Kebiasaan Jahiliah Yang Mengundang Laknat Allah

Sarkub Share:
Share

Sahabat yang dirahmati Allah,

Rasulullah SAW bersabda yang bermaksud:

“Ada tiga macam orang yang terkena laknat Allah SWT yaitu

  1. seorang yang membenci kedua ibu bapaknya,
  2. seseorang yang berusaha menceraikan sepasang suami isteri, kemudian setelah isteri tersebut dicerai ia menggantikannya sebagai suaminya dan
  3. seseorang yang berusaha agar orang-orang mukmin saling membenci dan saling mendengki antara sesamanya dengan hasutan-hasutannya”. (Hadis Riwayat Ad Dailami dari Umar r.a)

Berdasarkan hadis di atas terdapat tiga macam manusia yang akan mendapat laknat Allah SWT yaitu :

Pertama : Seorang yang membenci kedua ibu bapaknya, jelas ini sangat bertentangan dengan Alqur’an surat Al-Isro ayat 23 ;

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapamu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ah (uff) dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”.

Di dalam Islam orang yang durhaka dan membenci kepada kedua ibu bapaknya termasuk ke dalam kategori dosa besar setelah mensyirikkan Allah, dan akan di masukkan ke dalam neraka.

Orang yang tidak menghormati ibu bapak akan dilaknat oleh Allah SWT.dan hidupnya di dunia ini tidak akan ada keberkahan karena ridlo Allah SWT bergantung kepada ridlo kedua ibu bapak kepada anaknya.

Dalam hadis yang lain Nabi SAW bersabda yang bermaksud : “ Barangsiapa membuat ibu bapanya gembira, maka sesungguhnya ia membuat ridlo Allah. Barangsiapa menyakitkan hati ibu bapaknya, maka sesungguhnya ia membuat kebencian Allah”  (Hadis riyawat Bukhari )

Anak durhaka tidak akan mencium bau surga dan haram baginya untuk memasuki surga Allah SWT.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply