Hukum Shalat ‘Ied di Masjid

Sarkub Share:
Share

Hukum sholat Iedul Fitri dan Iedul Adha adalah sunnah muakkadah (sangat dianjurkan tetapi tidak wajib). Meskipun ibadah sunnah muakkadah, Rosulullah Shollallohu ‘alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkannya setiap tahun dua kali.

Imam As-Syaukani berkata: “Ketahuilah bahwasanya Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam terus-menerus mengerjakan dua shalat Ied ini dan tidak pernah meninggalkannya satu pun dari beberapa Ied. Nabi memerintahkan umatnya untuk keluar padanya, hingga menyuruh wanita, gadis-gadis pingitan dan wanita yang haid.”

“Beliau menyuruh wanita-wanita yang haid agar menjauhi shalat dan menyaksikan kebaikan serta panggilan kaum muslimin. Bahkan beliau menyuruh wanita yang tidak mempunyai jilbab agar saudaranya meminjamkan jilbabnya.”

Sholat Ied tidak disyaratkan harus dilaksanakan di Masjid. Bahkan menurut pendapat Imam Malik shalat Ied juga baik dilaksanakan di lapangan terbuka. Karena Nabi Muhammad Shollallohu ‘alaihi wa sallam juga melakukan shalat Ied di lapangan kecuali karena ada hujan atau penghalang lainnya.

Adapun perbedaan di antara tanah lapang dengan masjid bahwa tanah lapang berada di tempat terbuka, sedangkan masjid berada di dalam sebuah tempat (bangunan) yang tertutup.

عَنْ أَبِي سَعِيْدِ الْخُدْرِي رضي الله عنه قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَ اْلأَضْحَى إِلَى الْمُصَلَّى. فَأَوَّلُ شَيْئٍ يَبْدَأُ بِهِ الصَّلاَة، ثُمَّ يَنْصَرِفُ فَيَقُوْمُ مُقَابِلَ النَّاسِ، وَ النَّاسُ جُلُوْسٌ عَلَى صُفُوْفِهِمْ، فَيَعِظُهُمْ وَ يُوْصِيْهِمْ وَ يَأْمُرُهُمْ. فَإِنْ كَانَ يُرِيْدُ أَنْ يَقْطَعَ بَعْثًا قَطَعَهُ، أَوْ يَأْمُرُ بِشَيْئٍ أَمَرَ بِهِ ثُمَّ يَنْصَرِفُ

“Dari Abi Sa’id Al-Khudri ra. ia berkata: “Rasulullah Shollallohu ‘alaihi wa sallam biasa keluar menuju mushalla (tanah lapang/lapangan) pada hari Idul Fitri dan Adha. Hal pertama yang beliau lakukan adalah shalat. Kemudian beliau berpaling menghadap manusia, di mana mereka dalam keadaan duduk di shaf-shaf mereka. Beliau memberi pelajaran, wasiat, dan perintah. Jika beliau ingin mengutus satu utusan, maka (beliau) memutuskannya. Atau bila beliau ingin memerintahkan sesuatu, maka beliau memerintahkannya dan kemudian berpaling ….” (HR. Bukhari 2/259-260, Muslim 3/20, Nasa`i 1/234; )

Mengerjakan sholat Ied di musholla (tanah lapang) adalah sunnah, kerana dahulu Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam keluar ke tanah lapang dan meninggalkan masjidnya, yaitu Masjid Nabawi yang lebih utama dari masjid lainnya. Waktu itu masjid Nabi belum mengalami perluasan seperti sekarang ini.

Dasar sholat Ied di masjid

عن أبي هريرة رضي الله تعالى عنه قال: أصاب الناس مطر في يوم عيد على عهد رسول الله صلى الله عليه و سلّم فصلى بهم في المسجد

Dari Abi Hurairah radhiyallahu ta’ala ‘anhu beliau berkata: “Orang-orang pernah kehujanan pada hari raya di masa Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau shalat bersama mereka di Masjid”.

[Sunan Abi Dawud (I/ 686), Bab “Yushallie bin-nasi (al-‘ied) fiel masjidi idza kana yaum mathar”, Sunan Ibnu Majah (I/ 416), Bab “Ma ja-a fie shalatil ‘iedi fiel masjidi idza kana mathar”, Sunan Al-Kubra lil Baihaqie (III/ 31), Bab “Shalatul ‘ied fil masjidi idza kana ‘udzr min matharin aw ghairuhu”, Al-Mustadrak Al-Hakim (I/ 295), Bab “Shalatul ‘iedain fie yaumi matharin”].

Dalam Kitab Al-Umm, Imam Syafi’ie rahimahullah mendasari pendapatnya dengan perbuatan ‘Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu yang pernah shalat ‘ied di Masjid ketika hujan, sebagaimana Atsar di bawah ini;

ان عمر بن الخطاب صلى بالناس في يوم مطير في المسجد، مسجد النبي صلى الله عليه وسلم

Sesungguhnya ‘Umar bin Al-Khaththab pernah sholat bersama orang-orang ketika hujan di Masjid (yaitu di) Masjid Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam.

ان أبان بن عثمان صلى بالناس في مسجد النبي صلى الله عليه وسلم يوم الفطر في يوم مطير ثم قال لعبد الله بن عامر حدثهم فأخذ يحكي عن عمر بن الخطاب فقال عبد الله: صلّى عمر بن الخطاب بالناس في المسجد في يوم مطير في يوم الفطر

Sesungguhnya Aban bin ‘Utsman shalat bersama orang-orang di Masjid Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam pada hariraya ‘iedul fithri ketika hujan, kemudian ia menceritakannya kepada ‘Abdullah bin ‘Amir, lalu ‘Abdullah bin ‘Amir menceritakan perihal Umar bin Al-Khaththab, beliau berkata: Umar bin Al-Khaththab pernah shalat bersama orang-orang di Masjid ketika hujan pada hariraya ‘iedul fithri.

[Sanad Atsar ini dapat dilihat langsung dalam Kitab Al-Umm I/ 234, sebagaimana di bawah ini:

1. Atsar pertama diriwayatkan melalui jalur: Ar-Rabie’ – As-Syafi’ie – Ibrahim bin Muhammad Al-Fazarie – Shalih bin Muhammad bin Zaidah langsung bercerita bahwa Umar bin Al-Khaththab pernah … dst.

2. Atsar kedua diriwayatkan melalui jalur: Ar-Rabie’ – As-Syafi’ie – Ibrahim bin Muhammad Al-Fazarie – Ja’far bin Muhammad – ‘An Rajulin (dari seseorang) langsung bercerita bahwa Aban bin ‘Utsman pernah … dst].

Imam As-Syafi’i bahkan menyatakan sekiranya masjid tersebut mampu menampung seluruh penduduk di daerah tersebut, maka mereka tidak perlu lagi pergi ke tanah lapang (untuk mengerjakan sholat Ied) karena sholat Ied di masjid lebih utama. Akan tetapi jika tidak dapat menampung seluruh penduduk, maka tidak dianjurkan melakukan sholat Ied di dalam masjid.

أَنَّهُ إِذَا كاَنَ مَسْجِدُ البَلَدِ وَاسِعاً صَلُّوْا فِيْهِ وَلاَ يَخْرُجُوْنَ…. فَإِذَا حَصَلَ ذَالِكَ فَالمَسْجِدُ أَفْضَلُ

”Jika Masjid di suatu daerah luas (dapat menampung jama’ah) maka sebaiknya sholat di Masjid dan tidak perlu keluar…. karena shalat di masjid lebih utama”

Dari fatwa Imam As-Syafi’i ini, Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqolani telah membuat kesimpulan seperti berikut: “Dari sini dapat disimpulkan, bahwa permasalahan ini sangat bergantung kepada luas atau sempitnya sesuatu tempat, kerana diharapkan pada Hari Raya itu seluruh masyarakat dapat berkumpul di suatu tempat. Oleh kerana itu, jika faktor hukumnya (’illatul hukm) adalah agar masyarakat berkumpul (ijtima’), maka shalat Id dapat dilakukan di dalam masjid, maka melakukan shalat Id di dalam masjid lebih utama daripada di tanah lapang”. (Al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani, Fathul Baari, jilid 5, h. 283)

Sebenarnya, melaksanakan sholat Ied hukumnya sunnah, baik di masjid maupun di lapangan. Akan tetapi melaksanakannya di lapangan maupun di masjid tidak menentukan yang lebih afdhal. Shalat di lapangan akan lebih afdhal jika masjid tidak mampu menampung jama’ah. Akan tetapi menyelenggarakan sholat Ied lebih utama di masjid jika masjid (termasuk serambi dan halamannya) mampu menampung jama’ah.

Sekali lagi, fokus utama dalam hukum sholat Ied ini adalah dapat berkumpulnya masyarakat untuk menyatakan kemenangan, kebahagiaan dan kebersamaan.

Di antara hikmah berkumpulnya kaum muslimin di satu tempat adalah untuk menampakkan kemenangan kaum muslimin; untuk menguatkan keimanan dan memantapkan keyakinan; untuk menyatakan fenomena kegembiraan pada Hari Raya; untuk menyatakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Wallohu a’lam bish-Showab

[Abu Olifa]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

5 Responses

  1. Ibnu Abbas27/04/2015 at 14:47Reply

    Al-Hafizh Ibnu Hajar-rahimahullah- berkata,
    وَاسْتُدِلَّ بِهِ عَلَى اِسْتِحْبَابِ الْخُرُوجِ إِلَى الصَّحْرَاءِ لِصَلَاةِ الْعِيدِ وَأَنَّ ذَلِكَ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاتِهَا فِي الْمَسْجِدِ ، لِمُوَاظَبَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى ذَلِكَ مَعَ فَضْلِ مَسْجِدِهِ
    "Hadits ini dijadikan dalil untuk menunjukkan dianjurkannya keluar menuju padang luas (lapangan) untuk mengerjakan shalat ied, dan bahwasanya hal itu lebih utama dibandingkan shalat ied di masjid, karena kontunyunya nabi -Shollallahu ‘alaihi wasallam- atas hal itu, padahal masjid beliau memiliki keutamaan.[Lihat Fathul Bari (2/450)]

  2. Ibnu Abbas27/04/2015 at 14:48Reply

    dalam kitab Al-Muhadzdzab, Imam Syafi’i berkata :
    فَإِنْ كَانَ المسجد واسعا فصلى في الصحراء فلا بأس وان كان ضيقا فصلى فيه ولم يخرج إلى الصحراء كرهت لانه إذا ترك المسجد وصلي في الصحراء لم يكن عليهم ضرر وإذا ترك الصحراء وصلي في المسجد الضيق تأذوا بالزحام وربما فات بعضهم الصلاة
    “Jika masjid yang ada luas kemudian penduduk yang ada shalat di tanah lapang, hukumnya tidak apa-apa. Namun jika masjidnya sempit dan salat ied tetap dialksanakan di situ (di masjid), aku tidak menyukai hal itu, sebab jika masjid ditinggalkan kemudian shalat ied dilaksanakan di padang luas, itu tidaklah berbahaya bagi mereka, sementara jika tanah lapang ditinggalkan kemudian shalat ied dilaksanakan di masjid yang sempit, tentu para jamaah bisa terganggu karena berdesakkan, bisa jadi ada sebagian ketinggalan shalat ied, karena itulah hukumnya makruh”
    [Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzdzab, 5/6]

  3. Ibnu Abbas27/04/2015 at 14:49Reply

    Imam Ash-Shan’ani dalam kitab Subulussalam (1/751) berkata :
    فِيهِ دَلِيلٌ عَلَى شَرْعِيَّةِ الْخُرُوجِ إلَى الْمُصَلَّى ، وَالْمُتَبَادَرُ مِنْهُ الْخُرُوجُ إلَى مَوْضِعٍ غَيْرِ مَسْجِدِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَهُوَ كَذَلِكَ فَإِنَّ مُصَلَّاهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَحَلٌّ مَعْرُوفٌ بَيْنَهُ وَبَيْنَ بَابِ مَسْجِدِهِ أَلْفُ ذِرَاعٍ قَالَهُ عُمَرُ بْنُ شَبَّةَ فِي أَخْبَارِ الْمَدِينَة
    Hadits ini menunjukkan disyariatkannya keluar ke tempat shalat. Yang tergambar dari hadits ini adalah keluar ke tempat selain masjid beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam, karena tempat shalat beliau adalah tempat yang sudah dikenal, yaitu antara tempat itu dengan pintu masjid sekitar seribu hasta sebagaimana dikatakan oleh Umar bin Syabah di dalam kitab akhbar AlMadinah.
    [Subulussalam (1/751)]

  4. Ibnu Abbas27/04/2015 at 14:49Reply

    Ibnu Hazm Azh-Zhohiriy-rahimahullah- berkata :
    وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ يَبْرُزُ إلَى الْمُصَلَّى لِصَلاَةِ الْعِيدَيْنِ , فَهَذَا أَفْضَلُ , وَغَيْرُهُ يُجْزِئُ , لاِنَّهُ فِعْلٌ لاَ أَمْرٌ وَبِاَللَّهِ تَعَالَى التَّوْفِيقُ
    “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pergi keluar ke tanah lapang untuk shalat dua hari raya, inilah yang lebih utama, tapi yang lainnya (tidak di lapangan) juga boleh, karena hal itu adalah perbuatan, bukan perintah. Wabillahittaufiq.
    [Al-Muhalla 13/241]

  5. Ibnu Abbas27/04/2015 at 14:50Reply

    Ibnu Qudamah -rahimahullah- berkata dalam Al-Mughniy (2/229),
    السنة أن يصلي العيد في المصلى – أن النبي صلى الله عليه و سلم كان يخرج إلى المصلى ويدع مسجده وكذلك الخلفاء بعده – ولأن هذا إجماع المسلمين فإن الناس في كل عصر ومصر يخرجون إلى المصلى فيصلون العيد في المصلى مع سعة المسجد وضيقه وكان النبي صلى الله عليه و سلم يصلي في المصلى مع شرف مسجده
    "Sunnahnya seorang shalat ied di lapangan. Kami (Ibnu Qudamah) memiliki dalil bahwa Nabi -Shollallahu ‘alaihi wasallam- dulu keluar menuju lapangan, dan meninggalkan masjidnya, demikian pula para khulafaurrasyidin setelahnya. Ini juga merupakan ijma’ (kesepakatan) kaum muslimin, karena manusia pada setiap zaman dan tempat, mereka keluar menuju lapangan untuk melaksanakan shalat ied di dalamnya, padahal masjid luas dan sempit. Dulu nabi -Shollallahu ‘alaihi wasallam- laksanakan shalat ied di lapangan, padahal masjidnya mulia,
    [Al-Mughni, 2/229]

Tinggalkan Balasan