Sebab Turunnya Rahmat Allah SWT

Sarkub Share:
Share

Penyebab turunnya Rahmat, Gusti Allah berfirman dalam surat Ali Imran ayat 159:

(فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ)

Artinya : “Maka disebabkan Rahmat dari Allah-lah kamu (Nabi Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.”

Ini semua merupakan petunjuk bahwa bila di lingkungan sekitar kita terasa suasana kasih sayang dan kekeluargaan, itu berarti Tuhan sudah menurunkan rahmatNya pada kita. Kalau masih suka bertengkar dan eker-ekeran atau mudah sumpek dengan dunia, berarti rahmat masih digantungkan.

Dawuh Kanjeng Nabi SAW;

“Sesungguhnya ilmu itu dengan belajar, sesungguhnya sifat hilm (lemah lembut) dengan belajar berlemah lembut, barangsiapa yang mencari kebaikan, maka akan diberikan. Dan barangsiapa menjaga kejelekan, maka dia akan dilindungi.” (HR. Thabrani)

Nah, berarti harus ada usaha yang dimulai dari diri sendiri agar rahmat itu turun.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply