Inggris Mengumandangkan Adzan di Bulan Ramadhan

Sarkub Share:
Share

adzan11 Tidak terbayangkan kegembiraan yang dialami rakyat muslim di Inggris sebagai minoritas di negerinya, Menarik bagi komunitas Muslim di Inggris , saluran 4 Inggris akan menyiarkan Adzhan Sholat  setiap  harinya selama bulan suci Ramadhan, untuk menyajikan gambaran  yang benar tentang  Islam dan menyanggah  orang-orang sayap kanan yang mengaitkan agama dengan terorisme.

“Mengamati adzan di Channel 4 akan berfungsi sebagai sistem pengeras suara nasional, sebuah kalimat ‘provokasi’ yang disengaja untuk kalangan pemirsa dalam arti yang sangat nyata dari hanya sekedar  kata kata ,” Ralph Lee, kepala program faktual, ia menulis di Radio Times dan dikutip The Independent pada hari Selasa, 2 Juli.

Lee mengatakan bahwa “sebagian besar warga di Inggris memang tidak begitu  mempermasalahkan ” adanya pengorbanan kenyamanan pribadi secara massal dengan ibadah”  sepanjang  bulan suci Ramadhan.

Dengan ditayangkan azan, Channel 4 menjadi trendsetter  saluran televisi Inggris untuk menyiarkan Adzan Sholat setiap harinya.

Seiring dengan siaran Adzan Sholat , penyiar juga akan merelease program acara yang berkaitan dengan keislaman seperti cara  ibadah,  doa dan puasa, yang dimulai pada Selasa pekan depan hingga akhir romadhon.

Lee menambahkan bahwa menu acara  diary Muslim Inggris akan bercerita tentang kehidupan mereka selama bulan Ramadhan akan menjadi acara yang disukai  dengan sasaran para  pemirsa muda.

“Tidak diragukan Channel 4 akan dikritik masyarakat karena memusatkan perhatian pada agama ‘minoritas’ tapi itulah apa yang kita lakukan di sini – memberikan ruang alternatif dan suara bagi komunitas yang  kurang terwakili,” katanya.

“Dan jangan lupa bahwa Islam adalah salah satu yang paling menonjol dari beberapa agama yang berkembang di Inggris. Seperti diketahui  target pemirsa Channel 4 adalah pemirsa usia  muda. dan hampir setengah dari komunitas Muslim Inggris berada di bawah usia 25 tahun.”

“Ini adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam dan dengan pengakuan pada saluran utama Channel 4  tidak hanya sebagai simbolis  solidaritas tapi mudah-mudahan akan membantu  memaparkan suatu fakta  yang lebih nyata tentang Islam dan Muslim,” kata juru bicara Dewan Muslim Inggris (MCB ) kepada The Independent.

Namun, beberapa pihak sekular melihat langkah itu sebagai  liputan yang berlebihan terhadap minoritas Muslim selama bulan suci Ramadhan.

“Aku tidak akan keberatan untuk itu , tetapi berikan juga  keseimbangan  pada acara kekristenan,  Channel 4 seharusnya  tetap tunjukkan hal yang   proporsional,” kata Terry Sanderson, Presiden Masyarakat Sekuler Nasional. (OI.net/Dz)

Simak pula berita di http://www.republika.co.id/berita/ramadhan/puasa-mancanegara/13/07/07/mpkgcj-dari-jadwal-imsak-hingga-azan-kini-hadir-di-tv-inggris

Sumber : www.republika.co.id

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply