Karomah Sayyidina Umar Bin Khattab ra

Sarkub Share:
Share

Diceritakan oleh guru kita ad da`i iallah al habib ahmad bin jindan bahwa ketika sayyidina umar bin khattab ra wafat dan di kuburkan, sayyidina Ali bin Thalib ra duduk di atas pekuburan beberapa saat di saat semua para sahabat telah kembali ke rumahnya masing masing. Setelah itu sayyidina Ali bin Thalib ra pulang.

Beberapa sahabat bertanya kepada sayyidina Ali, Wahai Ali apa yang kau lakukan tadi duduk di pekuburan sayyidina umar bin khattab di saat semua para sahabat telah pulang?

Berkata sayyidina Ali : Betul, saya duduk di pekuburan sayyidina Umar bin Khattab ra ingin tahu “Apa sih yang terjadi kepada sayyidina Umar bin khattab di dalam kuburannya setelah ia meninggal dunia”.

Apa yang terjadi wahai ALi ?, bertanya para sahabat penasaran…

Iya, aku menyaksikan dan kudapati , Umar bin Khattab ra di datangai malaikat Munkar dan Nakir, untuk ditanyakan siapa Tuhanmu, siapa Nabi mu dan seterusnya.

Lalu Apa Yang terjadi wahai Ali, tanya sahabat …?

Iya, sayyidina Umar bin khattab ra mengasih manfaat untuk umat islam baik ketika ia masih hidup maupun setelah wafatnya.

Apa itu wahai Ali?

Ketika sayyidina Umar bin Khattab ra di datangi malaikat Munkar dan Nakir untuk ditanya
Ya Umar siapa Tuhan Mu, siapa Nabi mu..dst..kata malaikat munkar dan nakir

Maka sayyidina Umar bin khattab ra malah membentak malaikat munkar dan nakir
Kalian bertanya kepadaku tentang siapa Tuhanku dan siapa Nabiku? Hah…
Selama ini aku berjuang bersama Nabi dan tidak kenal siapa Tuhanku dan siapa Nabiku ? lalu kalian masih menanyakan siapa Tuhanku dan Siapa Nabi ku?

kalian berdua : “Siapa Tuhan kalian?, bentak sayyidina Umar bin Khattab ra..

terdiam kedua malaikat munkar dan nakir.

lalu sayyidina Umar bin khattab ra berkata : Wahai kalian malaikat ..Apakah dengan wajah yang menyeramkan ini kalian berdua mendatangi setiap orang yang beriman?

maka di jawab oleh malaikat : betul Ya umar, dengan wajah yang menakutkan seperti ini.

Mulai sekarang , saya minta kepada kalian berdua, baguskan lagi wajah kalian berdua yang menakutkan dan menyeramkan.

Kenapa?

Saya, Umar bin khattab seumur hidup belum pernah merasakan ketakutan ketika melihat wajah yang sangat menakutkan seperti wajah kalian, bagaimana dengan orang islam lainnya yang lebih lemah dari saya?

Mulai saat ini, Jangan lagi kalian datangi pekuburan orang islam dengan wajah yang menakutkan dan menyeramkan, bagusin wajah kalian berdua, pinta umar bin khattab radiallahu anhum

Berkat sayyidina Umar bin khattab ra mudah- mudah an kelak kita tidak melihat wajah munkar dan nakir yang sangat menakutkan dan menyeramkan. Amin

Lalu berkata sayyidina Ali bin Abi Thalib ra kepada para sahabat yang bertanya : Masya Allah…. Semoga Allah merahmati umar bin khattab ra yang memberikan manfaat kepada umat islam ketika ia masih hidup ataupun setelah wafat.

“Allahumma shalli wa sallim ‘ala Sayyidina Muhammad nuuri-kas saari wa madaadikal jaari wajma’nii bihi fi kulli athwaari wa ‘ala alihi wa shahbihi yannuur

Sumber : Idolaku Nabi Muhammad SAW

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply