Dahsyatnya kalimat لا اله الا الله

Sarkub Share:
Share

istighfar

Abu hurairah r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda Perbaharuilah iman kepercayaanmu. Ditanya : Bagaimana memperbaharui iman ya Rasulullah?

Jawab Nabi s.a.w : Perbanyakiah membaca : La ilaha illallah. (H.R. Ahmad, Al-hakim).

Usman bin Malik r.a. Nabi s.a.w. bersabda : "Sesungguhnya Allah telah mengharamkan api neraka terhadap orang yang telah berkata : La ilaha illallah benar-benar mengharap keridhoan Allah (dengan ikhlas)."   (H.R. Bukhari Muslim)

Syaidina Ali r.a. berkata ; Nabi s.a.w. bersabda : Jibril a.s. berkata : Allah ta'ala berfirman : "La ilaha illallah itu sebagai bentengku, maka siapa yang masuk kedalaitinya aman dari siksaKu."  (H.R. Ibn Asakir).

Abud-Dardaa r.a. berkata ; Nabi s.a.w. bersabda ; " Tiada seorang yang membaca : la ilaha illallah seratus kali, melainkan akan dibangkitkan oleh Allah pada hari qiyamat dengan wajah yang bagaikan bulan purnama, dan tiada seorang yang berbuat amal lebih afdhal dari padanya pada hari itu kecuali yang membaca seperti itu atau melebihi dari itu."  (H.R. Atthabarani).

Ummi Hani' r.a. berkata : Nabi s.a.w. bersabda : "Kalimat La ilaha illallah itu tidak dapat dikejar oleh lain amal, dan tidak meninggalkan dosa (Ya'ni tidak ada amal yang lebih besar dari padanya, dan semua dosa dapat dihapus sehingga tidak ada sisanya)." (H.R. Ibn Majah).

Jabir r.a. berkata : Nabi s.a.w. bersabda : "Dzikir yang utama ialah La ilaha illallah, dan do'a yang utama ialah Alhamdulillah."  (H.R, Attirmidzi, Annasa'i).

Abu Said Al-khudri r.a. berkata : Nabi s.a.w. bersabda : Nabi Musa a.s. berdo'a : "Ya Rabbi ajarkan padaku sesuatu untuk berdzikir padaMu." Jawab Allah : Bacalah : La ilaha illallah. Musa berkata : Ya Rabbi semua orang membaca itu, dan aku ingin yang istimewa untukku. Jawab Allah : "Hai Musa andaikata tujuh lapisan langit dan penghuninya dan tujuh lapisan bumi diletakkan disebelah timbangan La ilaha iilallah, niscaya akan lebih berat kalimat : La ilaha iilallah melebihi dari semua itu."  (H.R. Annasa'i).

Abubakar r.a. berkata : Lazimkan selalu kalimat : Lailaha iilallah dan istighfar, perbanyaklah membaca keduanya, sebab Iblis berkata : Aku telah membinasakan manusia dengan dosa, dan mereka membinasakan aku dengan membaca La ilaha illallah dan istighfar, ketika demikian maka aku binasakan mereka dengan hawa nafsu, maka mereka mengira bahwa dirinya telah mendapat hidayat (dan benar).  (H.R. Abu Ya'la)

Abu hurairah r.a. berkata : Ketika Malakul-maut menghadiri seorang yang mati, maka ia menyelidiki semua anggautanya, dan tidak menemukan amal kebaikan, kemudian membelah hatinya juga tidak menemukan amal kebaikan, kemudian dibuka mulutnya, tiba-tiba menemukan lidah lekat pada bagian atgs mulut membaca : La ilaha illallah, maka diampunkan baginya karena ada kalimat ikhlas itu.   (H.R. Ibn Abi Dunia, dan Albaihaqi).

Mu'adz bin Jabal r.a. berkata : Nabi s.a.w. bersabda ; Siapa yang akhir perkataannya kalimat : La ilaha illallah pasti ia masuk surga  (H.R. Abu Dawud, Ahmad).

Semoga Allah yang maha murah dan pengasih mengakhiri kalimat kita didunia ini kalimat tauhid. La ilaha illallah, bukan kata – kata keji seperti bid'ah, sirik, kurofat, kafir dan sebagainya…Aamiin Yaa Robbal 'alamiin..

