Palembang Sebagai Pusat Keilmuan Islam

Sarkub Share:
Share

Ada pula fakta lain merujuk pada riset yang bertajuk Daurun Nisaa’ Fil ‘Inaayati Bis Shohihaini (riwaayat) Minal Quruunir Robii’ Hijri Hattal Quruuni Robi’ ‘Isyril Hijri (Peran Perempuan Dalam Melestarikan Kitab Shahih Bukhari-Muslim [Dengan Transmisi] Sejak Abad ke-4 hingga 14 H), karya Shafiyya Idris Fallata dari Universitas Jordan, tahun 2010. Dari riset tersebut ditemukan data penting lainnya, yaitu :

  1. Salah satu dari sedikit ulama perempuan yang disebutkan di buku tersebut (ulama perempuan ahli hadits sepanjang abad ke-4 H sampai 14 H) adalah seorang ulama perempuan asal Nusantara, tepatnya dari Palembang. Ulama perempuan tersebut adalah Syaikhah Fathimah, puteri dari Syaikh ‘Abdus Shamad al-Falambani.
  2. Syaikhah Fathimah adalah satu dari tiga ulama perempuan ahli hadits di abad ke-14 H (19 M). Ketiga ulama perempuan ahli hadits tersebut adalah : Syaikhah Ummatullah binti Abdul Ghani Al Dahlawi (Delhi, India), Syaikhah Fathimah binti Abdus Shamad Al Falimbani (Palembang, Nusantara), dan Syaikhah Fathimah binti Ya’qub Al Makki (Mekkah).

Lalu ada pula dari kitab Natsirul Jawahir Wad Duror Fil Ulamail Qurunir Rabi’ ‘Asyar karya Prof. Dr. Yusuf Ar Mar’ashli, profesor hadits, Fakultas Syari’ah Universitas Islam Beirut, yang memuat biogrfi ulama abad ke 14 H (19-20 M). Di dalamnya terdapat berbagai fakta sebagai berikut :

  1. Terdapat lebih dari 60 ulama asal Nusantara, beberapa ulama tersebut berasal dari Falimbani (Palembang).
  2. Beberapa ulama tersebut banyak berkiprah di dunia keilmuan Islam skala internasional dengan menjadi Syaikh, Khatib, Muallif, Katib, Dosen, Jurnalis, Musnid, dan lain-lain. Kiprah mereka sangat berpengaruh terhadap keilmuan Islam di dunia saat itu.
  3. Lebih dari 150 buah karya ulama Nusantara yang ditulis lalu diterbitkan di Mekkah, Kairo, Istanbul, Bombay, Singapura, Pattani dan Nusantara (Jawi).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply