Home / KAJIAN ASWAJA / Dialog Terbuka di Balikpapan, Wahabi Tak Berkutik

Dialog Terbuka di Balikpapan, Wahabi Tak Berkutik

Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulam (PCNU) Kota Balikpapan, Sabtu (17/12/2011) melantik pengurus ranting NU se-Kota Balikpapan, bertempat di Auditorium PT. Kilang Mandiri. Sehingga saat ini PCNU Balikpapan memiliki 5 MWC dan 27 Ranting.

 

Pelantikan yang dikemas dengan seminar tentang internalisasi Ahlussunnah Wal Jama’ah itu diikuti oleh 300 orang pengurus NU se-Balikpapan, mulai dari tingkat cabang hingga tingkat ranting.

 

Pada kesempatan itu, hadir sebagai pembicara Ustadz Muhammad Idrus Ramli, salah satu anggota Tim Kaderisasi ASWAJA PWNU Jawa Timur. Dalam seminar tersebut, Ustadz Idrus Ramli memaparkan tentang makna dan hakikat Ahlussunnah Wal Jama’ah berdasarkan al-Qur’an, hadits dan pemahaman para ulama yang mu’tabar.

 

Kegiatan ini sebagai salah satu langkah untuk membendung gerakan Wahabisasi yang semakin marak di Kota Balikpapan. Selama ini Balikpapan pusat gerakan aliran Wahabi. Dengan demikian, dibawah kepemimpinan KH. Abbas Alfas, PCNU Kota Balikpapan melakukan langkah-langkah strategis. Terutama penataan organisasi yang selama ini vakum.

 

Untuk memberikan pemantapan terhadap warga Nahdliyyin di Balikpapan, PCNU juga menggelar dialog terbuka antara Ustadz Muhammad Idrus Ramli dengan Ustadz Adzro’I Abdusysyukur seorang tokoh Wahabi. Dialog yang dikemas dalam acara bedah buku “Kiai NU atau Wahabi Yang Sesat Tanpa Sedar? Jawaban Terhadap Buku-Buku Mahrus Ali”, yang ditulis oleh Ustadz Muhammad Idrus Ramli bersama Habib Muhammad Syafiq Al-Idrus, itu digelar di Masjid Agung At-Taqwa, Balikpapan dengan diikuti oleh sekitar 1000 orang lebih.

 

Selama ini Ustadz Adzro’i dalam ceramahnya di berbagai tempat dan melalui radio tidak pernah berhenti membid’ahkan dan mensyirikkan warga nahdliyyin yang melakukan istighatsah dan tawassul. Tak ayal, warga nahdliyyin Balikpapan sangat menunggu kehadirannya dalam acara dialog tersebut. Sehingga ketika Ustadz Adzro’i diketahui kehadirannya, suasana menjadi tegang. Para peserta menunggu apa yang akan dibicarakan oleh kedua pembicara berbeda aliran itu.

 

Ustadz Idrus Ramli diberi waktu untuk mengawali dialog dengan memaparkan hakikat istighatsah dan tawassul beserta dalil-dalilnya dari hadits-hadits shahih dan amaliah para sahabat. Usai Ustadz Idrus, moderator memberi kesempatan dan meminta Ustadz Adzro’i untuk memberikan tanggapannya.

 

Namun, jawaban Adzro’i ternyata tidak memuaskan. Ia justru mengaku tidak memusyrikkan orang yang melakukan istighatsah dan tawassul, karena dasarnya sangat kuat sebagaiman dipaparkan oleh Ustadz Idrus di awal. Jawaban tersebut membuat para peserta yang hadir tertawa dan bersorak sorai, karena selama ini memang warga Balikpapan sering mendengar sendiri pernyataan Adzro’i yang memusyrikkan istighatsah. Tetapi dalam dialog tersebut, Adzro’i justru tidak mengakuinya.

 

Kemudian moderator meminta tanggapan Adzro’i tentang ziarah umat islam ke makam para auliya’, apakah syirik atau tidak. Ternyata Adzro’i menjawab secara diplomatis, bahwa ziarah kubur dapat mengingatkan kita pada kematian, sehingga dibolehkan. Akhirnya Ustadz Idrus Ramli memaparkan ziarah kubur dalam berbagai aspeknya beserta dalil-dalilnya. Setelah Ustadz Idrus memaparkan hal ini secara detail beserta dalil-dalilnya, Ustadz Adzro’i segera meninggalkan acara dan berpamitan tidak bisa melanjutkan dialog dengan alasan ada acara lain di luar.

 

Melihat ulah Ustadz Adzro’i yang kabur melarikan diri setelah dirinya tidak berkutik itu, para hadirin semuanya tertawa. Selanjutnya acara dialog dilanjutkan tanpa kehadiran pembanding dari pihak Wahabi hingga selesai pukul 13.00.

 

(Disadur dari Majalah AULA Edisi Januari 2012, Dapatkan Majalahnya di toko / kios buku dan agen Majalah terdekat di kota Anda)

#update:

Berikut adalah video acara tersebut yang bisa anda simak dan download:

Bagian 1 :

Bagian 2 :


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

33 comments

  1. Ada videonya kang? Kalo ada tolong di-share ya.. Terima kasih.

  2. Sudah jelas siapa yg sesat!

  3. ahmad rosyidi

    Yg ingin mendapatkan videonya Β¹ŝα hub ahmad165rosyidi@yahoo.com krn filenya besar, kebetulan sy yg diminta untuk jadi moderatornya

  4. Dialog memang perlu dilakukan…. Karena masing2 para pimpinan pemahaman keagamaan akan dimintakan pertanggungjawabannya…. Tapi ada yg lebih penting daripada menghujat satu sama lain yakni merapatkan barisan bagaimana umat islam selalu di pojokkan akibat oknum yang mengaku seorang muslim…. Coba kita lihat kasus GKI yasmin yang dengan seenaknya merendahkan umat islam….

  5. berita yang sangat bermanfaat, admin mohon izin untuk copas. trmksh!

  6. sarkub pemahamanya kpd ajaran sufi+tradisi nenek moyang+islam kejawen sandaranya pada hadist sohih,dhoif bahkan palsu tpi kebanyakan menggunakan hadist lemah atw palsu dalam menjalan ritual dan ibadahnya..tdk ada sumber dri quran,hadist ataw tuntunan nabi dan perintahnya…..itulah aswaja ala jawa

    • BINTANG RAYA

      NI SI HABIB BENAR2 WAHABI TULEN. SUDAH JELAS TIDAK BISA BERARGUMEN MASIH SAJA DIBELA. NAMPAKNYA ANDA TIDAK BISA DIPOSISIKAN SEBAGAI MANUSIA.. KAMBINGPUN BARU SADAR KESALAHANNYA JIKA SUDAH DICAMBUK..

    • saya sdh tonton videonya.cuma maaf moderator dan ustadz idrus tdk paham bahasa ustadz adzroi.Jadi sebenarnya Ustadz adzroi itu membantah dengan cara halus bahwa dalil dan pemahaman atau perkataan ulama yang disampaikan ustadz idrus harus diteliti lagi.

      • anda cuma nonton video, tidak hadir langsung, tapi bisa-bisanya dan dengan pedenya anda mengatakan moderator dan ustadz idrus tidak faham.
         bantahlah dengan ilmiah ketika berdiskusi langsung, jangan kemudin kabur ketika acara belum selesai

  7. Sarkub tidk otentik..byk benarnya tapi juga byk kesalahan dlm memamahmi quran hadist lebih byk mengikuti jaran bid`ah mungkar dri pada sunnah nabi
    pdhl klw org pengen selamat ya mengikuti ajaran nabi….

  8. Luqman islam penganut aswaja atw ahlul bid`ah…??
    tpi byk bid`ahnya dripada sunnahnya je…!!!!

  9. Hati2 dg penipuan sarkub

    • BINTANG RAYA

      DIMAS NI LAGI BINGUNG.. SAKIT HATI, KECEWA, N MALU. USTADZ SEKTE WAHABI JAGOANNYA TERNYATA RAPUH. SAATNYA SEKARANG KITA BONGKAR KESESATAN SEKTE WAHABI.
      BRAVO SARKUB… MAJU TERUS

    • ucapan dimas ada benarnya.Jadi yang terlihat oleh saya tidak ada menang-menangan.Saya salut malah Ustadz Adzroi berani hadir di tengah jamaah NU

      • tapi dia kabur juga, acara belum selesai tapi dia malah kabur, mungkin lagi nyari dalil di google dulu

  10. hati2 dg sarkub byk benar dan kebohongan..

  11. Ustd adzro’i pasti kebelet e ek.
    Hhh

  12. kalo diluar keras banget.seremmmm

  13. Ayo,.. Tantang Wahabi debat Terbuka, kita Carter TV Nasional Untuk Menyiarkanya!!! ha ha ha

  14. wahabi emng cuma identitas politis yg dibangun atas nama topeng agama

    • lho siapa namain wahhabi.bukannya orang-orang yang sepemahaman situ sendiri yang namain dan bikin-bikin identitasnya?itulah hebatnya wahhabi dikasih nama oleh orang lain.kalo NU kan orang NU yg ksh nama, kalo muhammadiyah kan orang muhammadiyah yang ksh nama.

  15. assalaamu’alaikum . . .

    assalaamu’alaikum . . .

    wahai saudara2ku marilah kita jauhi komentar yang kasar,

    gunakan kata2 yang santun.

    http://muslim.or.id/manhaj/buku-putih-syaikh-muhammad-bin-abdul-wahab-1.html#

  16. sudah jelas selamatan kematian 1hari sampai 7hari itu tidak pernah dikerjakan oleh nabi ataupun sahabat masih saja mengaku aswaja, ahlu sunahnya orang hindu kali. Tentang dalil hadist sodakoh sahabat yg orang tuanya telah meninggal dunia itu telah dinyatakansebagai hadis palsu(bid ah mungkarot)oleh muktamar nu sendiri tapi buku itu tdk pernah dimiliki oleh warga nu dan anehnya admin sendiri sepertinya tidak tahu tentang hal ini.Kalo saya jadi ustad idrus malu tega teganya tidak berani jujur kepada umat ini tenyang amalannya orang hindu ini yg saatini telah diklaim sebagai amalannya orang islam atau telah dianggap sebagai sunnah nabi

  17. IBNU TAIMIYAH MEMPERMALUKAN KAUM WAHABI YANG ANTI ISTIGHATSAH

    http://www.idrusramli.com/2013/ibnu-taimiyah-membungkam-wahabi-yang-anti-istighatsah/

  18. Ustadz Muh Idrus Ramli lah Pengikut Ahli Hadits, Wahabi Bukan !!!

    http://www.idrusramli.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


× 3 = 27

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>