 

Kisah Hikayat :

Abu Zaid Alqurthubi berkata : Saya telah mendengar hadits yang menerangkan bahwa : Siapa yang membaca La ilaha illallah tujuh puluh ribu kali (= 70.000) maka akan menjadi tebusan dari api neraka, maka saya kerjakan itu karena mengharap berkat janji itu, juga saya kerjakan untuk keluargaku, juga saya telah berbuat Iain-Iain amal untuk tabunganku dihari qiyamat. Dan bertepatan ditempat kami bermalam seorang pemuda ahli kasyaf, bahkan adakalanya ia menerangkan kasyafnya mengenai surga dan neraka, dan orang-orang mengakui kelebihan pemuda itu, meskipun usianya masih muda, bahkan sayapun menaruh kepercayaan padanya, maka bertepatan kami diundang oleh kawan untuk makan minum dirumahnya dan pemuda itu juga bersama kami dalam undangan itu, tiba-tiba ia menjerit dengan sekuat suaranya, lalu ia berkata ; Ya ammi itu ibuku dalam api neraka, lalu ia menjerit kembali sekuat suaranya, dan ketika saya melihat keadaan itu timbul perasaan dalam hati, akan saya uji kebenarannya, maka saya baca : La ilaha illallah tujuh puluh ribu, dan tiada seorangpun yang mengetahui bahwa saya sedang membaca itu, kecuali Allah, dan saya percaya bahwa hadits itu benar, dan orang-orang yang meriwayatkan semuanya betul, lalu saya berdo'a : Allahumma inna hadzihissab 'Iina alfa fida'a hadzihil mar'ati umml hadzasysyaab. (Ya Allah ini bacaan yang tujuh puluh ribu sebagai penebus perempuan ibu dari pemuda ini) maka belum selesai perasaan dalam hatiku, tiba-tiba pemuda itu berkata : Ya ammi ibuku telah keluar dari api, Walhamdulillah

Kisah Hikayat ini maksudnya adalah bila ada keluarga yang telah meninggal dunia, maka dibacakanlah fida' syugro (kalimat لا اله الا الله ) maka akan menjadi tebusan dari api neraka. Bisa pula dibacakan dengan menggunakan batu 1400 batu  (misal mewakilkan 1 batu dibacakan 50 kalimat لا اله الا الله ), kemudian batu-batu tersebut diletakkan di atas makam. Semua ini dilakukan atas dasar Iman dan yakin bahwa bacaan-bacaan ini akan sampai pada ahli kubur

Oleh: Tim Sarkub.com
Sumber: Kitab Irsyadul 'Ibad Ilasabilirrasyad

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

7 Responses

  1. Avatar

    Muh Baidowi19/05/2013 at 10:03Reply

    SEBAIKNYA TEAM SARKUM DLM MEMBERI BAHASAN APA SAJA MOHON DISERTAKAN TEKS AL QUR'AN DAN HADISTNYA TDK HANYA SEKEDAR TERJEMAHANNYA SAJA, AGAR JAMA'AH ASWAJA LEBIH FAHAM DAN TAMBAH KASANAH ILMUNYA. MATUR NUWUN.
    SALAM ASWAJA

  2. Avatar

    Kusuma Rini19/05/2013 at 10:33Reply

    Siyaaap..

  3. Avatar

    Gimbong Sumardiko20/05/2013 at 08:47Reply

    se 7…….

  4. Avatar

    Adams Alemdar Badres07/12/2014 at 09:26Reply

    SSALAMUALAIKUM
    AKHY WA UKHTY
    NABI BERSABDA :"APA BILA INGIN MENGHARAPKAN DUNIA MAKA HARUS DÉNGAN ILMU,BILA INGIN MENGHARAPKAN AKHIRAT HARUS DG ILMU APABILA INGIN MENGHARAPKAN KEDUANYA MAKA HARUS DG ILMU"
    SEMOGA KITA,ANAK2 KITA,KELUARGA KITA DAN KAWAN2 KITA DIJADIKAN DAN TRMASUK DRI GOLONGAN ORANG2 YG BERILMU…! Amin..!
    ingin banyak ilmu harus perlu pengorbanan .
    tanpa ilmu , hidup akan terprosok dalam dosa.
    orang terhormat karna banyak ilmu .
    .. fondasi hidup perlu belajar .
    . dan karna belajar kita mendapat ilmu .
    SOFTWaRE ENSIKLOPEDI ISLAM LENGKAP
    … kecanggihan untuk belajar islam ..
    HUB : 089603722735
    www.khazislam.com

  5. Avatar

    Andi Aras20/06/2015 at 23:14Reply

    biasakan lah lidah ini dengan zikir lailaha illallah

Leave a Reply