Khasiat Labu Siam

Sarkub Share:
Share

gambar-labu-siamSudah hampir 1 bulan suami saya tidak kunjung sembuh karena penyakit asam uratnya dan tekanan darah tinggi yang tidak kunjung turun. Ndilalah kersaning Allah, kami kedatangan saudara jauh dari Tulungagung, selain silaturahmi juga kebetulan senang dengan lukisan kaligrafi suami saya..

Akhirnya kami membicarakan soal penyakit asam urat yang suami saya derita,lalu saudara kami tersebut menyarankan untuk mengonsumsi labu siam dengan cara di jus, walhasil dalam beberapa hari kemudian suamiku berangsur pulih dan bisa jalan lagi dengan lancar yang sebelumnya tangan dan pergelangan kakinya bengkak dan ngilu sekali rasanya..

Lalu saya penasaran ada kandungan apa di labu siam tersebut, kemudian saya browsing internet, Subhannallah..

Khasiat Labu Siam

Meskipun belum ada ramuan obat-obatan tradisional yang menggunakan labu siam, namun buah labu siam diketahui berkhasiat bagi kesehatan dan mengobati berbagai penyakit jika dikomsumsi secara rutin.

Labu siam dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit, seperti dapat mencengah terjadinya kanker, mengatasi hipertensi dan kolesterol, kandungan serat yang cukup tinggi hingga sangat aman dikomsumsi bagi siapa saja.

KANDUNGAN

Kandungan senyawa dan zat-zat penting yang terkandung dalam buah labu siam, di antaranya adalah serat dan asam folat, dan ada juga kandunga – kandungan lain, yaitu:

Vitamin B3 
Membantu untuk menurunkan produksi LDL dalam hati.

Vitamin B6
Penting dalam metabolism protein.

Selenium
Berpern penting dalam memperbaiki mood.

Kalium dan nutrium
Penting bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Saponin 
Berperan dalam menghambat dan mencegah penyerapan kolesterol dan darah.

Tanin 
Antimikrobia

Alkaloid 
Memperlancar peredaran darah dan menetrarisir racun-racun dalam tubuh. 

KHASIAT

1. MENGURANGI RISIKO BAYI LAHIR CACAT

Labu siam mengandung asam folat yang tinggi. Kandungan asam folat dalam 100 gr labu siam mencapai 93 mg. Asam folat berperan penting bagi ibu hamil untuk mengurangi risiko melahirkan bayi cacat. Umumnya, ibu hamil yang mengonsumsi asam folat rendah, berpotensi melahirkan bayi dengan berat badan rendah dan mengalami gangguan perkembangan otak.

2. MENGURANGI RISIKO PENYAKIT KANKER

Kandungan serat labu siam mencapai 1,7 gr per 100 gr. Kandungan serat pangan selain baik untuk mengatasi masalah pencernaan, ternyata juga berperan penting untuk mengurangi risiko penyakit kanker yang disebabkan sistem pencernaan yang tidak sempurna.

3. MENGURANGI PRODUKSI LDL

Labu siam mengandung komponen vitamin yang penting, di antaranya yaitu niasin. Niasin dikenal juga dengan vitamin B3 yang berperan penting dalam menurunkan produksi LDL dalam hati.

4. MENJAGA KESEHATAN GINJAL

Kandungan air yang tinggi dalam buah labu siam baik untuk menjaga kesehatan ginjal.

Selain itu, labu siam juga memiliki manfaat khasiat yang mampuh menurunkan kadar gula dalam darah, memperlancar pembuangan air seni, dan mengurangi gejala asam urat.

Sumber : Pengalaman admin dan http://manfaatdaunobat.blogspot.com/2014/06/manfaat-khasiat-labu-siam-untuk.html

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply