Haid, Nifas, Wiladah dan Istihadhah Menurut Imam Syafi’i

Sarkub Share:
Share

Sebagaimana Arikel sebelumnya yang membahas mengenai Haid, ladys sarkub… kali ini penulis ingin lebih memperdalam tentang Haid dari  perspektif Madzhab Syafi’I lho.!! Tapi, kali ini lengkap dengan Istihadhoh, Nifas, dan Wiladah. lanjutkan membaca ya… buat para wanita muslimah penting nih…

 

Pengertian

Ladys Sarkub, masih ingat? Haid adalah darah yang keluar dari kemaluan wanita dengaan cara yang sehat, bukan karena melahirkan. Warnanya merah kehitam-hitaman. Nifas adalah darah yang keluar setelaah melahirkan. Istihadhah adalah darah yang keluar bukan pada hari-hari Haid dan nifas.

    “Dari Aisyah r.a bahwasannya Fathimah binti Abu Hubaisy pernah bertanya kepada Nabi SAW. “sesungguhnya aku sedang haid, tetapi belum juga aku suci, haruskah kutinggalkan shalat?” rasulullah menjawab, “jangan, sesungguhnya itu adalah darah urat (yang keluar dari urat), bukan haid, tetapi tinggalkan sholat selam hari haid kamu yang biasa kemudian mandi dan sholatlah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Perlu digaris bawahi ya ladys, Wiladah adalah darah yang keluar bersamaan dengan bayi, wiladah juga merupakan hal yang mewajibkan mandi besar loh… biasanya ibu-ibu banyak yang tidak mengetahui jika Wiladah dan Nifas adalah berbeda.

Dalam beberapa literatur, menyebutkan bahwa Nifas merupakan darah Haid yang berkumpul. Sedangkan ketika melahirkan, wanita wajib mandi karena anak yang keluar berasal dari mani. Biasanya, darah keluar bersamanya, inilah yang disebut Wiladah. Oh iya ladys sarkub… dalam literatur yang lain juga menyebutkan bahwa kelahiran yang belum sampai waktunya atau keguguran dan masih segumpal darah, juga disebut Wiladah yaa. Wah… penting kan ladys? Catet ya…

 

Masa Lamanya

Nah ladys sarkub, masih tetap perspektif Syafi’iyah nih… menurut Madzhab Syafi’I, masa Haid paling pendek adalah sehari semalam, sedangkan paling lama adalah 15 hari. Menurut kebiasaan kebanyakan wanita 6-7 hari. Masa Nifas paling pendek adalah sejenak, sedangkan paling lama adalah 60 hari. Biasanya 40 hari. Masa suci paling sedikit di antara dua Haid adalah 15 hari dan tidak ada batasan jangka waktu paling lamanya.

Usia Wanita mengalami haid paling sedikit adalah 9 tahun. Dan jangka waktu hamil paling sedikit adalah 6 bulan, sedangkan paling lama adalah 4 tahun, namun biasanya adalah 9 bulan.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply