Berkah Supir Yang Rajin Puasa Senin-Kamis

Sarkub Share:
Share

puasa itu sehatPada suatu hari ada seorang jama'ah mau membelikan obat untuk anaknya di kawasan Malioboro sambil menunggu taksi yang lewat. Gak lama menunggu, si taksi pun datang, saya stop, pak supirnya (dari dalam) membukakan pintu belakang buat saya. 
Beliau itu (sang supir taksi) terus berceloteh sambil tersenyum lebar. 

Berikut Kisah selanjutnya…Mari kita simak..

Aku tanya : "pak, kok sepertinya senang sekali, ada apa nih ?"
dia jawab : " iya nih mbak, Alhamdulillah dari tadi penumpang say agak berenti-berenti, sejak keluar dari rumah tadi jam 3, sampe jam 5 sore ini, tak putus-putus penumpang saya ….!

mungkin ini lah rezeki yang di turunkan oleh Allah untuk saya, karena saya tidak putus juga puasa senin kamis selama 9 tahun sampai sekarang … ! maaf, mbaknya sedang puasa gak sekarang ya?

hikz…..aq tertohok …hok …hok …. banget ! Soalnya aq rabunya sudah niat puasa, tapi gak jadi, halah….malah di tanya pula oleh seorang bapak supir taksi, bah …. bagaimana aq menjawab ?

"iya nih pak saya gak puasa hari kamis ini …he he he , padahal tadi malam dah niat … ! Alhamdulillah kalo Bapak terus puasa senin kamis.. ! ku jawab gitu deh ,,,

si bapak taksi bilang gini : "saya dari dulu gak pernah puasa mbak, ya ramadhan apalagi senin kamis, gak pernah tuh saya puasa. Saya puasa sejak 9 tahun lalu, karena di sugesti  seorang nenek, tetangga saya …!

"knapa gak pernah puasa pak ? tanya qu

"soalnya saya punya penyakit maag akut banget, mbak. Kalo saya telat makan, saya muntah-muntah, lalu pingsan, jadi saya selalu berusaha tidak telat makan. makanya, saya dulu takut puasa, takut maag saya kambuh ….!gitu jawab si bapak.

"wah, gitu rupanya. Jadi, gimana ceritanya si nenek tetangga bapa?" tanya saya lagi

"nah,itu dia mbak… ! waktu itu, dia bilang ke saya :

"kamu mau gak maag kamu sembuh ?

Saya bilang, ya mau mbah. Gimana caranya, kata saya.

Si mbah bilang ke saya : "kalo kamu mau sembuh dari semua sakitmu, puasalah !" gitu katanya, mbak !"

jadi, sejak dia bilang gitu ke saya, malamnya saya tahajjud mbak, saya berdoa ; Ya Allah, tolong lah hamba-Mu ini, kalau memang dengan cara puasa saya bisa sembuh dari sakit yang sangat menyiksa ini, saya akan puasa terus selamanya dalam hidup saya ya Allah, saya akan puasa senin kamis tanpa putus ya Allah …. ! Kuatkanlah hamba-Mu ini ya Allah, lindungi hamba dan jagalah hamba selalu dalam puasa hamba. Jika hamba meninggal karena puasa ini ya Allah, itu karena kehendak-Mu, tapi jika hamba ternyata dapat terus hidup dan sembuh dari sakit hamba, itu juga karena-Mu ya Allah !itu doa saya , mbak ….dan Besoknya, saya langsung mencoba puasa mbak…. ! "

waktu itu, aq terharu dan 'merinding' dengar si bapak berdoa, dengan nada suara yang sangat memohon dan pasrah !

dia lanjutkan ceritanya …

"hari pertama saya puasa mbak, 9 tahun lalu, saya hanya baca bismillah ketika akan berangkat bekerja, sebagai supir taksi. Di dalam hati saya, saya berkata : saya harus bisa karena Allah bersama saya. Apapun yang terjadi, Allah bersama saya…. tak putus saya berzikir, subhanallah, walhamdulillah, walaailahaillallahu Allahu Akbar ….terus mbak,terus saya berzikir, tanpa terasa siang terlewati, saya terus bekerja, muterin jogja, nyari penumpang yang mau naik taksi saya, hingga sore menjelang, hingga saat berbuka akan tiba … Saya nangis, mbak. Saya sujud syukur ! Saya bilang, ya Allah…. hamba-Mu ini gak merasakan sedikitpun sakit yang selama ini kuderita ya Allah, kemana perih itu, kemana muntah-muntah itu, kemana pingsan itu ? Ya Allah, sungguh besar kuasa Engkau ya Allah, Engkau mendengar doa-doaku ya Allah…. saya berhasil puasa mbak, dan Subhanallah, sejak hari itu maag akut saya sembuh total, mbak … !

(saya nyaris berkaca-kaca mendengar cerita si bapak ! ya Allah, Engkau senantiasa mengingatkan ku lewat sesuatu yang tidak aq sangka-sangka : seorang supir taksi yang mulia memujamu, sepanjang hidupnya, sejak 9 tahun lalu, dengan ber-puasa, tanpa putus …. !)

saya terharu, si bapak terus bercerita ….

"sekarang mbak, insya Allah saya tidak pernah meninggalkan puasa senin kamis saya, sepanjang itu tidak bertentangan dengan aturan Allah (maksud si bapak, kalo pas hari lebaran, pas juga hari kamis ya gak puasa … ):
"Banyak sekali kemudahan yang saya dapat mba, setelah puasa-puasa yang saya lakukan selama 9 tahun ini, seperti misalnya anak-anak saya sukses sekolahnya, walaupun saya tidak bisa membiayai kuliah mereka, tetapi sejak tamat sekolah menengah atas, anak-anak saya langsung diterima kerja, dan sekarang mereka bisa membiayai kuliahnya sendiri. Satu hal lagi,mbak …istri dan anak-anak saya juga ikut-ikutan puasa senin kamis dengan saya, saya bersyukur, Subhanallah, Alhamdulillah, gitu mbak …. !"

si bapak melanjutkan " saya sangat bersyukur kepada Allah dan juga tentu si mbah tetagga saya mbak, yang sudah kasih semangat untuk saya biar saya sembuh"

tujuan hampir nyampe,si bapak masih sempat bilang gini : "jangan lupa puasa senin kamis ya mbak, baik lho untuk kesehatan … ! maaf lho, kalo saya terlalu banyak ngomong, maaf juga kalo kata-kata saya menyinggung mbak nya …." katanya sambil senyum ramah.

"insya Allah, bapak … saya malah seneng lho dengar pengalaman Bapak !" gitu jawab qu dengan pipi agak merah (bukan krn pakai blush-on, tapi karena 'malu' gak puaasa …. xi xixixi )

"berapa, niy pak ?" tanya qu…
"lima belas ribu saja mbak,matur nuwun…. !" jawab si Bapak !

Dan, berpisah lah aq dengan si bapak supir taksi, ahli puasa senin kamis !

Hmmmm, mungkin kalo aq hari kamis itu puasa, hati juga jadi lebih tenang menghadapi bita-ku yang sedang sakit …. ! Ya Allah, ampuni hamba-Mu yang lalai ini !

Btw, gara-gara Tausiyah si bapak supir taksi tadi, aq gak jd shopping-shopping,(teringat jerih payah si bapak ngais rezeki susah payah, gak fair rasanya kalo aku rada' boros') cuma beli obat di apotik, trus pulang …., tapi gak naik taksi, naik ojek langganan! (bingungkan ? kok tadi gak naik ojek langganan aja ? knapa harus naik taksi ? yah, kalo naik ojek langganan, aq ga akan ketemu si bapak AHLI PUASA tadi dong. dan gak dapat tausiyah hebatnya …. ya kan ? alasan kedua, waktu itu siang, panas banget, gak enak naik ojek, tapi kalo dah sorean dikit, kan dah gak panas …. he he he …. ! semua ada hikmahnya !)

Hadis yang menegaskan tentang puasa senin kamis paling tidak ada dua:

1. Abu Hurairah ra. meriwayatkan bahwa Nabi saw. paling sering berpuasa senin kamis. Ketika hal itu ditanyakan kepada beliau, beliau menjawab, “Seluruh amal dibentangkan pada hari senin dan kamis. Ketika itulah Allah mengampuni setiap muslim atau setiap mukmin kecuali yang melakukan dosa secara terang-terangan. Allah berkata, ‘Tundalah untuknya.’ (H.R. Ahmad dengan sanad sahih).

2. Nabi saw. pernah ditanya tentang puasa pada hari senin. Beliau menjawab, “Ia adalah hari saat aku dilahirkan dan mendapat wahyu.” (Shahih Muslim)

Wallahu a’lam bi al-shawab.
By Sdri Cut Nuraini Fadli

Sumber : Yusuf Mansyur Network

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply