus kata2 anda namun isi ajarannya menjauhkan dari ulama,dr sahabat,,dari,nabi,bahkan dr Allah,,,
        pake memfitnah ulama’ lg,,
        al ‘ulamaa warostatul anbiyaa’ (ulama’ adl pewaris para nabi),jika bkn dr ulama’ maka dr siapa kita mengenal islam???
        salah satu hal yg membuat di dunia msh nyaman kita tinggali adl adanya ulama,,jika sdh tdk ada ulama’ maka tdk ada cahaya ilmu,gelap,,,dan hancur
        sy analogikan,umpama org sdh dewasa baru kenal sekolah tingkatan SD tp sdh mengolok tingkatan sarjana,magister,doktor,prof.ir……..gmn gitu y,,,lucu tp mls ketawa
        kita lanjutkan belajar aja,,,teruuusss jgn prnh berhenti mgkn kita akn bertemu di satu titik dan anda akan berkata “iya ya,,,,,,benar,,,”

  32. gembong NU
    02/11/2012 at 21:42 #

    SING MLEBU SORGO GUR WONG NU TOK LIYANE MLEBU NEROKO, WONG MTA,LDII,MUHAMMADIYAH,PERSIS RA ENEK SING MLEBU SORGO. NU PALING BENER, NU PALING PINTER. WIS KOWE DO AREP NGOPO TIKET MLEBU SORGO WIS DIBORONG KARO WONG NU.

    • 27/05/2013 at 21:20 #

      lha terus gembong nu . sampean nang endi ? surgo opo neroko ?

    • 10/12/2013 at 20:03 #

      @ gembong NU : “Mosok to Mas??!!!”
      Lha, umat Nabi sing liya nang endi???

  33. 03/11/2012 at 02:48 #

    apapun agama dan kepercayaan anda
    yakinilah
    Tuhan tidak mengajarkan kebencian melalui para utusanNya

    #menghargai,menghormatiTanpaHarusMembenarkan

  34. 03/11/2012 at 02:55 #

    kalo soal MTA..
    radionya bagus enak didengarkan
    jawaban dari pertanyaan2 mustami’in juga dijawab dengan baik dan enak oleh Ustadz A Sukino.

    yang menjadi pertanyaab adalah perilaku dan cara MTA dalam berdakwah di masyarakat “bukan di radio” terasa sangat berbeda tingkat kenyamanannya.

    • Fatimahumar
      03/11/2012 at 05:28 #

      Mari kita belajar jangan menilai dan mengurusi orang lain tapi mari belajar menilai dan mengurusi diri sendiri, maksimal meningkatkan pengetahuan ttg agama kita Islam, tanpa ngaji ga mungkin kita tahu,nanti hanya jadi pengekor,kata saudaraku yg sd ga muda lagi ga usah ngowah ngowahi adat, jadi kita yg muda di suruh menjalankan Islam spt apa adanya yg sdh berkembang selama ini walaupun ternyata setelah ditelusuri ga ada dlm syariatnya,ga…mau ah…mumpung belum terlanjur baca QS 5;104 QS 2;123 QS 39;54-59 QS 9;67 QS 7;51 dan masih banyak sekali berita Al Qur’an makanya ngaji adalah penting agar tdkragu2 dalam mendengar peringatan dari org lain sehingga tdk saling mengolok olok wassalam.

  35. asap
    03/11/2012 at 11:16 #

    saling mengolok berawal dari ? tanya kenava ?

  36. cahdinar@telkom.net
    03/11/2012 at 11:18 #

    Begini ya saudara sarkub, antum itu kalo menulis ya berdasar fakta. mohon langsung ke sumbernya di MTA PUSAT.. Antum dlu juga meliput kiai mahrus langsung ke rumahnya kan? knpa anda ga berani ke MTA PUSAT, langsung ketemu al ustadz tntg keberatan2 antum? Kl hanya berani berkoar2 di media masa, itu namanya pengecut… Anak Tk juga bisa…… Mari tabayyun… Mari berdakwah denganc ara kita dan segala sesuatu ibadah itu harus bersumber dari alquran dan sunnah…

  37. sarung kotak
    03/11/2012 at 11:28 #

    terlahir sebagai wong NU dan gua berharap bisa mengenal lebih jauh tentang NU, Bukan yang laen, Salam Knal Sarkub ! :)

  38. brengos ningrat
    03/11/2012 at 21:16 #

    anak tk jaman sekarang ada yg pinter koar koar dimedia masa, nama anak itu shincan ya om ? please jitakin palanya ya ! aku gregetan tiap liat muka imutnya lockh !

  39. ayik
    04/11/2012 at 12:24 #

    bagi yang sudah terjangkit virus WAHABI..konsultasi aja ke ulama NU…klo kita mau berfikir kritis… aku lahir dari kalangn NU tapi setelah pindah kedaerah yang banyak berfaham WAHABI sempat mengalami kebingungan..tapi setelah aku dialog sama teman2 NU…ternyata semua terjawab…
    bahkan sangkaan bid’ah yang dialamatkan kepada warga NAHDLIYIN dapat disanggah..Cuma harapan aku jangan mudah pada doktrin yang slalu mengatakan TIDAK ADA DALILNYA…Klarifikasi dulu pada ulama2 NU…INSYA ALLAH akan terjawab..

    • ita
      07/05/2013 at 23:13 #

      salut,,,,maju terus,,sampaikan tips ini scra ruti,,,

  40. tes
    05/11/2012 at 15:42 #

    tes

  41. mitra
    05/11/2012 at 16:09 #

    1.Lihat Surat At Taubah 60 sasaran Zakat bisa untuk Mualalafa qulubuhum .
    2.MTA juga mengikuti paham imam syafii yang cock dengan AQ dan As Suanah tapi pengikut imam syafii ada yang mengamalkan amalan yang tidak di perintahkan beliau ??
    3.Nabi Muhammad SAW yang melarang berdebat sekalipun kamu benar kalau berbeda pendapat kemlikan kepada Allah ( AQ) dan As Sunah lhat surat An Nisa’ 59
    4.Kalau pjng menilai hadist Adzan bayi lahir itu sahih silahkan diamalkan .
    5.Betul Orang MTA itu banyak yang belum pandai maka perlu mengaji AQ dan As Sunah karena itulah warisan Nabi saw
    6.MTA mempelajari semua mahdzab dan yang pendapatnya didasarai AQ daan hadis diikuti.
    7-8 MTA tidak menafsir kan Al Qur’an tetapi mempelajari tafsir 2 yang sudah ada .
    9. Bagus untuk bisa silaturahmi karena sesama umat islam itu bersaudara kalau terjadi perbedaan pendapat kembalikan kepada Allah ( Al Qur’an) dan As Sunah ( Hadist)
    10.Bid’ah itu hanya urusan ibadah madzoh bukan yang lain apalagi urusan keduniawian kita harus kreatif ( Antum a’lamu bi umuuri dunyakum )

  42. Angga Wicaksono
    06/11/2012 at 01:16 #

    wallohualambissowab

  43. ahmad samina (nama asli samino)
    06/11/2012 at 01:42 #

    Sanad keIlmuan Ustadz Sukina (MTA)

    Untuk Alqur’an.

    Ahmad Sukina -Mushap Alqur’an/Terjemahan-Tuhan.

    Untuk hadist

    Ahmad Sukina -Beberapa buku Hadits-Nabi-Tuhan.

    Jadi murid-murid beliau sanadnya, murid -Radio-Ahmad sukina-Mushap terjemahan-Tuhan

  44. hmmm... ?!?!?!
    06/11/2012 at 07:07 #

    yang dibahas apa, komentnya apa.

    untuk MTA, tolong dijawab saja di sini. supaya kita semua tahu jawaban2 langsung dari anda. lumayan toh, anda bisa copas2 artikel yg sesuai dgn pertanyaan. spt ujian buka buku….
    gak usah njelimet. selalu menghindar supaya tak terlihat salah. sembarangan bilang bid’ah tp kalo pas kepepet jd HALAL…

    untuk TIM SARKUB, mari kita baca jawabannya.

  45. payminovski
    04/04/2013 at 09:39 #

    Kirain pertanyaanya brmutu dsn Susah dijawab, ternyata gitu2 Thom.
    Mengaku bermazhab syafei to tiap hair melanggar ajaranya. Katrok!

  46. 04/04/2013 at 21:11 #

    Assalamualaikum .. kpd yth tim sarkub, sblmnya mhn maaf sy izin copas artikel yg mengenai wahabi … trmksh sblmnya .

    • Tim Sarkub
      05/04/2013 at 14:45 #

      wa’alaikum salam. tidak apa2 silahkan disebarkan seluas2nya demi islam ahlussunnah wal jama’ah.
      jangan lupa adab copy paste yang baik.

  47. kae
    07/04/2013 at 11:15 #

    terbukti…..umat islam akan terpecah…
    klo cuma tanya langsung aja pusat nya,….biar jelas

  48. ratu agung
    08/04/2013 at 15:33 #

    HIDUP WAHABI, MAJU TERUS PANTANG MUNDUR.

    • 27/05/2013 at 21:03 #

      wahabi mau maju kemana ????? tar bid’ah lho kalau maju maju

    • 19/08/2013 at 19:56 #

      HAHAHA…. MAJU MENURUTI HAWA NAFSUNYA,,,

  49. aisyah
    12/04/2013 at 20:55 #

    10 pertanyaan anda sangat tidak relevan.. sebenarnya ga perlu dan ga penting utk dijawab.. tp untunglah ada MITRA diatas yg ikhlas berikan jawaban utk anda.. silakan dicerna klo anda msh pny otak !!!!

  50. hamba Alloh
    13/04/2013 at 08:45 #

    Jawaban @mitra sdh cukup ut sarkub, krn mmg prtyaanya trlu mudah.

  51. mimin
    15/04/2013 at 00:01 #

    cek sound

  52. mr.jhon
    15/04/2013 at 20:11 #

    Terus terang saya orang NU tapi pernah mengaji di MTA dan temen2 saya juga banyak yang MTA dang saya sangat menyayangkan kenapa MTA selalu mengupas dan berusaha menjatuhkan ajaran NU entah mereka menyadari apa tidak,tapi tidak seharusnya langsung memvonis orang NU sesat,kafir,ahli bid’ah,itu yang sangat saya sayangkan,saya tidak benci MTA tapi apa gak sebaiknya saling menjaga bukan menjelek-jelekan kaum lain, Bagi MTA janganlah terlalu merasa benar yang akan menimbulkan kesombongan, saling menghargai perbedaan jangn berusaha mencari cari kesalahan..

  53. 19/04/2013 at 00:38 #

    pangapunten sedherek sedoyo, nunut urun rembug, kulo pun
    Gangsal tahun niki tumut pengajiane Kh. Ali Mashuri (Gus Ali) Tulangan Sidoarjo, Pengajian Al-Hikam Yai Imron Jamil Kediri, Gus Lutfi / Tambak Bening Surabaya Dan Alm Romo Yai Asrori Al-ishaqi ( Alm Gus Rori ) kedinding Lor Surabaya, ulama2 tersebut pernah ditanya terkait orang2 yang membid’ahkan amalan mereka, tpi jawaban mreka rata2 tdk mempermaslahkan hal tsb, malah alm Romo Yai Rori & Yai imron jamil pacul goang, mendo’akan kebaikan bagi yang menentang mereka, saya secara jujur mengelus dada dgn komen2 dari rekan2 seperjuangan saya di NU, kok seperti itu, kalau jenengan2 memang mengakui dan menghargai ajaran dari swargi mbah yai Hasyim, Alm Gus Dur,Alm Gus Rori, Alm Mbah yai Abdullah Faqih Widang Tuban, Alm Mbah yai As’ad Samsul Arifin asembagus situbondo,mhn hargai orang yang berbeda dgn kita, karena para pendahulu2 dan waliyulloh kita ini sangat2 Toleran dan menghargai orang2 yang berbeda bahkan melecehkan serta membenci mereka, saya msh ingat perkataan Alm Gus Rori sblm mninggal skitar akhir tahun 2006, bhwa orang2 yg mngikuti toriqoh dihatinya hrs selalu merendah pada orang lain serta merasa dirinya dholim dan tidak patut masuk surga agar nur ke illahian bisa masuk di hati,, tpi ketika saya membaca komen2 dari rekan2 sya seperti Tim Sarkub, dst, kok jauh dari itu semua, memang kalau masalah debat kita dari NU-lah yang paling berani karena pada wktu ngaji dipondok dulu kita sudah dibekali dgn ilmu2 batsul masail, mantiq, balagoh, imriti, bahkan ketika memutuskan sesuatu hukum di halaqoh batsul masail bisa sampai kepruk-kepruk’an meja, antem-anteman pakai kursi, dst,, tpi apa ya ilmu itu hrs di perdebatkan? jujur ketika menulis coment ini hati sya menangis-sedih, knp rekan2 saya sendiri di NU seperti itu, tdk mewarisi sifat2 kerendahan hati yang sudah diajarkan oleh para sesepuh dan alim ulama kita sendiri,,maafkan muridmu ini Romo yai rori, murid yg dzholim, yang tdk bsa mewarisi sifat2 kerendahan hatimu,,, sya comen seperti ini bukan membela ust Sukino, Ust Ja’far Umar Tholis, Habib Rizieq dst, karena beliau juga bagian dari kita,,,ayo tunjukkan bhw kita warga nadliyin adalah warga yang toleran, warga yg bsa merendahkan diri dihadapan manusia,,,

    • bocah netral
      03/05/2013 at 16:33 #

      Matur sembah nuwun mas widodo..
      memang bagi orang seperti panjenengan yang sudah punya dasar yang kuat bisa tidak menghiraukan perbedaan semacam ini, tapi bagi kami yang masih belum cukup pengetahuannya hal ini harus diperjelas, mana ajaran yang bisa meyakinkan.
      Inilah penyebabnya ketika muncul aliran2 baru masih banyak warga NU yang mengikutinya hanya semata mata disebabkan kurangnya pengetahuan tentang Islam, adalah salah satunya merupakan kewajiban panjenengan memberikan pencerahan walaupun sekedar lewat tulisan disini…

      Wassalam

    • ujang
      28/02/2014 at 02:08 #

      Tah geuning aya nu sejuk…. hatur nuhun kang Widodo.

  54. 27/04/2013 at 01:51 #

    JIka wahabi menyebut anda ahlul bid’ah karena melakukan tahlilan, atau maulid dan yang semisalnya, ajukan tiga pertanyaan berikut kpd mereka.

    Kerancuan Manhaj Wahabi

    Anda tahu bahwa wahabi tidak mau membagi bid’ah, sebab kullu bid’ah dholalah. Semua bid’ah sesat. Kata “kullu” bersifat menyeluruh. Dengan demikian, bid’ah tidak boleh dibagi. Begitu kata wahabi. Pernyataan tersebut sebenarnya merupakan refleksi dari taqlid buta terhadap Utsaimin.

    Dalam kitab Al-Ibda’ Fi Kamalisy Syar’I Wa khothoril Ibda’, dia berkata:
    قوله (كل بدعة ضلالة) كلية عامة شاملة مسورة بأقوى أدوات الشمول والعموم (كل) أفبعد هذه الكلية يصح أن نقسم البدعة إلي أقسام ثلاثة او إلي أقسام خمسة؟ أبدا هذا لايصح . (محمد بن صالح العثيمن, الإبداع في كمال الشرع وخطر الإبتداع ص 13 )

    Artinya: “Sabda Nabi (Semua bid’ah sesat) bersifat global, umum, menyeluruh dan dipagari menggunakan perabot yang paling kuat yaitu “kullu” (seluruh). Apakah setelah ketetapan menyeluruh ini, kita dibenarkan membagi bid’ah menjadi tiga bagian, atau menjadi lima bagian? Selamanya, ini tidak akan pernah sah.

    Keterangan itu dinukil oleh Tim Bahtsul Masa’il PC NU Jember dalam buku “Membongkar Kebohongan Buku “Mantan Kiai NU Menggugat Sholawat Dan Dzikir Syirik, hlm 81, cet. IV 2008, yang diterbitkan oleh Khalista.” Buku tersebut ditulis untuk menjawab buku yang ditulis oleh ustad wahabi, Mahrus Ali.

    Setelah wahabi melarang pembagian bid’ah, justru selanjutnya mereka sendiri yang membagi bid’ah menjadi dua, bid’ah agama dan bid’ah dunia. Saya ingin menyusun sebuah pertanyaan untuk wahabi agar mereka menanyakannya kepada diri mereka sendiri. Pertanyaan itu saya sesuaikan dengan kemampuan wahabi. Jadi saya buat pertanyaan seperti pertanyaan untuk anak SD kelas 1, sebagai berikut:

    1. Apakah saya boleh membagi bid’ah?
    a. Boleh.
    b. Tidak boleh.

    2. Jika saya tidak boleh membagi bid’ah, maka bolehkah saya membagi bid’ah menjadi dua, bid’ah agama dan bid’ah dunia?
    a. Boleh.
    b. Tidak boleh.

    3. Jika saya boleh membagi bid’ah menjadi dua, bid’ah agama dan bid’ah dunia, maka bolehkah saya membagi bid’ah menjadi dua?
    a. Boleh.
    b. Tidak boleh.

    Jangan lupa kunjungi blog kami http://goleksurgo.blogspot.com/2013/04/kerancuan-manhaj-wahabi_7822.html

  55. joko tingkir
    28/04/2013 at 14:14 #

    buat mta mending belajar ilmu alat dulu sampai tamat agr ga asal nafsir aza. jangan cma bisa sorof ama lugho dah berani2 nafsir al quran apalagi cma dari alquran terjemahan…ayo ngaji kpda guru yang bener2 tau ilmu tentang alqurannul kariim……tentu saja ponpes salafiyah syafi’iyah.mudah2an anda di beri hidayah oleh ALLAH SWT. AMI….N

    • budi
      21/05/2013 at 14:24 #

      mas joko…mta tidak menafsirkan alqur’an….tp mempelajari tafsir2 alqur’an yg sudah ada..kaya punya Al Azhar, Riadus Solihin, dll..begituuu..

      • 27/05/2013 at 21:06 #

        tafsir punya sukino juga ….

      • Untung
        13/11/2013 at 10:56 #

        Wahai pengikut MTA ingatlah dan pelajari latar belakang pimpinan kalian, coba amati dan perhatikan waktu jihad pagi yang dihadapi pimpinan kalian adalah laptop sama brosur, sedangkan yang membaca Al-qur’an orang lain bukan pimpinan MTA sendiri. Setelah kami tanyakan ternyata Sukino itu tidak fasih membaca Al-qur’an apalagi kitab Buchori Muslim gundulan. Kesimpulannya kalau yang membaca Sukino maka akan ketahuan ketidak fasihan dalam membaca Al-qur’an.

      • Sarkowi
        19/02/2014 at 10:11 #

        Katanya Kitab Kuning itu bikinan manusia, ternyata MTA juga mempelajari kitab kuning juga, kalau begitu bagaimana wahai mta………………….

  56. bocah netral
    03/05/2013 at 16:16 #

    Assalamu’alaikum saudara saudara….

    Ilmu Islam saya memang masih belum banyak sebagai renungan saja bukan untuk menjelek2kan (karena musuh dan saudara dalam Islam sudah jelas, akan tetapi sekenario semacam ini memang by design untuk melemahkan kita umat Islam)
    Saya sering mendengarkan ceramah MTA melalui radio, ini perbedaan yang bisa saya tangkap :
    - Dalam mentafsirkan ayat ayat Al Qur’an terlalu dangkal, apabila kita bandingkan dengan bagaimana tafsir Al Qur’an yang Prof.Dr.Quraish Shihab dalam Al Misbah
    (Mohon anggota MTA juga mengkaji bagaimana tafsir ayat2 Al Qur’an yang mendalam – kalo bulan puasa ada tuh acaranya di Metro TV)
    - Terlalu sering menjustifikasi dengan kalimat “Kafir” coba ikuti pengajiannya dalam satu jam berapa kali Kafir diucapkan.

    Semoga menjadi renungan dan introspeksi kita semua

    Wassalamu’alaikum

  57. dimas rizkyansah
    23/05/2013 at 08:49 #

    “Dan umatku akan menjadi 73 golongan,semuanya dalam neraka melainkan satu golongan’,,para sahabat brtanya ‘golongan apakah itu wahai rosul?,”yaitu golongan Ahlussunah wal jama’ah”..(HR.At-Tirmizi juz 10,hal 109)

  58. pengembara
    01/06/2013 at 23:23 #

    MTA (Majelis Tai Asu)

    • 10/09/2013 at 12:29 #

      inikah cermin islam aswaja ??

    • 08/03/2014 at 19:30 #

      MTA itu Majelis TAfsir Al-qur’an,kalau kamu islam ngapain jelek-jelekin orang lain,..islam tidak mengajarkan hal seperti itu.

  59. Jidan
    03/06/2013 at 11:39 #

    Ayo do turu wae penah………..

  60. Jidan
    03/06/2013 at 11:41 #

    dari pada kalian udur yang belum pasti

    ayo 12 san sik…… gek madang

  61. heri
    29/06/2013 at 17:49 #

    mohon maaf ikut nimbrung

    jujur saya sendiri juga heran dengan ajaran MTA, hal ini terjadi pada ibu mertua saya setelah sekian lama mengikuti pengajian MTA ibu mertua saya kok jadi berbeda …… berbedanya kalau dalam kebaikan itu sih alhamdulilah …….lha ini bedanya kok aneh banget ……. mohon maaf setelah saya perhatikan lama – lama kok ibu mertua saya kesannya tertutup dengan lingkungan sekitar……… sampai – sampai ada hajatan atau menengok orang sakit atau hadir dalam kesusahan (takziah) bener – bener sudah tidak mau …….. setiap ditanya kok gak ikut takziah ibu selalu jawab mati dan hidup itu urusan allah ………sempet juga aku kasih masukan yang namanya hidup bermasyarakat harus bisa mengikuti masayarakat setempat selama tidak bertentangan dengan norma agama ataupun norma negara…….. eeeee kok malah dijawab dengan eyelan dll. …. mohon maaf disini saya bener2 blm tahu bagaimana dengan ajaran MTA yang selalu dibicarakan……… dan saya pun juga gak tahu ibu mertua saya seperti itu apa pengaruh dari pengajian MTA nya………yang aku tahu ibu selalu pengajian di mTA sementara kalau ada pengajian di masjid beliau tidak mau hadir ………….
    dulu sewaktu aku masih baru2nya jadi anak mantu ibuku g seperti itu ……. kok aneh ya …..mohon masukan

  62. 05/07/2013 at 13:40 #

    Maaph nih, Kok debatnya mirip yang ada di situs berita sepakbola ya?
    Saya mbaca komentar di atas sambil ngebayangin gimana ekspresi mukanya ketika komentar tersebut dalam bentuk lisan bukan tulisan. You’re all so unique!

  63. Muhdinu Karjan
    06/07/2013 at 13:37 #

    Kalau sesama umat saling Tabayun tidak akan muncul pertanyaan2 …kami mohon sikap .TABAYUN juga ditunjukan TIM SARKUB …Bila terjadi perbedaan pendapat Dikembalika pada Allah dan Rasul pasti kan ketemu penyelesaianya ……………moga antar umat islam mengedepankan persaudaraan bukan hawa nafsunya……

  64. mukhlis huda
    07/07/2013 at 22:52 #

    izin copy smua artikel yang ana btuhkan (100% ANSOR)

    • Tim Sarkub
      09/07/2013 at 05:28 #

      Kami persilahkan dengan senang hati

  65. muchammadun
    10/07/2013 at 08:17 #

    sebaiknya memang di lakukan dialog terbuka duduk dalam satu forum yang di fasilitasi MUI dan aparat penegak hukum,supaya ada kejelasan dan titik temu,ya etung etung belajar bareng.
    karrna kalau di biarkan berlarut larut ini akan menyebabkan konflik di tingkat orang yang fanatik.kalau hanya saling menghujat lewat media tidak akan menyelesaikan masalah.
    itu sama saja memprofokasi

  66. achmad fatik
    25/07/2013 at 07:11 #

    salam kenal, saya ada pertanyaan kpd tim SARKUB yg saya nilai bisa jawab dg baik n gamblang langsung saja:
    1.Islam rasa Hindu ada dalam acara (tahlilan,haul,tumpengan dan banyak lagi modifikasi ibadah dari agama tsb) tlong sebutkan dalil 2 yg membolehkan kita memodifikasi ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala tersebut?
    2.islam rasa kristen(nasroni) yaitu banyaknya lagu religi yg didalamnya banyak kalimat do’a-do’a dalam alqur’an yg diiringi musik sekarang ini, tolong tunjukkan dalilnya kalau Rosululloh pernah mengajarkan / membolehkan do’a dg bernyanyi ? mohon tim SARKUB yg ‘alim untuk memberikan petunjuk / jawabannya , agar kami dalam beramal ini bisa yakin masih berjalan dalam manhaj Rosullulloh MUHAMMAD SAW , bukan selainnya terimakasih sebelumnya,
    salam ukhuwah islamiah

    • Tim Sarkub
      27/07/2013 at 00:20 #

      1. tolong sebutkan nama kitab hindhu yang didalamnya ada acara pembacaan tahlil, sholawat, dan dzikir.
      2. tolong sebutkan di kitab kristen yg mana yang didalamnya mengajarkan shalawatan.

      terimakasih atas jawaban anda

  67. achmad fatik
    29/07/2013 at 19:25 #

    jawabanku kemarin untuk admin kok di delete kenapa ya?

  68. Netral
    07/08/2013 at 01:10 #

    Kalau gado gado enak tapi kalau Islam dicampur campur rasanya ya seperti Si sarkub. Islam ya Qur’an + Sunnah titik. DI Makkah Madinah dikampung kampung seperti Miswalah orang beribadah tidak seperti kelompok Si sarkub. Contoh sedikit orang mati tidak diajak sholat. Sudah jelas kalau Azdan panggilan untuk Sholat fardu, kok malah orang mati bayi lahir pakai azdan. Besok lagi tak komen

  69. 18/08/2013 at 04:10 #

    @Netral
    maaf sblmnya,saya bukan orang nyantri.ngaji juga asal aja.kebanyakan dari baca buku terjemahan,saya pun berpikir seperti anda…
    keras ,kaku,dan cenderung meremehkan orang lain..dan alhamdulilah dgn berusaha mencari kebenaran [bukan pembenaran-red]..InsyaAllah hati terbuka kok. bagaimana cara mengikuti / mengimplementasikan teladan kita Rosul SAW.

    ayu om sarkub..jadikan dakwah ini lebih ilmiah dan lebih santun lagi.santun lebih mengena dihati…ttp semangat..

    apunten nderek ngopi…
    sukron

  70. 18/08/2013 at 04:35 #

    Alkamdulilahhhhh…….

    Dulu sekali, saya tidak tahu dalil tahlilan. Tapi sejak ada yg mengatakan tahlilan adalah amalan yang sesat, saya baru tahu dalil tahlilan.

    Dulu sekali, saya tidak tahu dalil maulid Nabi. Tapi sejak ada yg mengatakan maulid adalah tasyabuh bil kufar, saya baru tahu dalil maulid.

    Dulu sekali, saya tidak tahu dalil mendoakan orang mati. Tapi sejak ada yg mengatakan doa itu tidak samapai, saya baru tahu dalil sampainya.

    Dulu sekali, saya tidak tau dalilnya puji-pujian sebelum sholat. Tapi sejak ada yg menyebutnya bid’ah yang sesat, saya baru tahu dalilnya.

    Dulu sekali, saya tidak tahu dalilnya pelafalan niat sholat. Namun sejak ada yg mengatakan itu bid’ah yang sesat, saya baru tahu dalilnya.

  71. 19/08/2013 at 19:52 #

    MANNNTTAAPPPPSSS….

    ALLAHUMMA SHOLI ALAIHH…

  72. 21/08/2013 at 19:38 #

    wong NU sing nggenah sinau al quran n hadis, isin ndelok postingane TIM SARKUB isine ra cetho. ngisin2i thok…. nila setitik rusak susu sebelanga….

  73. 01/09/2013 at 07:11 #

    asukino kui nak muni waton jeplak // lambene lusak // seng melu pngajiane Asukino kui wong seng kurang2 pikiran e , biasane wong deso seng jarang di ajarke agomo seng bener ….

  74. ilandarso
    06/09/2013 at 13:22 #

    KUTIPAN SALAH SATU CONTOH PERTANYAAN DARI SARKUB: “Anda mengharamkan adzan dan iqamah di telinga bayi saat dilahirkan. Padahal pendapat anda bertentangan dengan mayoritas ulama Islam. Pertanyaannya, yang benar adalah Ahmad Sukino dan kroni-kroni MTA-nya atau ulama-ulama yang mengatakan sunah? Jawaban anda menentukan mana yang sesat, kami atau MTA! Jika anda mengatakan haditsnya dhaif, maka kami semakin yakin jika anda kelasnya adalah cah angon yang sok pintar!”
    APAKAH TULISAN TSB DIATAS MERUPAKAN CERMINAN ORANG SARKUB?..YG YG KATANYA BERMARTABAT?…. PANTASKAH INI SEBAGAI PANUTAN?…. MOHON MA’AF SY BENAR BENAR MALU MEMPUNYAI SAUDARA YG JALAN PIKIRANNYA KERDIL, AROGAN & TDK MENCERMINKAN KEBAIKAN.

  75. Rosyid
    09/09/2013 at 23:26 #

    Astaghfirulloh….dgn adanya MTA(Melu Tafsire Asukino/Menurut Tafsirnya Asulino),suasana masyarakat jadi kisruh…

  76. ari
    15/09/2013 at 22:43 #

    Saudara2ku,agama itu keyakinan, anda yakin dgn amalan anda smalkan lah,kalo tak yakin jgn amalkan,amalan yg fi terima adalh amalan yg ber dasar ilmu,jgn dengan debat kuir,msh islam malah ertepuk tgn,kita per erat persatuan ukuwah islamiah,berlomba dlm kebaikn,jgn sekalipun mencela amalan saudara sendiri,tgng jwb kita hanya pd allah swt,asalamualikum

  77. kusmanta
    20/09/2013 at 16:55 #

    Inilah rekor coment terbanyak, mohon jamaah MTA instrospeksi diri, jangan keras hati, islam itu rahmatan lil ‘alamin

  78. 24/09/2013 at 03:31 #

    Saya islam,bkn nu,bkn mta bkn muhamadiyah jg bkn LDII.
    Tahukah Anda semua kalo sesama muslim itu bersaudara?
    Tahukah Anda semua bahwa berdebat soal agama lbh baik di hindari mskipun kalian benar?
    Mslh ibadah tdk bs di paksakan mas,dan tdk usa saling mengolok2,itu nanti urusan kita sama Alloh.
    Alloh saja membebaskan hambanya mo kafir atau mau beriman terserah,yg pasti smua nanti akan di mintai pertanggung jwbannya. Kenapa kita yg sama2 hamba Alloh mo mencari surga hrs bermusuhan?
    Inget mas sesama muslim itu bersaudara,kl dalam pengertian ibadah berbeda paham jgn sampai di jadikan alasan u/memerangi sodara kt sendiri.
    NB:
    sekedar masukan Untuk mas admin,situs ini bagus tp sayang bahasa penyampaiannya tdk sesuai dgn slogannya. “santun berdakwah sejuk beribadah”
    -untuk mas Gembong NU mslh masuk surga semua berhak yakin tp cukup tanamkan dalam hati saja tdk perlu di ungkapkan takutnya mengandung unsur kesombongan mas.
    “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong)dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman:18)
    Maturnuwun.

  79. garin
    24/09/2013 at 13:04 #

    Assalamu’alaikum,
    Secara gak sengaja saya nemu video tentang MTA ( Ust. A. Sukino)dan Ceramah Kyai Marzuki dan Habib Yahya……

    Jujur, saya sempat bingung, mana sih diantara mereka yang memfitnah? Mana sih diantara mereka yang menyebarkan berita bohong atau menjelek-jelekkan?

