Khasiat Tanaman Babandotan Mengobati Sakit Maag

Sarkub Share:
Share

Sudah beberapa bulan ini suamiku menderita sakit maag kronis hingga dirawat di rumah sakit, obat-obatan Cina, berbagai jenis tanaman herbal sudah pernah dicobanya, sampai pengobatan totok darah, dan sebagainya..

Suatu hari kawanku datang ke rumah dan bercerita bahwa diapun baru sembuh dari sakit maag dan katanya setelah mengonsumsi herbal jenis tanaman Babandotan yang katanya tanaman ini mudah ditemukan dimana-mana.

Mungkin tidak banyak yang tahu dengan tanaman ini bila masa kecil tidak dihabiskan dihalaman belakang rumah atau dikebun, karena Tanaman Babadotan dapat di temui di pekarangan rumah, di pematang sawah, perkebunan dan di daerah pegunungan; merupakan pohon perdu yang tumbuh liar di sekitaran rumah-rumah di pedesaan.

Bandotan atau Babadotan Ageratum conyzoides Linn. merupakan tumbuhan dari famili Asteraceae,Nama yang terkenal bandotan ( bhs. indonesia ), babadotan ( bhs. sunda ), daun tombak ( bhs. sumatera ) dan wedusan ( madura ).

Bandotan atau Babadotan adalah sejenis gulma pertanian anggota suku Asteraceae. Tanaman semusim ini berasal dari Amerika tropis, khususnya Brazil, akan tetapi telah lama masuk dan meliar di wilayah Nusantara.

Masyarakat umum mengetahui daun babadotan sebagai obat penyembuh luka. memar dan exim. Menurut penuturan teman saya dan pernah mencoba, ternyata tanaman babadotan bisa digunakan sebagai obat maag.

Caranya sebagai berikut : 

  1. Ambil Lima tumbuhan babadotan beserta akar, daun dan bunga.
  2. Cuci bersih, setelah dicuci bersih masukan ke dalam panci beserta 6 gelas air
  3. Lalu godok hingga mendidih dan susutkan menjadi 2 gelas
  4. Dinginkan. Minum sehari 2 x  pagi dan sore. Selamat mencoba.

 

Selain sebagai obat maag, tanaman babandotan ini memiliki banyak khasiat; 

1. Sakit telinga tengah akibat radang : 
Cuci herbal bandotan segar secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Hasilnya, peras dan saring. Gunakan air perasan yang terkumpul untuk obat tetes telinga. Sehari 4 kali, setiap kali pengobatan sebanyak 2 tetes.
 
2. Luka berdarah, bisul, eksim : 
Cuci herbal bandotan segar secukupnya sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Oleskankan ramuan ke bagian tubuh yang sakit, lalu balut dengan perban. Dalam sehari, ganti balutan 3-4 kali. Lakukan pengobatan ini sampai sembuh.
 
3. Bisul, borok : 
Cuci satu tumbuhan herba bandotan segar sampai bersih. Tambahkan sekepal nasi basi dan seujung sendok teh garam, lalu giling sampai halus. Turapkan ke tempat yang sakit, lalu balut dengan perban.
 
4. Rematik( istilah kedokteran : reumatik), bengkak karena keseleo : 
Sediakan satu genggam daun dan batang muda tumbuhan bandotan segar, satu kepal nasi basi, dan 1/2 sendok teh garam. Selanjutnya, cuci daun dan batang muda sampai bersih, lalu tumbuk bersama nasi dan garam. Setelah menjadi adonan seperti bubur kental, turapkan ramuan ke bagian sendi yang bengkak sambil dibalut. Biarkan selama 1-2 jam, lalu balutan dilepaskan. Lakukan perawatan seperti ini 2-3 kali sehari.
 
5. Perdarahan rahim, sariawan, bisul, bengkak karena memar : 
Rebus 10-15 g herba bandotan dalam dua gelas air bersih sampai tersisa menjadi satu gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari.
 
6. Tumor rahim : 
Rebus 30-60 g herba bandotan kering segar atau 15-30 g herba kering dalam tiga gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas. Selain direbus, herba segar dapat juga ditumbuk. Air rebusan atau air perasannya diminum satu gelas sehari.
 
7. Sakit tenggorokan : 
(1). Cuci 30-60 g daun bandotan segar sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Selanjutnya, peras dan saring. Tambahkan larutan gula batu ke dalam air perasan secukupnya dan aduk sampai rata. Minum ramuan dan lakukan tiga kali sehari. (2). Cuci daun bandotan secukupnya, lalu jemur sampai kering. Selanjutnya, giling sampai menjadi serbuk. Tiupkan serbuk ke dalam tenggorokan penderita.
 
8. Malaria, influenza : 
Rebus 15-30 g herba bandotan kering dalam dua gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. Lakukan dua kali sehari.
 
9. Perut kembung, mulas, muntah : 
Cuci satu buah tumbuhan bandotan ukuran sedang sampai bersih, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. Lakukan pengobatan ini 2-3 kali sehari sampai sembuh.
 
10. Perawatan rambut : 
Cuci, daun dan batang bandotan segar sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Oleskan hasil tumbukan ke seluruh kulit kepala dan rambut. Tutup kepala dengan sepotong kain. Biarkan selama 2-3 jam. Selanjutnya, bilas rambut hingga bersih.
 
Semoga bermanfaat     
 
Sumber  : http://obat-net.blogspot.com/2012/06/manfaat-babadotan-atau-bandotan.html
 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. Herbadream Solo23/01/2016 at 15:40Reply

    HERBADREAM SOLO : 085702118190
    Bagi rekan semua yang membutuhkan bahan baku herbal atau jamu dalam bentuk fresh/segar/basah, kering/simplisia, dan bubuk/powder untuk keperluan eksport/export, industry/manufaktur, dagang grosir ataupun ecer, salon kecantikan, klinik kesehatan, spa, apotek dan pharmachy/farmasi, penelitian kampus/universitas ataupun perusahaan meliputi bahan : Adas, akar alang-alang, akar pasak bumi, akar purwoceng, akar wangi, bandotan/bandhotan/babadotan/wedusan, bengle/bangle, biji kedawung, biji mahoni, brotowali, bunga melati, cabe jawa, ceplikan/alba, ceplukan/ciplukan, daun bidara arab local, daun dewa, daun insulin, daun jati belanda, daun jati cina, daun jeruk purut, daun keji beling ngukilo, daun kelor, daun meniran, daun mimba, daun salam, daun sambungnyawa, daun sirsak, daun tempuyung, daun ungu, jahe emprit, jahe merah, jinten hitam local, kapulaga, kayu bidara laut, kayu legi/akar manis, kayu manis, kayu rapet, kayu secang, kayu sintok madu, kayu wolo, kencur, ketumbar, klabet/kelabet, klembak, kulit delima, kulit manggis, kumis kucing/remujung, kunir putih/kunyit putih, kunir/kunyit, lada hitam, lada putih/merica, lempuyang/puyang, lengkuas/laos, mahkota dewa, manjakani, mengkudu/pace, merica bolong/buah kayu putih, pegagan, pekak/bunga lawang/starseed, pulosari/pulowaras, rasukangin, rosella merah, rosella ungu, sambiloto, sarang semut, sereh, sirih hijau, tapak liman, temu giring, temu ireng/temu hitam, temu kunci/fingerroot, temu mangga, temu putih, temulawak, tribulus, dan widoro upas/bidara upas, dan lain-lain. Kami siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia (jawa : Jakarta, bogor, depok, tangerang, bekasi bandung, solo dan lain-lain, sumatera, kalimantan, Sulawesi, Maluku, irian jaya, bali, nusa tenggara barat dan nusa tenggara timur dan wilayah Indonesia lainnya) dan luar negeri. Bisa suplai kontinyu. Bisa menghubungi HERBADREAM yang berlokasi di SOLO dengan nomer 085702118190. Juga menyediakan bibit daun dewa, bibit sambungnyawa, bibit binahong, bibit yacon/yakon/insulin (tithonia diversifola)

Leave a Reply