Makam Mbah Ratu Ayu Bangil Pasuruan

Salah seorang kru Sarkub dari Tangerang menyempatkan diri untuk berziarah ke makam Mbah Ratu di Bangil Pasuruan
Sarkub Share:
Share

SARKUB.COMKalau anda berkesempatan mengunjungi Bangil Pasuruan cobalah untuk mampir berziarah ke makam waliyullah yang terletak di belakang komplek rest area Swadesi. Disana terdapat makam Mbah Ratu Ayu yang memiliki nama asli Syarifah Khadijah putri dari Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati, salah satu walisongo). Cerita dimakamkannya Mbah Ratu Ayu Ibu di Bangil ini bermula ketika suatu saat putri Sunan Gunung Jati ini, mendadak dirundung rasa kangen yang begitu dalam kepada kedua putranya yang tengah belajar agama di pondok pesantren milik Mbah Soleh Semendi di daerah Winongan, yang tak lain adalah masih familinya.

Akhirnya berangkatlah beliau mengunjungi kedua putranya, Sayid Arif Basyaiban, Segoropuro dan Sayid Sulaiman Mojoagung yang belajar di pesantren di Winongan. Namun sepulang menjenguk kedua putranya tersebut, Mbah Ratu Ibu mendadak sakit saat di daerah Bangil dan akhirnya meninggal. Setelah meninggal Syarifah Khadijah dimakamkan di pemakaman di daerah yang sekarang disebut dengan Wetan Alun karena memang letaknya di Wetan (Bahasa Jawa yang artinya Timur) dari alun-alun Bangil.

Melahirkan keturunan berupa ulama besar di Pasuruan tidaklah tercetak dengan sendirinya. Sebab, selain silsilah dari salah satu Wali Songo, suami Alhababah Syarifah Khodijah juga orang terhormat. Yakni, Habib Abdurrohman bin Umar Baasyaiban. Di kalangan orang Jawa, Habib Abdurrahman lebih dikenal dengan sebutan Jaka Tingkir. Sayangnya, sejarah-sejarah Islam seperti ini, tidak banyak diwariskan buat cerita anak cucu kita. Di sekolah-sekolah, jarang sekali yang mengajarkan tentang sejarah Islam. Padahal ini sangat penting artinya.

Dikisahkan,  "Pernah ada anak usia 12 tahun yang sejak lahir tidak bisa bicara. Tapi tiba-tiba bisa bicara setelah menghadiri haul Mbah Ratu Ibu ini, dan ini adalah salah satu karomah wali perempuan disini mas. Karena wali perempuan jarang, makanya karomahnya begitu hebat," ujar salah satu warga di sekitar makam.

Komplek ini terletak persis dibelakang rest area swadesi, diperikirakan berumur sudah ratusan tahun, sebelumnya komplek ini tak ada bedanya dengan komplek-komplek makam yang lain, hanya komplek makam biasa, suatu saat ada seorang kyai dari daerah Lawang Malang bernama Kyai Ba'bud mengunjungi komplek ini dan menemukan sebuah makam yaitu makam Syarifah KhadijahKyai Ba'bud mempercayai kalau makam ini bukan makam dari orang biasa atau lebih tepatnya seorang wali menurutnya, maka kemudian dibangun sebuah kijing (bangunan makam) dan dalam perkembangannya dibangunkan sebuah gedung untuk menandai komplek tersebut, dalam komplek ini terdapat beberapa makam diantaranya makam Syarifah Khadijah (Mbah Ratu Ayu/Ratu Ibu), Abdullah Bin Abdur Rahman, dan pembantunya, serta makam KH.Qosyim Muzammil, juga terdapat satu makam lagi yang terpisah dari bangunan ini, terletak di sebelah timurnya yaitu makam Habib Qosim Basyaiban.

Komplek ini banyak dikunjungi peziarah dari berbagai daerah dan berbagai kalangan, apalagi ketika digelar acara Haul peringatan wafatnya Mbah Ratu Ibu, ratusan peziarah dari seluruh pulau jawa dan dari berbagai daerah di seluruh nusantara berkumpul disini untuk memperingati Haulnya.

Komplek pemakaman ini didukung dengan adaanya Masjid, Rest Area dengan rumah makan yang menyajikan makanan khas Bangil seperti Gule Sate serta lahan parkir yang cukup luas, di tambah lagi UKM-UKM khas seperti busana bordir, souvenir juga terdapat dalam satu komplek. Akses untuk menuju komplek ini juga sangat mudah karena terdapat Halte tempat transit travel, bus antar kota dan antar propinsi yang menuju Surabaya, Probolinggo, Banyuwangi, Bali dan Lombok, yang hampir semua berhenti di tempat ini yang dikenal dengan swadesi.
 
(Dari berbagai sumber)
 
Salah seorang kru Sarkub dari Tangerang menyempatkan diri untuk berziarah ke makam Mbah Ratu di Bangil Pasuruan

Salah seorang kru Sarkub dari Tangerang menyempatkan diri untuk berziarah ke makam Mbah Ratu di Bangil Pasuruan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

17 Responses

  1. Avatar

    sabardiman26/05/2013 at 09:58Reply

    Assalamualaikum war., wab.

    Kok fotonya aneh, ada kru sarkub yang mencium mesan kuburan ? apakah gak musyrik tuh.

    wassalam

    Sabardiman-serang

    • Avatar Author

      Tim Sarkub26/05/2013 at 13:42Reply

      wa’alaikum salam.
      tidak ada dalil yang sahih bahwa tolok ukur kemusyrikan hanya dari gambar. akan tetapi isi hatinya. hanya orang tersebut yg mengetahuinya. bukan anda.

      salam sarkub!

  2. Avatar

    Carol Suedisman26/05/2013 at 23:12Reply

    Assalaamu alaikum ikhwaani fillah
    Barokallohu lakum!
    semoga ini sedikit mencerahkan

    Ibnu Taimiyah menyatakan bahwa sepakat para ulama akan terlarangnya mengusap-ngusap kubur Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di fatawanya, beliau rahimahullah berkata.

    وَاتَّفَقَ الْعُلَمَاءُ عَلَى أَنَّهُ لَا يُسْتَحَبُّ لِمَنْ سَلَّمَ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِنْدَ قَبْرِهِ أَنْ يُقَبِّلَ الْحُجْرَةَ وَلَا يَتَمَسَّحَ بِهَا لِئَلَّا يُضَاهِيَ بَيْتُ الْمَخْلُوقِ بَيْتَ الْخَالِقِ

    “Para ulama sepakat bahwa tidak dianjurkan bagi yang memberi salam kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di sisi kubur beliau lantas ia mencium kamarnya (yang di dalamnya terdapat kubur Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam-) dan mengusap-ngusap kuburnya. Ini sama saja menandingi rumah makhluk dengan rumah Pencipta (baitullah)” (Majmu’ Al Fatawa, 26: 97). Karena baitullah (Ka’bah) dibolehkan mengusap hajar aswad. Kalau seseorang mengusap-ngusap kubur, maka itu sama saja menandingi rumah Allah.

    Di tempat lain, Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

    وَلِهَذَا اتَّفَقَ السَّلَفُ عَلَى أَنَّهُ لَا يَسْتَلِمُ قَبْرًا مِنْ قُبُورِ الْأَنْبِيَاءِ وَغَيْرِهِمْ وَلَا يَتَمَسَّحُ بِهِ

    “Para ulama sepakat tidak boleh menyentuh kubur para nabi dan lainnya, begitu pula tidak boleh mengusap-ngusapnya. ” (Majmu’ Al Fatawa, 27: 31). Jika kubur Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam- tidak boleh diperlakukan seperti itu, bagaimana lagi dengan kubur lainnya seperti pada kubur habaib, kubur wali atau kubur sholihin?! Tentu tidak dibolehkan.

    • Avatar Author

      Tim Sarkub27/05/2013 at 21:46Reply

      Diceritakan dari Imam Ahmad bin Hanbal -rahimahullah- bahwa beliau ditanya mengenai hukum mencium makam Rasulullah -shallallahu alayhi wa sallam- dan mimbarnya. Beliau menjawab: “Tidak apa-apa”. Keterangan disampaikan As-Samhudi dalam kitab Khulashah al-Wafa.

      selengkapnya lihat: http://www.sarkub.com/2011/hukum-mengusap-dan-mencium-kuburan/
  3. Avatar

    Ahsan28/05/2013 at 23:33Reply

    Kok gampang sekali menilai orang lain musyrik hanya dari gambar, lebih baik menilai diri sendiri sudah seberapa nilai keimanan kita kepada Allah SWT.

  4. Avatar

    hasan02/06/2013 at 12:31Reply

    mencium kuburan. ini namanya berlebihan. ini barud bid’ah dholalah

  5. Avatar

    Anwar03/07/2013 at 12:47Reply

    Hari gini bid’ah-bid’ahan….monggo dulur gerakkan ziarah…jgn hirau bid’ah versi mereka…

  6. Avatar

    Ahmad22/07/2013 at 15:09Reply

    Asww, hukum mengusap, memeluk, dan mencium kuburan hukumnya menurut sebagian besar ulama adalah makruh, sebagian menyatakan jaiz / boleh. Karena tidak ada dalil syariat yang melarangnya. Terdapat riwayat sahabat seperti Bilal ra, Abu Ayyub Al Anshari ra, AbduLlah bin Umar ra melakukannya. Jadi yang mau mengatakan syirik atau haram silahkan berikan dalil. Yang nggak bisa memberikan dalil tentu tidak bisa melarang. WaLlahua’lam.

  7. Avatar

    Arief24/09/2013 at 19:09Reply

    mohon koreksi “dalam komplek ini terdapat beberapa makam diantaranya makam Syarifah Khadijah (Mbah Ratu Ayu/Ratu Ibu), Abdullah Bin Abdur Rahman, dan pembantunya, serta makam KH.Qosyim Muzammil, juga terdapat satu makam lagi yang terpisah dari bangunan ini, terletak di sebelah timurnya yaitu makam Habib Qosim Basyaiban.”

    Itu bukan KH. Qosyim Muzammil tp KH.Hasyim Muzammil.

  8. Avatar

    foelan27/09/2013 at 00:38Reply

    di bangil ada juga makam aulia Al-Quthb Al-Ghaouts, Habib Abdullah bin Ali Al-Haddad (Habib Kramat Bangil)
    http://majelas.wordpress.com/kisah/habib-abdullah-bin-ali-al-haddad-kramat-bangil/

  9. Avatar

    Bulik Darmi23/11/2013 at 07:48Reply

    نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُجَصَّصَ الْقَبْرُ، وَأَنْ يُقْعَدَ عَلَيْهِ، وَأَنْ يُبْنَى عَلَيْهِ
    “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah melarang kubur untuk dikapur, diduduki, dan dibangun sesuatu di atasnya”.
    Hadits ini diriwayatkan oleh Muslim no. 970, Abu Daawud no. 3225, At-Tirmidziy no. 1052, An-Nasaa’iy no. 2027-2028 dan dalam Al-Kubraa 2/463 no. 2166, ‘Abdurrazzaaq 3/504 no. 6488, Ahmad 3/295, ‘Abd bin Humaid 2/161 no. 1073, Ibnu Maajah no. 1562, Ibnu Hibbaan no. 3163-3165, Al-Haakim 1/370, Abu Nu’aim dalam Al-Musnad Al-Mustakhraj ‘alaa Shahiih Muslim no. 2173-2174, Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 3/410 & 4/4, Ath-Thayaalisiy 3/341 no. 1905, Ath-Thabaraaniy dalam Asy-Syaamiyyiin 3/191 no. 2057 dan dalam Al-Ausath 6/121 no. 5983 & 8/207 8413, Abu Bakr Asy-Syaafi’iy dalam Al-Fawaaaid no. 860, Abu Bakr Al-‘Anbariy dalam Hadiits-nya no. 68, Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 1/515-516 no. 2945-2946, dan yang lainnya

  10. Avatar

    Jimi Roy24/11/2013 at 01:13Reply

    terusin aja jika anda yaqin, dengan hal diatas dalam gambar dan kisah cerita tentang Almh ibu Syarifah Khadijah,semoga saja kesalehannya membawanya kesyurga, tetapi kita ini yang mengaku beriman, apa sekedar demikian menghormatinya, ikutilah kesalehannya, barulah chanel kita nyambung, beliau sudah tiada, agar beliau tidak menangis dialam sanah, karena kita hanya menghormati Nissannya saja, Semua sudah yang ada dialam qubur tidak terlibat dosanya lagi, tidaklah kita menambah beban dosa beliau ketika kita mengkultuskannya, , kita berziarah hanya mengingatkan diri kita akan kembali menysul beliau ntah kapan, kita perbaiki amaliah kita murnikan Allah semurni-murninya, agar tanggung jawab kita tidak berat diakhirat, yang telah mati tidak mengharapkan pujian apapun dari yang hidup, selama hidup saja mungkin beliau tidak mau dipuja an dipuji, beliau hanyalah memuji Allah, jika kita melampaui batas menghormati quburan, jiwa kita selalu was-was, sebab setan dengan mudah masuk dari celah-celah itu, karena sangat tipis antara Iman tauhid seutuhnya dengan kemusyrikan, yang saya sudah rsakan bagaikan kulit ari sedikit saja niat yang salah, sangat mudah tergelincir dengan kesesatan, berhati-hatilah

  11. Avatar

    binti31/01/2014 at 22:06Reply

    Jokotingkir itu kok bisa jadi menantu sunan gunung jati??? Datanya valid ta mas?? Trim

  12. Avatar

    Muhammad Hadi10/01/2015 at 13:00Reply

    Bismillah… karomah beliau yai ageng siti khotijah sunggu Anugera yang sangat besar dari Alloh Subhanallohu Wata'alaa dan itu pun terjadi dalam suatu dua tahun mendekati haul beliau diwaktu itu saya dalam guncangan Iman bisa dibilang saya gila'' dan saya sowan ma al habib ahmad assegaf minta doa dan ridho beliau dan saya menangis tak henti2 nya di telapak kaki beliau alhabib lalu habib ahmad bilang bangun lah dan beliau berdoa dan setelah iu saya berpamitan kemakam yai ageng siti khotijah dan sebelum masuk makam saya menagis tak henti2 nya dan ahkirnya ada rombongan habaib yang berziara dimakam itu dan saya masuk makam dan sama kakak saya dan ber doa lalu saya mendekat tembok dekat pintu sambil meangis lalu kepala saya saya entur2kan tembok sambil menangis dalam keadaan tak sadar karna goncangan Iman an setelah selesai ziarah saya memetik buunga melati itu 3 biji lalu saya bawa pulang dan ahkir nya saya mendatangi makam ayah saya dan sambil berjalan mutar mutar dijalan raya membuat mobil surabaya malang gak bisa jalan karna ada anak berjalan mutar2 ditengah2 jalan sambil menyebrang dan setelah itu karna kuatir orang tua pada keadaan saya ' keluarga membawa saya kerumah sakit jiwa dan sampai disana saya disambut orang2 gila dan dia bilang gini kang2 dek kene nggone wong gendeng duduk wong waras' dan dalam 3 hari saya di pinda ke orang setres dan disambut dengan orang2 setresdengan bilang gini kang2 dek kene nggone wong setres duduk wong waras' dan datang maulid baginda nabi Muhammad Rosululloh Saw dan diruma skit jiwa saya menangis karna tidak dapat memulyakan Robba nahan/ terbangan maulid saya menangis sampai tertidur dan ahkirnya mimpi makam nyai ageng siti khotijah dan ditebari bunga yang sangat harum subhanalloh sampai2 rasanya sampai sekarang tidak hilang walau pun sudah 2tahun lama nya dan dimimpi itu saya menangis tak ada berhenti2 nya karna tak dapat marasakan marhabanan maulid Rosululloh Saw dan ahkir nya begitu saya bangun saya sudah sadar dari goncang Iman /gila dan keluarga menjemput saya bahagia karna sembuh dari gila? mugi2 pinaringan menambah manfaat dan tambah cinta bagi yang berjiarah di makam yai ageng khotijah … Alfatehah…

  13. Avatar

    Bejo Tenan07/03/2015 at 05:19Reply

    saya satu kali ke makam beliau syarifah khodijah

  14. Avatar

    Susi Handayani03/05/2015 at 02:16Reply

    jika anda butuh angka togel hbg MBAH SUJARWO di nmr hp beliau 0823-2424-4298 di jamin 100% tembus

  15. Avatar

    YLI AYU02/10/2016 at 17:15Reply

    Saya RUDI DARMAWAN 40 tahun dari SUMATRA,Saya mau mengucapkan terima kasih yg tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada AKI . saya seorang kontraktor yang terbelit masalah hutang piutang ratusan juta, parahnya lagi, sisa uang juga sudah ludes kalah bermain saham,sudah lama saya mengetahui blog ini,juga sudah lama mendengar nama besar beliau, tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib,jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yg mau menipu.tetapi kemarin waktu pengeluaran kemarin 2746, saya benar-benar sulit percaya, angka yg diberi AKI tunggal 2746 ternyata betul-betul tembus,awalnya saya coba-c0ba menelpon AKI,saya bilang saya sedang terbelit masalah hutang hampir 200 juta, jika dalam minggu ini tidak dilunasi,maka saya akan dilaporkan kepihak berwajib AKI bilang,kalo saya mau, si AKI ada angka anunaki hasil ritual ghoib 4d tunggal,tapi syaratnya harus ditebus dengan mahar 20 juta, karena cuma ini jalan satu-satunya untuk mendapatkan uang secara cepat, maka setengah kurang yakin saya usaha cari pinjaman hutang kesana kemari, dapat pinjaman 21 juta, langsung saya transper kerekening AKI, besoknya saya di beri angka tunggal 2746, mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar,setengah putus asa saya pasangin kali 200 lembar di 2 tempat bandar berbeda,dengan perasaan cemas dan hati dag dig dug saya menunggu pengeluaran sore harinya, badan saya lemas & hampir pingsan,…ternyata meledak….!!! seumur hidup baru kali ini saya mendapat BLT 600 jt, uang ini bisa buat melunasi hutang, sisanya bisa buat buka usaha baru, sekali lagi terima kasih banyak AKI seumur hidup saya tidak akan melupakan kebaikan AKI Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa,hanya ingin berbagi pengalaman dengan teman-teman senasib. salam kompak bila butuh angka ritual yang dijamin tembus silakan hubungi AKI DEWA di no==085=222=500=175=.inysa Allah beliau pasti menbantu anda wassalam atau klik ====https://www.facebook.com/Rudi-Darmawan-1669473823309798/…

Leave a Reply