    Tapi yang pasti,
    1. Secara ilmu ilmiah: Siapa yang benar dan berniat baik, tidak akan pernah takut untuk berdialog untuk bersama-sama mencari kebenaran. Jadi siapa yang menolak atau mangkir saat diajak berdialog, maka……….. (silahkan anda berpikir sendiri kelanjutannya)
    2. Secara moral: Kalau memang mengaku Guru/Ustadz/Kyai/Habib atau apapun sebutannya, yang jelas pasti ada pengikutnya. Saat dia tahu, kalau apa yang diyakininya itu salah, harus dengan segera dan berlapang dada secara jujur dan ksatria mengakui bahwa dia khilaf dan mengajak pengikutnya untuk tidak meneruskan atau mengikuti keyakinannya yang salah. Bahkan dia harus menjadi yang pertama untuk mencontohkan yang benar. Bukan ngotot mau benarnya sendiri atau gengsi mengakui salah karena sudah punya pengikut…… (Untuk siapapun yang punya ummat dan sadar kalau yang diyakininya salah, ayo segera akui kesalahanmu)

    NB: Ilmu agama boleh cethek tapi hati nurani saya gak bisa dibohongi, mana yang benar dan mana yang salah. Ayo saudaraku, gunakan hati nuranimu tuk memfilter mana yang benar dan mana yang salah. Dan aku sudah gunakan hati nuraniku, jadi setelah sempat bingung, akhirnya aku tahu mana diantara mereka yang benar? Pengen tau? Tanya deh…… Saya kasih tau kok

  80. 30/09/2013 at 11:57 #

    ya ampun kenapa jadi masalah???? kalian tuh yah mbok mikir kalo nggak suka ama perbedaan ya dah biarin.. hahaha tp kynya ngak trima juga ama hal2 yang menyeleweng dengan apa yang kita percayai.. asem tenan ngawor majlise kui…..

  81. JAMIUN
    01/10/2013 at 11:29 #

    Tidak usah khawatirkan MTA, Salafi, Muhammadiyah HTI, atau apapun Organisasinya, Anda prihatin saja kenapa banyak masjid di tempat anda yang sepi dari jamaah, Katane Ahlussunnah Wal Jama’ah, tapi subuhan cuma 3 orang, katanya cinta Nabi, Tapi yang di contohkan ndak di lestarikan,Tidak di uri uri,belum menjadi budaya di Indonesia, sholat berJamaah sepi, Tidak pekewuh sama Alloh Swt. Tapi kalau Yasinan, Istighosah sak Kampung teko kabeh, Nek ndak datang pekewuh, malu, takut di Omongin, di kucilkan, katane “Islam opo kwi? anyaran mesti” Dan itu fakta. OM SARKUB

  82. rudi
    02/10/2013 at 22:06 #

    1. ada keterangan “Dilarang berdusta atas nama SARKUB atau NU”. setau saya, tidak boleh berdusta dalam keadaan apapun., qulil haq wlw kna murron

    2. Rasulullah tdk prnh mngajarkan utk mnjelek2an, apalgi swdara sesama muslim. jadi kalo mau meneladani rasul, ya ikuti ya.., :)

    3. setau saya, MTA tdk prnh melakukan hal2 aneh sperti yg dsebutkan diatas. ada juga qo, vdeo dskusi lengkap antara MTA,NU,MUI jateng,MUI Pusat. jadi.. anda itu siapa ? :)

    4. yg harus di hujat itu, yg mndukung Miss world, przinahan, prgaulan, krupsi, mafia2, dsb. jgn sampe du gerogoti dari dalam,

    5. lanaa a’malunaa, lakum a’malukum.,

    Untuk seluruh ormas islam.,
    smngat berjuang akhiy.., smngat ukhty.,
    insyaAllah jika niat qta mmperjuangkan islam, islam yg dbwa Rasulullah SAW, cepat atw lambat maka qta akan sgera bersatu..,
    kapan ?
    maka segerakan lah.,

    -saya Pengamat saja-

  83. 03/10/2013 at 21:59 #

    Mau tanya tim SARKUB, di MTA kalau tahiyat awal bacaan tahiyatnya sampai innaka hamidummajiit itu bagaimana? Kalo saya pada tahiyat awal bacanya cuman sampai shalawat nabi (asyhadu………………… allahumma sholli ‘ala syyidina muhammad).. Terimakasih atas jawaban tim SARKUB..

  84. 06/10/2013 at 22:41 #

    saya orang awam cetek pengetahuan dalam ilmu agama, kami butuh bimbingan dan butuh teladan, ibarat hidup ditengah persimpangan …… sulit mencari teladan di indonesia , bagaimana dengan fenomena penceramah bertarif ( ini fakta bukan fitnah) dan itu hanya sebagian kecil yang terungkap di media, dikehidupan sehari-hari bila kita mengundang penceramah juga pakai itu ( ya itu lah ). trus mana yang kita contoh teladan. Jadi saran saya jangan kita hanya pandai ilmu agama hanya untuk berdebat akan tetapi lebih baik tau sedikit tapi diamalkan sekuatnya dengan keiklasan. Jujur banyak warga muslim yang kebingungan dengan jaman yang serba materialistik semua diukur dari materi, semoga para generasi muda islam dapat memikirkan agar :
    1. Ibadah itu Mudah
    2. Ibdah itu Murah/gratis
    3. Ibadah itu mengutatkan ekonomi umat

  85. Mbah Surono
    13/10/2013 at 19:41 #

    opo opo jare gak ono tuntunane, jare bid’ah, syirik, kurafat, nek di wenehi dalil jare palsu, batil, … ora duwe ilmu nahwu, sorof, opo opo nafsiri dewe. .. KABEH KABEH DADINE KAREPE DEWE. aku yo arep sak karepku dewe ndawakke singkatan mta.
    MTA = Manungso Tatanane Angel.
    MTA = Manungso Tatanane Angel.
    MTA = Manungso Tatanane Angel.
    MTA = Manungso Tatanane Angel.
    MTA = Manungso Tatanane Angel.

  86. one
    18/10/2013 at 08:18 #

    wes ben to mas sing neng MTA atau NU…rasah di udur.. dari pada bubari pengajian MTA atau mendebatkan tahlilan.. mending kita tumpas konser2 yg merusak moral pemuda .. konser konser dangdutan yg bikir ribut .. atau tayangan tayangan tv yg makin hari makin gak karuan…peredaran gambar gambar porno..yg paling parah ini.. mengaku islam tapi gak sholat. . nek kita mikir ribut aja.. trus generasi muda kita bagaimana????? .. tp jangan lupa monggo ngunjuk kopi riennnn juooooossss

  87. ki mastor
    28/10/2013 at 23:27 #

    tim SARKUB benar-benar tim sarjana kuburan.. gak mutu artikelnya…

  88. muhajir
    29/10/2013 at 23:00 #

    sudah biarkan saja MTA atau yg lainnya itu gak usah di balas serangan secara tulisan atau yg lain,yg lebih penting ustad”,habib” kyai” guru” NU tetap fokus membimbing ummat baik di internet atau majlis” toh kenyataannya kebanyakan manusia di indonesia ini masih senang dgn ulama” NU. kalo ada yg bilang bid’ah tentang ritual” NU ( sudah saya siapkan jawabannya ) MASALAH BUAT LO….

  89. abdi insani
    31/10/2013 at 09:18 #

    lakum di nukum wali yadiin.
    syurga n neraka bukan urusan QTA.
    MAU TAU PAHALA BESAR?
    KLO BERANI DAKWAHI NON MUSLIM HINGGA MUSLIM.

  90. andrea foe
    03/11/2013 at 16:49 #

    kita kembali pd diri kita sendiri…. sudahkah kita beribadah sesuai alquran sunnah…
    kembali pada alquran dan sunnah yang akan selamat dunia akhirat,,,,
    seakrang ini sangat sulit mencari ulama… yang ada ulama sekarang adlh ulama buruk… jangan pernah percaya dengan ucapan yang mengaku ulama klo kita belum menemukan dasar ilmu yang sebenarnya, bahkan 4madzab pun berpesan ; buanglah jauh2 ucapanku bila menyimpang dari alquran sunnah…
    saya sarankan NU mulai membenahi diri hilangkan rasa egois organisasi… klo saya lihat NU banyak sesatnya dr pd benarnya….ihdinasshirotolmustakim….

  91. 10/11/2013 at 13:22 #

    yen sing nakoki wong suloyo (sarkub), opo yo arep dijawab. yen dijawab malah melu suloyo. wong suloyo ki mathuke dinengke wae. ngko nek wis kesel lak mingkem dewe. wakakakakakakaka…..

  92. 16/11/2013 at 02:08 #

    klo alqur`an dan hadits bisa di fahami dari arti/terjemahannya saja,semua orang arab jadi ulama semua.lha wong itu bhs mrk.nyatanya tdk semua org arab jadi ulama.itu sbg bukti bahwa untuk memahami alqur`an dan hadits diperlukan berbagai bidang ilmu alat dan ilmu ma`ani.nah skrg kita tentukan pilihan kita,mau ikut ulama dulu yg ahli tafsir alqur`an hadits/ustd2 skrg yg memahami alqur`an dan hadits hanya dari arti/terjemahan belaka tanpa mengerti dan memahami ilmu2 alat dllnya.apa mungkin ulama2 dulu lbh pintar/`alim dari ustd2 zaman skrg.contoh kecil coba bandingkan ilmu agamanya para wali songo dengan ilmu agamanya ustd2 skrg,lebih pinter/lebih `alim siapa?hayooooooo jawab wek weeek weeek.

  93. Ramadhan Al Fatih
    17/11/2013 at 06:06 #

    Sudahlah, daripada waktu anda terbuang dan tersibukkan dengan saling menghujat, menghina, dll. lebih baik anda gunakan untuk belajar lagi, sebelum anda menyalahkan kelompok lain. Mengapa kita harus bertengkar untuk perbedaan2 pendapat yg sepele seperti itu?
    Ingat, para ulama yg ilmunya tentu saja lebih tinggi dari kita masih bisa saling menghargai, walau tidak jarang terjadi perbedaan pendapat diantara mereka. Imam Syafi’i pernah meninggalkan Qunut ketika Subuh karena untuk menghormati gurunya, Abu Hanifah. Kadang ada perbedaan pendapat, tetapi juga ada persamaan pendapat diantara para Imam. Mereka tetap menunjukkan sifat Tawadu’ dan saling menghargai. Apalagi kita, saudara2ku, yang ilmu kita masih sangat kecil ini. Biarpun kita terbagi dalam kelompok2, ormas2, dengan nama2 apalah misalnya pisang goreng, dodol garut, dsb. bukankah itu suatu yang selayaknya tidak menjadi permasalahan? Bukankah yang menjadi permasalahan adalah sikap fanatisme terhadap suatu kelompok? Jika ada saudara kita yang menyimpang tentunya kita ingatkan.
    Syeikh Albani pernah mengatakan, bahwa tidak mengapa kalau umat Islam terbagi menjadi negara2, kelompok2 tertentu tetapi masih berpegang terhadap pemahaman ahlussunah wal jamaah. Tetapi jika masing2 menunjukkan fanatisme terhadap kelompoknya, hal itu bisa menjadi perpecahan yang tidak diinginkan oleh kita bersama.
    Ingat, yang terpenting adalah Berpegang teguh terhadap Al Quran dan Sunah. Wahai Saudara2ku, surga ini terlalu luas untuk kita huni sendiri.

  94. syaiful
    18/11/2013 at 22:24 #

    halah wong gk seneng gk sah d gagas, podo2 wong islam kk seneng e ngelek2

  95. 18/11/2013 at 23:47 #

    sarkub ni ngaku gurunya bersanad sampai rosulullah, cuma mau tanya tentang tuntunan tahlilan ntk orang mati, seperti tuntunan shalat, haji,

  96. 20/11/2013 at 16:21 #

    MALAH DO UDHUR REBUTAN SORGO PO NEROKO. NEK PENGENG SORGO, KUNCINE sHOLAT, SENG BENER. TAPI NEK PENGEN NEROKO YO BUBARNO WAE KABEH PENGAJIAN. LINDUNGI PELACURAN, SOKOR2 MELU, MESTHI MLEBU NEROKO

  97. 27/11/2013 at 14:52 #

    Barang siapa yang berbicara tentang (tafsir / ta’wil) Al-Qur’an dengan tanpa ilmu, maka silahkan mengambil tempatnya di neraka (HR: Tirmidzi, Ahmad bin Hanbal dan Baihaqi)”
    Assalamualaikum, apa benar redaksionalnya hadis diatas, pada kitab apa hadis ini bisa saya dapat, kalau ngga salah hadist diatas bunyinya Barang siapa berdusta atas namaku maka silahkan mengambil tempat duduknya di neraka . syukron

  98. 15/12/2013 at 16:21 #

    Barangsiapa yang mencela atau menjelek2kan orang lain…sejatinya yang jelek mereka sendiri

  99. 17/12/2013 at 15:20 #

    Sebaiknya datang ke pengajian ahad pagi tanya langsung ke p ustad sukino pasti akan mendapatkan jawaban yang pas….biasakan/budayakan tabayun langsung kpd ybs agar tdk melebar kemana2

  100. 03/01/2014 at 15:44 #

    bener tuh… mnding numpas korupsi.. zina.. dan bntuk2 kmunkaran lain…

  101. Yazid R'zeQiu
    04/01/2014 at 03:05 #

    Assalamualaikum wr. wb. … Maaf, kok MTA jawabannya asal asal dan itu-itu saja… kalo gak bisa jawab, gak usah dijawab dulu.. tanya dulu sama mr. A.SUkino … kalo mr. A.SUkino bisa siiih.??? untuk MTA jangan asal ngomong bid'ah bid'ah…. sumpah gak masuk akal semua argument bid'ahnya, gak ada dasarnya yang masuk akal… untuk teman-teman non-MTA, agar tidak ikut terjerumus silahkan ikuti ceramah Pak. KH. Anwar Zahid yang lebih Jelas dan disertai dasar yang kuat (Qulhu wae Lek) … Terima kasih.

