Stop Menggugat Maulid

Sarkub Share:
Share

Rabiul Awal adalah bulan bertabur pujian dan rasa syukur. Di bulan ini, seribu lima ratus tahun silam, terlahir makhluk terindah yang pernah diciptakan Allah SWT. Namanya Muhammad SAW. Kita patut memujinya, karena tiada ciptaan yang lebih sempurna dari Baginda Nabi SAW. Berkat beliau, seluruh semesta menjadi terang benderang. Kabut jahiliah tersingkap berganti cahaya yang memancarkan kedamaian dan ilmu pengetahuan. Karena itu kita wajib mensyukuri. Tiada nikmat yang lebih mustahak untuk disyukuri dari nikmat wujudnya yang sang kekasih, Muhammad SAW.

   Walau masih ada segelintir muslimin yang alergi dengan peringatan maulid Nabi SAW, antusiasme merayakan hari paling bersejarah itu tak pernah surut. Di seluruh belahan bumi, umat Islam tetap semangat menyambut hari kelahiran Nabi SAW dengan beragam kegiatan, seperti sedekah, berzikir, shalawat, bertafakkur, atau dengan menghelat seminar-seminar ilmiah. Negara-negara muslim, kecuali Arab Saudi, menjadikan tarikh 12 Rabiul Awal sebagai hari libur nasional. Hariitu pun dijadikan sebagai momen pertukaran tahni’ah (ucapan selamat) bagi sebagian pemimpin negara-negara di Sumenanjung Arab. 

   Secara harfiah, maulid bermakna hari lahir. Belakangan istilah maulid digunakan untuk sirah Nabi SAW, karena, seperti telah dimafhumi, sejarah dimulai dengan kelahiran atau saat-saat jelang kelahiran. Sirah, atau sejarah hidup Rasulullah SAW itu sangat perlu dibaca dan dikaji karena penuh inspirasi dan bisa memantapkan iman. Allah SWT berfirman :

 

وَكُلا نَقُصُّ عَلَيْكَ مِنْأَنْبَاءِ الرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِ فُؤَادَكَ

“Dan semua kisah darirasul-rasul kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya kami teguhkanhatimu.. (Hud :120)”

 

MAULID NABI ISA

         Dalam Al-Quran banyak tercantum sirah para nabi. Allah SWT mengisahkan Nabi Isa A.S. secara runtun: mulai kelahirannya, lalu diutus sebagai rasul, hingga di angkat ke langit. Coba tengok surat Ali Imran ayat 45 sampai 50. Di situ Allah SWT memulai kronologi kisah Nabi Isa A.S. dengan firmannya,

إِذْ قَالَتِالْمَلائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ يُبَشِّرُكِ بِكَلِمَةٍ مِنْهُ اسْمُهُالْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَوَجِيهًا فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِينَ

“(ingatlah), ketikamalaikat berkata: “Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengankelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang)daripada-Nya, namanya Al masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di duniadan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah),”

 

Itulah Sedikit cuplikan dari Buletin Santri yang berjudul “Stop Menggugat Maulid”, silahkan Download buletinnya di sini dan sebarkan di masjid masjid sekitar rumah anda, semoga dengan Buletin ini, semakin berkurang orang orang yang anti Maulid, Amien

 

Sumber : Sanri.net

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. muhammad mahrus02/01/2015 at 06:42Reply

    mohon izin kopas, semoga bermanfaat

Leave a Reply