Hikmah Lahir Hari Senin

Sarkub Share:
Share

Anak yang dilahirkan ibunya ke dunia pasti punya makna dan arti tersendirii, oleh sebab itu Allah menciptakan hari-hari dari ahad sampai sabtu memiliki hikmah, kelebihan dan kekurangan agar kita bisa meningkatkan potensi diri kita dan menghilangkan sifat-sifat buruk yang ada. Berbagai disiplin ilmu dan aspek-aspek keilmuwan bisa digali baik dari kacamata  Islam, Cina, bahkan yang tengah marak adalah primbon jawa yang memuat banyak tulisan mengenai Hikmah Hari kelahiran..

Kami Tim Sarkub akan menukil Hari lahir menurut Islam yang pernah dikuliahkan oleh Dr Sahil Althaf, Mkub di Kampus Umi beberapa hari yang lalu..

Mungkin panjenengan lahir hari senin?

HIKMAH HARI KELAHIRAN SENIN

Tidak dapat dipungkiri bahwasannya Hari Jumat adalah penghulu hari dan hari yang utama bagi umat islam. Tapi Allah juga menempatkan sirrul ‘adhim / rahasia agung pada hari senin dengan memilih hari ini sebagai hari kelahiran manusia paling mulia, hari bersinarnya cahaya kemuliaan, hari munculnya sang revolusioner, Baginda Nabi Besar Muhammad SAW.

Imam Ibnu Arabiy berkata : Hari Senin diciptakan Allah dan disertakan padanya dari sirru asmaNya al-Hayy (Yang Maha Hidup), dan melaluinya kehidupan manifest di dunia, sehingga segala sesuatunya menjadi hidup. Bulan, diciptakan pada hari Senin, merupakan benda langit pertama yang berada di atas bumi. Pada hari inilah, Nama Allah al-Mubiin (Yang Maha Penjelas) dibawa terus-menerus menuju langit pertama (langit terendah dari 7 langit) dan planetnya (bulan) ke dalam ikhliil (susunan hari-hari selama sebulan).

Bulan merupakan planet dengan gerakan tercepat, bergerak setiap hari melalui satu lintasan, dengan 28/26 kali lintasan dalam satu bulannya. Melalui 28 kali lintasan itulah 28 huruuf hijaiyyah lahir dengan bunyi yang berbeda.

Bagi anda yang dilahirkan pada hari ini, maka Nabi Adam as, Nabi Syist as dan Nabi Muhammad SAW, merupakan profil dari hari ini. Karakter hari senin, yang berhubungan dengan profil Nabi Adam as, Nabi Syits dan Nabi Muhammad SAW mirip dengan nafs (jiwa), yang memiliki struktur murni ruhani seperti malaikat. Melalui hari Senin lah, ruang dan 6 waktu (hari-hari) lainnya mulai bergerak. Secara spiritual, hari ini mempunyai ruang vertikal yang dapat menyambungkan hamba dengan Khaliqnya. Karena pada hari ini amal diangkat kepada Allah SWT. Dalam hadits yang termaktub dalam Shahih Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ، فَيُقَالُ: أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا.”

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan,

‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.”

Keutamaan dan keberkahan berikutnya, bahwa amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah Tabaaraka wa Ta’aalaa pada kedua hari ini. Sebagaimana yang terdapat dalam Shahih Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda,

“تُعْرَضُ أَعْمَالُ النَّاسِ فِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّتَيْنِ يَوْمَ اْلاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ مُؤْمِنٍ إِلاَّ عَبْدًا بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ.”

“Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…”

Karena itu, selayaknya bagi seorang Muslim untuk menjauhkan diri dari memusuhi saudaranya sesama Muslim, atau memutuskan hubungan dengannya, ataupun tidak memperdulikannya dan sifat-sifat tercela lainnya, sehingga kebaikan yang besar dari Allah Ta’ala ini tidak luput darinya.

Keutamaan hari Senin dan Kamis yang lainnya, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat antusias berpuasa pada kedua hari ini. Sebagaimana yang terdapat dalam sebagian kitab hadits dari ‘Aisyah Rahiyallahu anhuma, ia mengatakan,

“كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صَوْمَ اْلإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ.”

”Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis ”. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyampaikan alasan puasanya pada kedua hari ini dengan sabdanya,

“تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ اْلإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ.”

“Amal-amal manusia diperiksa pada setip hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.”

Seorang mukmin yang dilahirkan pada hari senin, kalimat perkataannya berwibawa mengandung makna, pribadi yang sederhana namun mempesona, kharismanya luar biasa, punya jiwa kepemimpinan dan naluri bisnis yang luar biasa, banyak anak dan keturunan, rizkinya melimpah, mulia di dunia dan akhirat.

Selain dianjurkan puasa pada hari senin bagi setiap muslim, pemilik kelahiran hari senin juga dianjurkan memperbanyak membaca sholawat nurul anwar, juga dzikir Ya Hayyu Ya Qoyyum Ya Khabiir Ya Mubiin
ياحي ياقيوم ياخبير يامبين
Adapun sholawat nurul anwar seperti di bawah ini
اللهم صل وسلم وبارك على نور الانوار وسر الاسرار وترياق الاغيار ومفتاح باب اليسار سيدنا محمدن المختار وآله لاطهار و اصحابه الاخيار عدد نعم الله وافضاله

Selain itu pemilik kelahiran hari senin, dianjurkan membaca Surat Muhammad setiap ba’da shubuh dan Surat Al fath ba’da maghrib di hari senin. Juga Surat Tabaarak.

Jika suka memakai batu hiasan, maka warna yang cocok adalah saphire merah, kuning atau hijau.

Imam Anas bin Malik RA: Rosulullah ditanya tentang hari senin.
Beliau menjawab:
Hari Senin adalah hari bepergian dan berdagang.
Rosul ditanya kenapa begitu ya Rosulallah?
Beliau menjawab: Karna Nabi Syits AS pergi berdagang pada hari senin dan beruntung dalam perdagangan-nya.

Kejadian-kejadian di hari senin:
– Nabi Idris AS naik ke langit hari senin.
– Nabi Musa AS pergi kegunung Thursina hari senin.
– Turunnya dalil wahdaniyat-nya Allah pada hari senin.
– Lahirnya Rosulullah pada hari senin.
– Pertama turun nya Malaikat Jibril pada Rosulullah hari senin.
– Diperlihatkan amal2 umat pada Rosulullah dihari senin.
– Wafat Rosulullah SAW pada hari senin.

Semoga Allah menurunkan berkahNya.

Wallaahu a’lamu bis showaab.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply