Amalan Selepas Shalat Jum’at

Sarkub Share:
Share

qaddafishalat1Hendaknya kamu memperingan waktu untuk pekerjaan dunia di hari Jum’at. Dan jadikan hari Jum’at sebagai hari yang khusus mengerjakan ibadah saja. Karena Sabda Rosulullah shollallohu alaihi wasallam:

"Sesungguhnya pada hari Jum’at ada saat yang apabila seorang hamba muslim mendapatinya sedang dia dalam keadaan salat dan memohon kebaikan kepada Allah niscaya Allah akan mengabulkannya." (HR. Muslim). Berikut beberapa amaliyah/wirid yang bisa dibaca selepas sholat Jum'at:

Dikeluarkan oleh Hujjatul Islam Al Imam Jalaluddin Abdurrahman assuyuthiy:

– Dikeluarkan oleh abu Ubaidah, dan Ibn Addharies, dalam keutamaan keutamaan Alqur'an, dari Asma binti Abubakar Asshiddiq ra, berkata :

"Barangsiapa yg shalat jumat dan lalu membaca setelahnya Al Ikhlas, dan Muawwidzatain (Al falaq & An naas) dan Al fatihah masing masing tujuh kali tujuh kali, maka ia dijaga dari majelisnya itu sampai jumat berikutnya."

– Dikeluarkan oleh said bin manshur, dari makhul, berkata :

"Barangsiapa membaca fatihah dan mu'awwidzatain dan Al ikhlas 7X hari jumat sebelum ia berbicara, maka dihapus dosanya hingga dua jumat, dan ia terjaga."

– Dan dikeluarkan oleh Humaid bin zanjawiyah, dalam fadhailil amal dari Ibn Shihab, berkata :

"Barangsiapa yg membaca Al ikhlas, dan muawwidzatain selepas shalat jumat ketika salamnya imam sebelum ia berbicara, sebanyak 7X, 7X, maka ia dijamin dirinya, dan hartanya, dan anaknya, dari jumat ke jumat berikutnya."

– Telah terwarid “Barangsiapa membaca surat alfatihah, al-ikhlas dan surat al-mu’awwidzatain masing-masing tujuh kali setelah ia salam dari shalat jumat sebelum ia melipat kedua kakinya diampuni dosanya yang telah ia jalani, diberikan pahalanya orang beriman pada Allah dan rasulNya, dan dijanjikan diajauhkan dari kejelekan hingga jumat berikutnya, dalam sebuah riwayat “ (bila dibaca) sebelum ia berbicara dijaga baginya agamanya, dunianya, keluarganya dan anaknya (Bughyah al Mustarsyidiin I/175)

Hal diatas adalah atsar dari sahabat, bukan hadits Rasul SAW, namun riwayatnya shahih, dan tentunya 3 riwayat diatas menunjukkan para sahabat itu mempelajarinya darimana kalau bukan dari Rasul SAW, karena saat itu hanya ada 1 induk Guru.

Dari Ibn Abbas ra dari nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Barangsiapa membaca setelah usai menjalani shalat jumat SUBHAANALLAAHIL ‘AZHIIMI WA BIHAMDIHII 100X, Allah ampuni 100.000 dosanya, 24.000 dosa kedua orang tuanya. (Hasyiyah I’aanah at-Thoolibiin II/106)

Sumber : Habib Munzir Al-Musawa (Kenalilah Aqidahmu)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply