Kisah Nabi Khidir dan Nabi Ilyas

Sarkub Share:
Share

Kitab Al-Asror Rabbaniyyah wal Fuyudhatur RahmaniyyahDi dalam kitab "Al-Asror Rabbaniyyah wal Fuyudhatur Rahmaniyyah" karya Syeikh Ahmad Shawi Al-Maliki halaman 5 diterangkan yang artinya sebagai berikut:

Telah berkata guru dari guru-guru kami, Sayyid Mushtofa Al-Bakri: Telah berkata Al-'Ala'i di dalam kitab tafsirnya bahwa sesungguhnya Nabi Khidir dan Nabi Ilyas as hidup kekal sampai hari kiamat. Nabi Khidir as berkeliling di sekitar lautan sambil memberi petunjuk kepada orang-orang yang tersesat di lautan.

Sedangkan, Nabi Ilyas berkeliling di sekitar gunung-gunung sambil memberi petunjuk kepada orang-orang yang tersesat di gunung-gunung. Inilah kebiasaan mereka di waktu siang hari. Sedangkan di waktu malam hari mereka berkumpul di bukit Ya'juj wa Ma'luj (يأجوج و مأجوج) sambil mereka menjaganya.

Dan diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra bahwa Nabi Khidir dan Nabi Ilyas berjumpa pada tiap-tiap tahun di Mina (Saudi Arabia). Mereka saling mencukur rambutnya secara bergantian. Kemudian mereka berpisah dengan mengucapkan kalimat:

بسم الله ما شاء الله لا يسوق الخير الا الله
بسم الله ما شاء الله لا يصرف السو ء الا الله
بسم الله ما شاء الله ما كان من نعمة فمن الله
بسم الله ما شاء الله لا حول و لا قوة الا بالله

Maka barangsiapa mengucapkan kalimat-kalimat ini pada waktu pagi dan sore hari, maka ia akan aman dari tenggelam, kebakaran, pencurian, syaitan, sultan, ular, dan kalajengking.

Dan telah dikeluarkan oleh Ibnu 'Asakir bahwa sesungguhnya Nabi Khidir dan Nabi Ilyas itu berpuasa Ramadhan di Baitul Maqdis (Palestina) dan mereka melakukan ibadah haji pada tiap-tiap tahun. Mereka minum air zamzam dengan sekali tegukan, yang mencukupkan mereka seperti minuman dari Kabil.

Sebagian ulama menceritakan bahwa sesungguhnya Nabi Khidir itu putera Nabi Adam as yang diciptakan dari tulang iganya. Menurut segelintir kecil ulama lagi beliau putera Halqiya. Ada yang mengatakan putera Kabil bin Adam. Adapula yang mengatakan beliau itu cucunya Nabi Harun as, yaitu putera bibinya Iskandar Dzul Qarnain. Dan Perdana Menterinya benar-benar aneh mengatakan bahwa Nabi Khidir itu dari golongan malaikat.

Sedangkan, menurut pendapat ulama yang paling shohih adalah bahwa Khidir itu adalah seorang Nabi. Menurut ulama jumhur beliau itu masih hidup dan beliau tidak akan pernah meninggal terkecuali pada hari kiamat apabila Al-Qur'an telah diangkat dan Dajjal telah membunuhnya. Kemudian, Allah menghidupkannya kembali. Sesungguhnya, beliau itu masa hidupnya panjang sekali. Karena, beliau meminum air kehidupan.
 

 
Sumber : DR KH Thobary Syadzily, MKub

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

11 Responses

  1. AM Putra16/11/2013 at 11:30Reply

    Wah, di status FB saya pernah agak ramai ketika bahas kasus Nabi Khidir dan Ilyas AS ini: https://www.facebook.com/am.putra/posts/10200154015131795

  2. M.Nur mjbs fm16/11/2013 at 18:45Reply

    Assalamu’alaikum ttd. M.nur di www.mjbsfmkutameuligou.blogspot.com

  3. M.Nur Radio MeuligouFM16/11/2013 at 19:04Reply

    Mohon Bantuan Hibbah Satu Paket Pemancar Radio Komunitas 50 watt dari Sarkub. atas perhatiannya Kami Ucapkan terima kasih. ttd. M.Nur perintis pendirian radio mjbs fm komunitas Petani dan Dakwah. di www.mjbsfmkutameuligou.blogspot.com hp.085370641973 dan 085270561973

  4. M.Nur Radio MeuligouFM16/11/2013 at 19:12Reply

    Mohon Bantuan Hibbah Satu Paket Pemancar Radio Komunitas 50 watt dari Sarkub. atas perhatiannya Kami Ucapkan terima kasih. ttd. M.Nur perintis pendirian radio mjbs fm komunitas Petani dan Dakwah. di http://www.mjbsfmkutameuligou.blogspot.com hp.085370641972 dan 085270561973

  5. Jimi Roy24/11/2013 at 01:31Reply

    khidhir artinya kehadiran, datang tiba-tiba tanpa diundang, kissah dalam AlQuran benar adanya, bahkan dalam surat AlKahfi Musa as, pernah menjumpainya, kisahnya dlam surat AlKahfi dari 12-dst, peljaran yang didapat dari kisah khidhir filosofinya :
    1. Ruh suci selalu datang kepada orang beriman jika banyak melakukan kebajikan dengan izin Allah secara sunnatullah tanpa diminta hadir, sebagai support
    2. Seorang yang beriman akan bertemu dirinya sendiri dengan izin Allah dan akan makin ditambah kesuciannya, jika hidup ini hanyalah bakti kepada Allah.
    3. Hidup seorang beriman akan abadi kekal, sperti Hidhir didunia dan kelak diakhirat dalam rahmat Allah, khidir adalah ruh suci yang dikirim Allah untuk menambah keteguhan orang-orang beriman.

  6. Manav Kahdafi17/12/2013 at 13:13Reply

    abdi manaf

  7. Hani Sam21/02/2014 at 12:13Reply

    Santun Berdakwah Santun Beribadah

  8. Tanya Khidir31/03/2014 at 20:08Reply

    Pastinya Nabi Khidir tahu di mana hilangnya pesawat MH 370 ya?

Leave a Reply