Kaya Bukan Syarat Ibadah Haji

Sarkub Share:
Share

Orang yang berangkat haji itu bukan karena dia kaya. Banyak orang-orang di jaman sekarang ini yang punya tanah banyak, rumah di mana-mana, mobilnya Pajero, Fortuner, tapi mereka belum juga berangkat haji. Itu menunjukkan bahwa kewajiban haji bagi mereka adalah rukun Islam yang ke-15. Coba kita lihat rukun Islam yang pertama, bersyahadat, kedua sholat, ketiga membayar zakat, keempat adalah melakukan puasa, kelima membeli pakaian mewah, keenam, membangun rumah mewah, ketujuh membeli tanah banyak, kedelapan menyekolahkan anaknya ke luar negeri, dan seterusnya.

Orang yang berangkat haji itu syarat utamanya adalah mampu. Mampu menabung dari tahun-tahun sebelumnya, mampu menahan keinginan duniawinya untuk melakukan kewajiban Allah Ta’ala..Miris rasanya kalo fenomena di jaman akhir ini orang-orang yang mengaku dirinya muslim cenderung kepada hal duniawi daripada hal akhirat.

Begitu juga bagi orang yang sudah berhaji. Banyak yang sudah berhaji namun perilakunya belum mampu disebut Haji yang Mabrur. Kita perlu bertanya fenomena tersebut, mengapa bisa demikian, bagaimana dengan niatnya pula, ingin disebut dan digelari Haji atau Hajjah, kalau ada yang memanggil tanpa embel-embel haji mereka marah, Astaghfirullah. Hal demikian itu menjadi tanda bahwa mereka belum mengerti hakikat ibadah haji.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply