Benarkah Nabi Muhammad SAW Manusia Biasa?

Sarkub Share:
Share

Ada orang yang bertanya: “Pertama kali belajar tentang islam, saya diajari bahwa Rasulullah ﷺ  adalah manusia biasa, dan kita tak boleh berlebihan memujinya, benarkah demikian?”

Jawaban:

Anda harus banyak menenangkan diri sendiri dengan Al Qur’an, karena ini adalah salah satu sumber terbaik buat penyembuhan keraguan. Anda harus membaca dan merenungkan ayat – ayat yang memuji Nabi ﷺ yang menyebutkan kebesarannya dan juga membaca tafsir pada ayat – ayat tersebut.

Renungkan, Firman Allah SWT untuk Nabi ﷺ: Sesungguhnya Engkau dalam perhatian Kami (Allah)…, (Surat Aththur 48). Nabi ﷺ terus menerus menerima perawatan dan perhatian besar dari Allah SWT.

 

عن انس قال النبي صلى الله عليه وسلم لا يؤمن أحدكم حتى أكون أحب إليه من والده وولده والناس أجمعين

Dari Anas radhi Allahu anhu bahwa Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda, “tidak sempurna iman seseorang hingga ia mencintaiku melebihi cintanya pada ayahnya, anaknya dan seluruh umat manusia. (HR. Bukhari Muslim)

Anda juga harus menyadari bahwa Allah memilih Nabi Muhammad ﷺ dari milyaran umat manusia. Dan kebesaran Sang Terpilih terpancar dari kebesaran Allah Yang Memilihnya. Dan Allah SWT hanya mengagungkan orang atau sesuatu yang besar dalam pandanganNya.

Akhirnya, Anda harus merenungkan kenyataan yang luar biasa. Adakah manusia selain Nabi ﷺ yang mampu sampai di sidrat al-muntaha?. Adakah manusia selainnya yang mengatakan bahwa jika semua nabi masih hidup mereka harus mengikutinya?

Tentu saja, anda tak perlu seperti keledai rasulullah yang bernama Ya’fur, ketika mengetahui kabar wafatnya Rasulullah SAW, keledai tersebut menjadi stres dengan kesedihan dan melemparkan dirinya ke dalam sumur hingga tewas. Ini jelas berlebihan..

Benar, Nabi Muhammad ﷺ adalah manusia biasa, tapi beliau tidak seperti manusia lainnya

اللَّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ على سَيِّدِنا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ أَهْلِ الشُّهود صَلاةً و سَلاماً نَرْقَى بِهِما في مَعَارِجِ القُرْبِ إلى المعْبُود وعلى آلِهِ

وصَحْبِهِ و التَّابِعيِنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إلى يَوْمِ المَوْعُود

(Disadur dari Tausiah Habib Umar bin hafidz | Dakwah Islamiyah)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply