Tradisi Nyarkub di Saudi

Sarkub Share:
Share

rojo sangudi nyarkubTernyata aktifitas nyarkub (ziarah kubur) pada hari jum'at dipekuburan Ma'laa Makkah Saudi, cukup ramai tidak seperti hari hari yang lain. Barangkali tradisi nyarkub (ziarah kubur) hari jum'at disini juga berlaku. Berikut laporan sesuai urutan nomor gambar:

  1. Salah satu peziarah warga arab dengan posisi dan gaya ziarahnya benar-benar nyarkub ala aswaja.Duduk bersila beralaskan sajadah dan menghadap ke kuburan.
  2. Haru biru pake nangis sgala. Manusiawi sekali.
  3. Ritual tabur pasir putih. Nggak tahu apa maksud niatnya.
  4. Kemudian duduk sambil membaca buku bacaan yang saya tidak tahu apa isinya. Bukan yasin kali ya?
  5. Membaca sambil menyiapkan air mineral satu gelas dihadapannya. (Gue nuduh ini praktik syirik)
  6. Formasi berdiri menghadap kiblat bersama namun membaca/berdoa sendiri sendiri. Tapi saya yakin mereka bukan membaca nadzoman
  7. Asyik santai duduk pas diatas kepala penghuni kubur. Barangkali sedang berinteraksi. Ini kayaknya orang pakistan.
  8. Formasi melingkar doa bersama.
  9. Mencari atau menaruh sesuatu di batu nisan lurus kepala. Syari'at apalagi ini mas akhi? 😀 (arab baduwi)
  10. Doa menghadap kubur dan membelakangi kiblat.
  11. Duduk bersila menghadap kubur dan membelakangi kiblat sambil membaca sesuatu.

—–

.

________________

Aku amati semua ritual ziarah orang2 ini rata rata berdurasi kurang lebih 15 menitan. Dan obyek ini aku jepret di kejauhan 150 meteran dar jendela kamarku.  Demikian reportase menyan, mbah baba naheel melaporkan. Ma'laa, Jum'at 19/4/2013.

 Syech Baba Naheel, M.Kub
Syech Baba Naheel, M.Kub

(on Note Facebook klilk…)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

29 Responses

  1. Avatar

    Muhammad Romli28/04/2013 at 17:35Reply

    assalamu alaikum …

    ojo lali yo mbah…aku di doa’ no
    iku kan nang ma’la’

    nang baqi’ jepret pisan yo mbah….
    gawe kenang2 karo si jidat item.

  2. Avatar

    ikhwan maya28/04/2013 at 17:55Reply

    aku pisan mbah,, sarkub mesir, dungakno ben tahun iki iso haji, ben nyarkub nang kanjeng nabi..

  3. Avatar

    anake ibuku28/04/2013 at 18:50Reply

    kulo insya Allah taon niki bidal hajji mbah, nyuwun donganipun mugi lancar lan saged nyarkub wonten makamipun Kanjeng Nabi Muhammad SAW
    lan mugi wangsul saged dados hajji ingkang mabrur

  4. Avatar

    zahdan razzaq29/04/2013 at 06:31Reply

    Yg jd pertanyaan apakah mereka Ziarah hanya untuk mengingat mati dan mendo’akan ahli kubur atau juga dengan niatan tambahan seperti sarkub yaitu : Minta pada penghuni kubur agar mereka mendo’akan agar hajat / keinginan si peziarah terkabul. Sekali lagi minta pada penghuni kubur agar mendo’akan sipeziarah, sekali lagi minta pada penghuni kubur. Sekali lagi MINTA pada PENGHUNI KUBURAN agar mendo’akan si peziarah agar lulus PNS misalkan. Sekali lagi Minta pada penghuni kuburan.

    • Avatar

      nasir eks wahabi29/04/2013 at 06:46Reply

      Hanya orang bodoh – seperti wahabiyyun – sajalah yg menganggap tawasul adalah meminta kepada kuburan wali/nabi bukan meminta kepada Allah SWT, semua itu wasilah (perantara) dan ada tuntunannya dari Rosul saw, sama halnya dengan berobat kedokter jika sembuh yg menyembuhkan bukan dokter tapi Allah SWT, dokter hanya perantara kesembuhan.

      • Avatar

        zahdanrazzaq01/05/2013 at 11:19Reply

        @nasir eks wahabi
        Silahkan tanya pada tim sarkub apakah yg saya tulis diatas SALAH ??!!
        Realita yg terjadi seperti itu bung ! dan sy yakin tim sarkub tidak akan memungkiri apa yg sy sampaikan diatas!!
        sekarang sy tanya :
        MEMINTA PADA PENGHUNI KUBURAN AGAR MENDO’AKAN HAJAT SIPEZIARAH SUPAYA TERKABUL boleh atau tdk??
        sekali lagi MINTA PADA PENGHUNI KUBURAN.

    • Avatar

      anake ibuku29/04/2013 at 12:09Reply

      anda pergi aja ke arab lalu tanyakan langsung pada mereka

      • Avatar

        zahdanrazzaq29/04/2013 at 15:04Reply

        anda BODOH !!

        Harusnya anda tanya pada sarkub darimana sarkub YAKIN bahwa apa yg dilakukan orang arab diatas SAMA dengan SARKUB sehingga Tim Sarkub berani mengatakan/memberi judul bahwa orang arab melakukan TRADISI NYARKUB
        (yaitu : Minta pada penghuni kubur agar mereka mendo’akan agar hajat / keinginan si peziarah terkabul. Sekali lagi minta pada penghuni kubur agar mendo’akan sipeziarah, sekali lagi minta pada penghuni kubur. Sekali lagi MINTA pada PENGHUNI KUBURAN agar mendo’akan si peziarah agar lulus PNS misalkan. Sekali lagi Minta pada penghuni kuburan.!!)

        • Avatar

          vianida29/04/2013 at 18:18Reply

          ane termasuk orang yang punya tradisi nyarkub. dan yang selama ini ane lakuin di kubur abi ya ngedoain abi moga2 diampuni segala dosa2 Beliau dan ditempatkan di tempat yang mulia di sisi-NYA.
          Jd ane khunuzan aje kalo sdr2 aswaja yg nyarkub jg ngedoain yg di alam kubur..
          adapun yg ke kubur minta kpd yg di kubur, itu baru tradisi yg harusnya dilurusin..

          • Avatar

            zahdanrazzaq01/05/2013 at 11:27

            @vianida
            Sy pun demikian datang pd kuburan lalu mendo’akan ahli kubur juga agar melembutkan hati karena mengingat kematian.
            Nah tapi yg jadi soal adalah :
            “Minta pada penghuni kubur agar mereka mendo’akan agar hajat / keinginan si peziarah terkabul. Sekali lagi minta pada penghuni kubur agar mendo’akan sipeziarah, sekali lagi minta pada penghuni kubur. Sekali lagi MINTA pada PENGHUNI KUBURAN agar mendo’akan si peziarah agar lulus PNS misalkan.”
            Inilah tambahan tujuan ziarah versi SARKUB.

        • Avatar

          anake ibuku29/04/2013 at 18:47Reply

          sy memang bodoh, tapi saya masih bisa membaca dengan baik
          saya baca pada artikel diatas nyarkub=ziarah kubur
          tapi pada komentar anda menulis:
          TRADISI NYARKUB
          yaitu : Minta pada penghuni kubur agar mereka mendo’akan agar hajat / keinginan si peziarah terkabul
          apakah saking bodohnya saya sehingga saya salah baca, atau saking pintarnya anda sehingga dengan mata pintar anda cara baca tulisan pada artikel diatas jadi berbeda?

  5. Avatar

    Noobie29/04/2013 at 11:19Reply

    Wah ternyata di saudi nyarkub juga ya gk sperti yg digembar gemborkan di indonesia…

  6. Avatar

    MoSWi Pamarhadi29/04/2013 at 12:20Reply

    Laporana Hade Kang!!!! Mantap Surantap!!! Aya deui teu..? Cik publish deui..

  7. Avatar

    akhmad29/04/2013 at 18:19Reply

    alkmdulilah

  8. Avatar

    Noobie29/04/2013 at 20:55Reply

    @ zahdan : emang salah ya mas minta didoakan penghuni kubur? Bisa tau dalilnya gk mas saya agk2 awam masalah ini

  9. Avatar

    zahdan razzaq30/04/2013 at 03:14Reply

    Alhamdulillah,
    Sy tidak bodoh karena sy tahu definisi ziarah kubur yg dimiliki sarkub itu tidak sama dengan Definisi ziarah kubur aslinya.
    Maka itu tatkala sarkub bicara ziarah kubur maka jangan hanya anda fahami hanya untuk mengingat kematian dan mendo’akan ahli kubur tapi ada niatan tambahan yg mungkin bs jadi ini lebih utama yaitu minta pada penghuni kubur agar dido’akan agar hajatnya terpenuhi.
    Tradisi nyarkub (versi sarkub) :
    Kalo pengen dapet jodoh, atau lulus PNS misalkan dll datang ke kuburan lalu MINTA pada PEnghuni KUBURAN agar Mendo’akan hajatnya terkabul. Sekali lagi MINTA PADA PENGHUNI KUBURAN.

    Makanya sekarang kuburan lebih ramai dari masjid, lalu agar yg lg minta2 itu nyaman maka dibangunlah kuburan2.

    • Avatar

      anake ibuku30/04/2013 at 06:22Reply

      masya Allah….
      ternyata anda benar benar “orang pintar” sampai bisa membaca isi hati orang lain
      kalau dlm agama, ilmu membaca hati orang lain disebut apa mas?
      benarkah sekarang kuburan lebih ramai dibanding masjid? apakah anda sudah melakukan survey?
      kalau belum, berarti anda benar benar “pintar”
      dalam Islam disebut ilmu apa untuk mengetahui sesuatu yg bahkan anda sendiri belum melakukan survey?
      tolong sebutkan dalilnya agar saya yg bodoh ini bisa tahu dan paham

  10. Avatar

    zahdan razzaq30/04/2013 at 06:35Reply

    @aibuku
    Anda memang benar2 bodoh, tahu darimana anda bahwa saya belum survey? Sok tahu.
    Saya juga santri dan mondok di pesantren NU jd maaf sy tahu,
    Kl anda juga santri berarti anda memang benar2 bodoh gak tahu apa yg saya sampaikan, silahkan tanya sendiri pada tim sarkub !
    Tp kl anda bukan santri ya wajar kl begitu. Berarti anda adalah orang gak tahu yg sok tahu.

    • Avatar

      anake ibuku30/04/2013 at 07:08Reply

      kan dari awal sy udah bilang kalo saya bodoh
      saya kan nanya apakah anda sudah melakukan survey?
      mana kata kata saya yg anda anggap “sok tau”?
      trus anda ngaku nyantri di NU
      udah brapa taon nyantri? udah khatam brapa kitab?
      jawab juga pertanyaan saya diatas
      bukankah orang pintar seharusnya mengajarkan ilmunya pada orang bodoh?
      saya memang bukan santri, hanya ngaji pada guru ngaji di masjid kampung.

      • Avatar

        nasir eks wahabi30/04/2013 at 09:33Reply

        zahdan razzaq@, yang dalam pikiran ente orang yang berfaham wahabi laknatullah adalah orang yang pintar2, jenius, cerdas diatas rata2 dari orang kebanyakan, sama halnya bangsa yahudi merasa bangsa pilihan tuhan, bangsa lain adalah sampah belaka, begitu juga dipikiran ente selain panganut wahabi adalah bodoh, dungu, idiot dan tempatnya dineraka, surga adalah hak mutlak kalian para wahabiyyun…..ha ha ha maklum surga sudah dikontrak dan dimonopoli sama wahabi.

      • Avatar

        zahdanrazzaq30/04/2013 at 13:10Reply

        Dari awal sy memang tanya sarkub yg sama2 santri NU.
        Ya sudah kl anda memang bukan santri NU berarti susah, apa yg sy sampaikan gak kan nyambung, tapi jika anda dan teman2 yg lain memang penasaran tanya saja tim sarkub (lemat e-mail aja) insya Allah apa yang sy sampaikan adalah Fakta dan sama sekali bukan dusta apalagi fitnah !!
        Sekali lagi sy hanya berkomentar (bukan ngajak musuhan) pada tim sarkub dan menunggu jawaban darinya bukan yg lain.

        Mohon dimaafkan sebelumnya jika sy kasar.
        muhammad zahdan razzaq

        • Avatar

          anake ibuku30/04/2013 at 14:32Reply

          ok gapapa kalau anda memang gak mau menjabarkan ilmu yg anda miliki disini dan membiarkan saya tenggelam dalam kebodohan
          saya juga mohon maaf kalau saya ada salah
          salam persaudaraan sesama muslim…
          #kebenaran hanya milik Allah SWT, saya hanyalah seorang hamba yang bodoh yg akan terus belajar sampai Izroil datang menjemput

  11. Avatar

    Noobie30/04/2013 at 10:10Reply

    Saya kan minta dalil mas bukan minta pendapat mas

  12. Avatar

    Lare Banyuwangi30/04/2013 at 10:45Reply

    @zahdan
    tlg tuliskan alamat lengkap saudara
    atau kota/kabupaten tempat anda tinggal

  13. Avatar

    faqir30/04/2013 at 16:28Reply

    Wahabi Konspirasi Yahudi
    Runtuhnya kekhalifahan, sejarah berdirinya Arab Saudi atas peran Yahudi dan Ulama Wahabi. Wahabi: konspirasi Yahudi meruntuhkan Islam dari dalam, merusak agama atas nama agama.
    http://www.youtube.com/watch?v=hLJdPOCdH0c&list=PLAFE5DA1698C8B3B2

    Salah dalam beraqidah jadi sebab ke Neraka, jika tahu salah dan dosa semoga dikuatkan untuk bertaubat. Maaf lahir dan batin

  14. Avatar

    leo30/04/2013 at 16:45Reply

    Asumsi berdasarkan penglihatan.. sungguh naif.
    bisa jadi yang melihat lebih syirik dri pada yang di lihat

  15. Avatar

    Noobie05/05/2013 at 00:50Reply

    @zahdan : dalilnya kOK gk Ada mas ?

  16. Avatar

    Abu Nawfal17/05/2013 at 14:46Reply

    Tidak ada yang salah dengan artikel ini. Ziarah memang dianjurkan bagi Muslimin. yang bikin iri : seandainya di sini kuburan juga tidak ditembok, dibangun, ditinggikan, ditulisi macam2, dikasih rumah2an kecil yang memakan tempat di areal pemakaman…… wah betapa penginnya seperti itu.

    Tetapi jika sudah sampai “Sewon-sewon/ seribu hari kematian” ya kuburannya pasti dibangun deh……

Leave a Reply to Noobie Cancel reply