  102. Anonymous
    06/01/2014 at 10:42 #

    SY CUMA BERTANYA PD UMMAT MTA,GURUNYA PAK SUKINA ITU SIAPA??MUHAMADIYAH TIDAK SALAPI JG, TDK,JK DL PERNH NGAJI PADA ULAMA NDESO;<nu ASLI>,KNAPA FATWANYA MENYIMPANG,KOK MSH PD PERCAYA,,,,,UNTUK SARKUB BOLEH DONG KAPAN2 MENULIS BIOGRAFI USTAD SUKINA,BIAR G SETENGAH2

  103. 19/01/2014 at 17:25 #

    klo kyai/ustad berkaromah itu hasilnya adem dan damai keluarnya untuk umat

    klo kyai/ustad yang ini ali rakus kok panas dengernya………

  104. mumet
    27/01/2014 at 19:54 #

    Moco coment2 ra tambah padang, malah tambah mumet.. Ketokke wong mudeng2 tp kok malah marai tambah bingung wong ramudeng, duniaaaa.. Duniaaaa

  105. 28/01/2014 at 08:01 #

    Hidup Al Qaeda

  106. ahmad chudlori
    30/01/2014 at 21:39 #

    aq pernah ikut ngantar takziah pak dhenya istriku. Lha di kampungnya banyak yang ikut MTA, Kok solat jenazah takbirnya cuma 3 kali ya…. trus pas mau dikubur jg ga ada acara diadzani dan didoakan. malang sekali ya mayatnya kaya ayam aja….ga ada harganya.

  107. iwan
    03/03/2014 at 18:08 #

    Kata orang Solo, MTA adalah Majelis Tafsir Ahmadsukina

  108. 05/03/2014 at 07:16 #

    nu aliranku.islam agamaku dan aku bangga

  109. singgih
    06/03/2014 at 21:16 #

    Ikut nimbrung kang,inilah wajah indonesia šķŕĝ politik adu domba telah disebar lewat agama.saya mohon mta jng lah Sükɑ̤̈̊ mengkafirkan,menyesatkan sesama muslim daripada anda dakwah kepada sesama muslim dakwahlah kepada non muslim (malu diliat umat agama lain ternyata islam Ï☂ů sukanya bertengkar dng sesama

  110. 08/03/2014 at 02:03 #

    Assalamuallaikum.wr.wb ijin nyimak

  111. Saspawi
    17/03/2014 at 02:18 #

    Alhamdulillah akhirnya selesai juga baca komen dari atas sampai bawah,,
    Btw buat yg adu komentar sudahlah g usah debat,
    gua saranin tuh admin bikin posting baru biar dibaca para komentator2 handal diatas trus bikin acara temu langsung pada berani g,,
    Tapi gua salut pada beberapa nama diatas, yakin kata2ne asiik kalo g salah namane widodo, Salut Wid

  112. muhammad
    08/04/2014 at 00:19 #

    Setan tertawa & menari horeeee..
    Krn umat islam yg harus nya amalin perintah اَللّهُ dlm qur’an surat hujurot: 6+10+11+12+13 jg anfal:46+73 bukan sebalik nya..

    NU benar..siap d tny اَللّهُ hujah ibadah nya
    MTA benar..siap d tny اَللّهُ hujah ibadah nya

    Kenapa ribut..??..GITU AJA KOK REPOT

    Yg salah adl yg saling hujat..mengadu” fatwa
    Mana ahlaq kalian pengikut rosululloh.saw ???
    Ciri pengikut rosul.saw yg sangat menonjol adl:
    - khuluqin adhim
    - rukhama bainahum
    Adakah itu jd ahlaq kalian wahai umat NU & MTA..??

    Jgn Ahlaq kalian mencontoh iblis ANA KHOIRU MIN HU

  113. wahyu pramono jati
    11/04/2014 at 11:12 #

    tp kata orang orang muhamadiah mta yg betul banget pertanyaan yang diatas membat ketawa aja . malah muhamadiah dan mta ngajinya jg bersamaan aku jg skarang ikut mta. dan warga kami yang NU alhamdulilah kbanyakan jg ke mta. selamat MTA skarang maju pesat dan menyebarkan agama yg baik berlandaskan alquran.

  114. wahyu pramono jati
    11/04/2014 at 11:19 #

    dan MTA itu menurut saya lembut baik kok dulu aq juga bencinya minta ampun gara gara daging anjing halal. aq tanya langsung ternyata mta tidak menghalalkan daging anjing. dan ajarannya masuk semua di dalam alquran. cuma orang2 yang gak suka dan ngak ngaji saja yang sakit karena MTA . MUHAMADIAH YESSSSSS MTA JOOOOOSSSS kita maju bersama sama OKE

  115. 28/04/2014 at 21:41 #

    HIDAYAH HANYA MILIK ALLAH masio di coment ping 1000 lak pengeran gk maringi hidayah ~
    Tugas penerus Ulama hanya menyampaikan wlpun hanya satu ayat (pokoe di sampaikan ) semoga hidayah di berikan pada mereka yang masih ngeyel bin mbrengkel sing ora tau ngaji ihya lan hikam
    salaut buat tim sarkub.com

    Monggo ngaji maleh kalih mbh yai KH. djamaludin ahmad (tambakberas jombang)

  116. awienachro
    10/05/2014 at 01:03 #

    Woi,,woi,,saudara sesama muslim inget disamping2 kalian ada syetan laknatullah…dan orang2 kafir akan tertawa dgn pertengkaran kalian!!!na’udzubillah…

  117. 15/05/2014 at 17:30 #

    Aku Bangga dadi wong NU,, masio ake seng ngomong aku ahli bid'ah yo yowes masio MTA ngomong dusane tahlil luweh gede dr pada zina,,, tahlil iku g onok tuntunane,, yo ancene ra onok tp iki adat seng sae,,,, MTA wes kenek racune Qur'an,,, ,, Aku emang ahli bid'ah ,, bid'ah yang Hasanah,, seng penting AKU RA POPO….wkwkwkkwkwkw

  118. 15/05/2014 at 17:32 #

    Maju trus tim Sarkub ,,, walaupun banyak yg mencela,,,,

  119. MARY
    30/05/2014 at 22:37 #

    NU DAN SARKUB SESAT AHLI BID’AH

  120. 30/07/2014 at 00:59 #

    MTA kafir, bubarkan majelis tahi anjing,

  121. 30/07/2014 at 01:08 #

    Baca al quran aja gak fasih kalah sama anak tpa, sukino koplak,

Tinggalkan Pesan


Dilarang keras berdusta mengatasnamakan SARKUB atau NU
Dilarang mengisi di kotak isian dibawah ini dengan nama SARKUB, email SARKUB, dan website SARKUB.COM)
BAGI YANG MELANGGAR LANGSUNG KAMI HAPUS KOMENTAR ANDA!


6 − = 2